jakarta-selatan

BMW 8 Series Resmi Kembali ke Indonesia

  • 17 Mei, 2019
  • 2309 Kali Dilihat


Lebih dari 20 tahun BMW menidurkan Seri-8. Sesudah berbagai macam gosip soal kebangkitan coupe terbesar di keluarga BMW itu, Mei 2018 mereka mengenalkan generasi kedua Seri-8. Hari ini, setahun setelah debut dunia, BMW Seri-8 diboyong ke Indonesia.


BMW Indonesia menjajakan versi M850i dengan penggerak empat roda, xDrive. Ada dua varian : M850 Coupe, dan Coupe Carbon. Harganya Rp 3,479 miliar (OFR Jakarta) untuk versi Coupe biasa. Yang versi Carbon Rp 3,709 miliar. Keduanya merupakan nominal off the road untuk wilayah Jakarta. “Seri-8 Coupe, dengan caranya yang unik, mampu memberi inspirasi karakter berkendara yang dinamis, seraya mempesona dengan fitur dan desain yang elegan serta sporty,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Indonesia.


Kalau dirunut ke generasi pertama, 850i cukup fenomenal dengan mengusung mesin V12 bertenaga 300 ps. Dan karena didaulat untul jadi grand tourer, kenyamanan pun diutamakan. Generasi kedua yang Anda lihat, menggunakan mesin yang lebih kecil, V8 dengan kapasitas 4,4 liter.


Tapi jangan salah, tenaganya menyentuh 530 ps dengan torsi 750 Nm. Ini berkat sederet teknologi yang digunakan pada jantung mekanis berkode N63. Salah satunya, TwinPower Turbocharger khas BMW. Transmisi yang digunakan 8-speed otomatis, yang dibuat (seperti biasa) ZF. Kombinasi ini diklaim mampu membawa 850i berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3,6 detik. Top speednya dibatasi hingga 250 km/jam.


Pembuatnya memanfaatkan platform CLAR yang bisa Anda temukan juga di beberapa model terbaru seperti BMW X5, misalnya. Kakinya ditopang suspensi double wishbone di depan dan multi link untuk belakang. Sebuah kombinasi yang menjanjikan, memang. Ditambah lagi adanya banyak fitur bantu berkendara, yang membuat aman sekaligus nyaman. Contohnya, saat mengerem di tikungan, mobil ini bisa membaca situasi dan melakukan koreksi ataupun input kepada pengemudinya, supaya tidak selip.


Secara desain, BMW sukses membuat grand tourer ini atraktif. Desain agresif terpancar jelas berkat perawakannya yang rendah dan lebar. Pahatan garis bodi juga terlihat tegas dari depan ke belakang. Belum lagi ban lebar yang digunakan melengkapi kesan galak tadi.


Menurut BMW, mobil ini meski bongsor tapi bobotnya bisa ditekan semaksimal mungkin. Itu lantaran penggunaan material aluminium di beberapa tempat seperti atap, pintu dan kap mesin. Bonggol transmisi (tempat as kopel, tonjolan memanjang di lantai kabin) dibuat dari bahan carbon fiber. Khusus untuk versi M850 Coupe Carbon, sesuai namanya, ada beberapa bagian yang terbuat dari carbon fiber. Contohnya atap, rumah spion serta spoiler.


Dari sisi fitur, 850i punya banyak teknologi yang dibawa. Lupakan panel instrumen analog karena digantikan layar monitor yang menampilkan informasi berkendara secara digital. Heads Up Display jadi instrumen bantu kedua yang menampilkan informasi di kaca depan, agar pandangan pengemudi tak terlalu teralihkan. Sarana hiburan terintegrasi ke dalam satu sistem multimedia dengan kemampuan beragam. Tidak lupa Bower & Wilkins jadi penyedia peranti audio untuk kenyamanan berkendara. (Ind/Van)


Baca Juga: Mau Beli BMW Bekas, Perhatikan Hal Ini

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video BMW 8 Series Coupe

Lihat video terbaru BMW 8 Series Coupe untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil BMW Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi