• Wishlist

Generasi Penerus BMW M3 dan 4-Series Sudah Siap, Tinggal Menunggu Jadwal Peluncuran

Generasi Penerus BMW M3 dan 4-Series Sudah Siap, Tinggal Menunggu Jadwal Peluncuran

Bocoran lini produksi M3 dan seri 4 teranyar beredar di dunia maya. Melansir dari situs Motoring, Presiden BMW M Markus Flasch, mengkonfirmasi terkait hal ini. Dikatakan, foto ini merupakan model pre-production, baru diproduksi pada 2020 dan resmi mengaspal pada 2021.


spy shot BMW M3


Foto pertama menunjukkan buritan agresif BMW M3 G80. Bumper berlekuk tajam dan melintang di bawah lampu, lalu dipahatkan gumpalan mencuat tiga dimensi di bagian terbawah. Paling Menonjol terlihat diffuser besar berkelir sewarna bodi beserta empat lubang knalpot. Trim hitam mengalir dari sisi terbawah bumper serta menekankan bentuk diffuser-nya. Persis di ujung bagasi tampak spoiler minimalis penunjang aerodinamika.


Ada kontroversi tersendiri menyoal wajah BMW seperti gambar yang disangka sebagai moncong baru seri 4. Suka atau tidak, grille besar nan tinggi kemungkinan direalisasi. Bisa jadi M3 G80 mengadopsi wajah serupa, terbayang saat menilik spyshot lain.


Ciri ini ditemukan pada konsep 4-Series. Sebagian suka dan sebagian tidak, namun itulah bagian dari perubahan. Bila ditarik sejarahnya, memang grille pipih vertikal dan tinggi pernah menjadi ciri BMW era 50an seperti 501.


grille baru BMW


Mesin enam silinder S58 dikabarkan jadi senjata mutakhir M3 dan M4. Diisyaratkan Flasch, basis keluaran daya unit enam silinder turbo ini sanggup mencapai 510 Hp. Jumlah itu ternyata belum dinyatakan sebagai figur maksimum, masih ada ruang potensi tambahan. Artinya, spek kompetisi bisa lebih dari angka itu. Beberapa kombinasi sistem penyaluran tenaga pun, disediakan untuk bersanding dengan jantung mekanis.


“Kami belum bisa memberikan pernyataan resmi, tapi dapat saya katakan kemungkinan besar ditawarkan opsi penggerak belakang dan penggerak empat roda, serta transmisi manual dan otomatis di kedua model,” ungkap Flasch. Andai begitu, berarti bakal ada model bagi para ‘purist’ yang memanfaatkan penggerak roda belakang dan transmisi manual. Layaknya produk historis M. Tambahan versi xDrive juga mulai lazim ditemui pada sedan atau kupe, demi membantu kontrol pengendalian.


Soal interior M3, desain identik saloon tertangkap kamera. Format layar digital mengisi panel instrumen serta sarana hiburan di konsol tengah. Sistem infotainment ini, diduga memanfaatkan layar lebih besar sebagai varian M. Selain itu, tentu perlu pembeda sebagai model sport saloon, terpancar dari layar instrumen menampilkan dominasi tachometer.


Pengembangan sedan sport ini tergolong lama. M3 direncanakan mengaspal pada 2021, padahal basis G20 telah tampil sejak tahun kemarin. Mungkin menunggu penyegaran seri 4 terlebih dahulu, agar divisi M langsung meluncurkan dua produk sekaligus. (Krm/Odi)


Sumber: Motoring


Baca Juga: BMW M Apa yang Mengaspal di Indonesia Tahun Depan?

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store