Mesin Bensin dan Diesel Dilarang di Paris Mulai 2030

Mesin Bensin dan Diesel Dilarang di Paris Mulai 2030

Sebelumnya, pemerintah Prancis sudah menyampaikan komitmennya terhadap lingkungan hidup. Mereka siap menghentikan penjualan mesin bensin dan diesel di negara mereka pada 2040. Kabar itu kembali diperkuat. Kali ini lebih spesifik, Paris enggan dimasuki kendaraan berbahan bakar fosil mulai 2030. Seperti dilaporkan Reuters melalui situs Motortrend.com, Paris ingin mengurangi polusi yang ada di kota mereka, salah satu jalannya dengan melarang mobil bermesin bensin dan diesel.

Bukan main-main, karena Paris seperti sudah menyadari tingginya polusi udara dan mulai mengambil tindakan. Dalam beberapa tahun ini, sudah terlihat seperti munculnya car-free day dan larangan ketat terhadap mobil dengan usia lebih dari 20 tahun untuk beredar di kota tinggal menara Eiffel itu. Pada ujungnya, 2030, hanya mobil elektrik yang mengantongi izin jalan di dalam kota.

Jalanan canggih di paris

Melihat perkembangan kotanya sendiri, pelarangan semacam itu rasanya bukan hal yang berat. Pasalnya, Paris termasuk kota dengan sistem transportasi publik yang baik dan terdata, tak banyak penduduknya yang memiliki mobil. Jika dibanding kota besar standar dunia lain, seperti New York atau Los Angeles di Amerika Serikat, tentu Paris jauh lebih siap untuk melarang mobil bermesin bensin atau diesel.

Pemerintah kota, Paris City Hall enggan dibilang sebagai yang melarang mobil dengan sistem pembakaran minyak. Mereka lebih setuju dengan istilah batas akhir untuk penyelesaian masalah. Itu juga terkait dengan persiapan kota yang menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2024. Dengan begitu, persiapan sudah mulai dan terus berkembang hingga pelaksanaan Olimpiade dan deadline pada 2030.

Dari perkembangan terakhir, tak hanya Prancis dan kota Paris yang mulai sadar polusi dari mesin berbahan bakar fosil. Tiga kota besar lain sudah menyatakan pelarangan mobil bermesin diesel di kota mereka pada 2025, yakni kota Meksiko, Madrid dan Athena. Tujuannya tentu meningkatkan kualitas udara kota dengan mengurangi kadar NOx dan emisi berbahaya yang dihasilkan dari pembakaran pada mesin diesel.

Baca Juga: Indonesia siap uji kelayakan mobil listrik

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature