• Wishlist

BMW Indonesia Boyong M4 Competition, Dipastikan Lebih Galak dari M4 Biasa

BMW Indonesia Boyong M4 Competition, Dipastikan Lebih Galak dari M4 Biasa

BMW Group Indonesia kenalkan sebuah kupe kencang seri-4. Dengan akhiran ‘Competition’, M4 standar dibekali ekstra tenaga serta bermacam paket tambahan kompetisi. Eurokars, sebagai distributor resmi BMW versi galak, memajang unit ini di ruang pamer khusus BMW M-Town. Tepatnya di Eurokars Gallery Plaza Indonesia lantai 1.



M4 Competition terpajang merupakan spesies pertama di Indonesia. Secara teori masih tergolong generasi F82, yang mungkin sudah berada di akhir khayat. Pasalnya, penerus seri-4 tengah dipersiapkan, dan sudah banyak bocoran beredar. Kami tidak tahu kapan ia akan resmi mengaspal. Yang pasti, M4 Competition masih menjadi opsi terdekat bila menginginkan kenikmatan berkendara dari divisi Motorsport.


Ia datang dengan gebyuran warna BMW Individual Frozen Red. Jenis kelir matte ini terbilang unik, dilaburkan pernis metalik pada permukaan. Selain itu, bayangan akan berubah tergantung titik datang cahaya. Saat kurang pencahayaan, warna merah tampak padat. Pergeseran warna menuju jingga dapat dilihat saat mobil tersorot cahaya terang. Extended shadow line high-gloss mencirikan nama Competition sehingga tak ada lagi elemen kromium. Kidney grille, side gills, serta emblem dilabur cat hitam mengilap. Eksterior kian memikat, memadukan atap serat karbon.


BMW M4


Kuda-kuda gahar didukung oleh pelek eksklusif 20 inci, Style 666M multi spoke. Diklaim memiliki berat dan konstruksi optimal. Karet penggigit aspal mempercayakan Michelin Pilot Super Sport 265/30 ZR20 di bagian depan dan 285/30 ZR20 belakang. Kode Z dalam nomenklatur ukuran ban mengartikan kemampuan berlari kencang.


Sudah pasti memerlukan ban performa tinggi karena divisi M membuatnya kian bertenaga. Sektor dapur pacu mengandalkan mesin 2.979 cc enam silinder lengkap BMW M TwinPower Turbo. Tim Motorsport melakukan ubahan sedemikian rupa agar ekstraksi daya lebih kuat. Mereka berhasil mengail 19 hp lebih banyak, menorehkan figur tenaga 450 hp berikut torsi maksimum 550 Nm. Berkat kemampuan ekstra, akselerasi ke 100 kpj diraih dalam tempo 4 detik pas. Selisih 0,1 detik dari M4 standar.



Paket kompetisi juga mencakup Adaptive M suspension agar balans kendaraan lebih baik. Sistem telah disempurnakan melalui pegas baru, damper, anti-roll bar, serta konfigurasi ulang mode berkendara. Pengemudi dapat mengatur kebutuhan bantingan handling melalui mode Comfort, Sport, dan Sport+. Sebagai standar, tersemat Active M Differential pada sumbu belakang demi bantuan cengkeraman saat menikung.


Aura kompetisi dibuat semakin terasa kala melongok interior. Special Lightweight M Sport Seat menyokong tubuh pilot dan penumpangnya. Bentuknya unik sebab terlihat rongga pada sandaran. Lubang inilah yang membuatnya lebih ringan dari sport seat lain. Suasana sporty juga diraih berkat sabuk pengaman anyaman bergaris, spesifik BMW M.


Untuk saat ini baru dua unit M4 Competition dibawa oleh BMW Indonesia. Satu lagi berkelir Frozen Black. Sayang, keduanya telah laku dengan banderol Rp 2,349 miliar off the road. Jangan khawatir, konsumen masih bisa pesan melalui Eurokars. Dikabarkan butuh waktu enam bulan atau lebih, tergantung personalisasi BMW Individual yang dipilih. (Krm/Odi)


Baca Juga: BMW M2 CS Akhirnya Muncul, Performanya Sadis!

Jelajahi BMW M4 Coupe

BMW M4 Coupe Rp 2,68 Milyar Cicilan : Rp 61,1 Juta

Bandingkan & Rekomendasi