5 Mobil Terlaris Semester Pertama 2021 Tanpa Kartu Eksklusif LCGC dan Relaksasi PPnBM, Siapa Mendominasi?

5 Mobil Terlaris Semester Pertama 2021 Tanpa Kartu Eksklusif LCGC dan Relaksasi PPnBM, Siapa Mendominasi?

Pemerintah ibarat punya kartu eksklusif bagi model mobil atau pabrikan tertentu untuk mendorong penerimaan di Tanah Air. Keuntungan yang diberikan berkaitan dengan keringanan pajak lantas berimbas pada rendahnya harga jual. Seperti yang pernah dan tengah terlaksana yakni program LCGC berikut “obat penyemangat” kelesuan selama pandemi, relaksasi PPnBM.

Langkah seperti ini boleh dibilang sukses mendorong masyarakat untuk membeli kendaraan baru. Setidaknya, penjualan mobil selama semester pertama 2021 ini lebih baik dari tahun sebelumnya meski tidak bisa dibilang sudah kembali normal. Di samping itu, para “pemegang kartu” terus menduduki tingkat teratas penjualan terbaik. Sebut saja Honda Brio, Toyota Avanza, Rush, Innova, hingga pemain LCGC lansiran Honda, Toyota, dan Daihatsu.

Jadi pertanyaan, seperti apa situasi klasemen tanpa para pemilik keistimewaan hak? Berikut kita simak posisinya selama satu semester ini.

Carry pick up

Suzuki Carry Pick-Up

Dengan total penjualan wholesales 24.735 unit, Suzuki Carry Pick-Up tampil mendominasi selama setengah tahun. Model Flat Deck merupakan varian terlaris dengan total 19.100 unit lalu disusul Wide Deck 4.784 unit, dan bak sasis 491 unit. Tapi bukan itu saja, ia juga menduduki posisi lima besar penjualan nasional.

Suzuki Carry sendiri merupakan model paling gres di pasar pikap yang cenderung hambar kalau bicara soal pembaruan produk. Seakan dapat merasa begitu damai bertahan selama puluhan tahun dengan gaya serupa. Namun kini ia tampil lebih modern dibarengi pembaruan teknologi tanpa melengserkan nilai fungsionalitas.

Baca juga: Penjualan Otomotif Semester I 2021, Honda dan Mitsubishi Bersaing di Bawah Toyota

Kesamaan komponen dengan jajaran produk lain membuat reliabilitas dan ketersediaan spare part terjamin. Seperti mesin, mengandalkan unit empat silinder 1.500 cc K15B serupa basis Ertiga. Tentu semua itu dibarengi dengan aransemen mesin dan transmisi khusus pekerja. Di samping itu, ditawarkan dua opsi bak berukuran besar agar mendukung kegiatan operasional. Tipe Flat Deck menyuguhkan wadah sebesar 2.505 x 1.665 x 360 mm (PxLxT). Kalau mau lebih akomodatif, terdapat Wide deck dengan lebar 1.756 mm dan tinggi 425 mm.

granmax PU

Daihatsu Gran Max Pick-Up

Posisi kedua masih diduduki kontestan komersial, pesaing berat Suzuki Carry. Siapa lagi kalau bukan Daihatsu GranMax. Dari berbagai variasi dalam satu nameplate, tipe pikap paling laku di pasaran. Membukukan angka 20.317 unit tersalur ke diler sampai Juni atas kontribusi tujuh tipe berbeda. Sebagai informasi, tipe 1.5 STD jadi model yang paling dicari.

Ya, Daihatsu siapkan banyak variasi sehingga konsumen bisa memilih mana yang paling tepat guna. Mau itu tipe bak standar, bukaan fleksibel tiga arah, hingga flatbed tak berpagar dan sasis kosong untuk dijebloskan boks atau pengerjaan karoseri. Belum lagi seleksi mesin 1.300 cc atau 1.500 cc tersaji untuk menyelaraskan kekuatan tenaga mesin sesuai kebutuhan pengangkutan.

Satu kekurangannya terletak di dimensi bak. Relatif kecil di antara pilihan pikap berhidung pesek dengan figur 2.350 x 1.585 x 300 mm. Opsi akses 3 Way juga tidak lebih besar, hanya berselisih tinggi 60 mm dari dek standar.

l300

Mitsubishi L300

Ibarat suatu restoran tua legendaris yang tak pernah sepi pengunjung dan selalu diminati, begitulah Mitsubishi L300. Bayangkan saja, resep tradisional dari era 80-an terus diolah hingga kini dan boleh dibilang tetap banyak peminat. Selama satu semester ini saja sudah terkirim sebanyak 13.028 unit ke diler, membuatnya masuk ke dalam daftar 20 mobil terlaris.

Adalah pencapaian torsi yang membuat suatu kendaraan pekerja keras mampu menyelesaikan tugas dengan mudah. Mesin diesel pun dipilih sebagai elemen ramuan pamungkas kendaraan komersial – coba perhatikan saja mesin mayoritas kendaraan pekerja seperti truk dan bus. Hal itu pula mungkin menjadi nilai jual L300. Buncahan torsi 133,4 Nm dari unit diesel 4D56 dapat dicapai pada putaran serendah 2.500 rpm ketika peminum bensin 1.500 cc harus meraung sampai lebih dari 4.000 rpm.

Juga di samping itu, L300 turut menyuguhkan kapasitas angkut lapang. Tidak sebesar New Carry hanya saja masih lebih besar dari GranMax. Tercatat dimensi bak 2.430 x 1.600 x 360 mm. Belum lagi dibarengi seleksi varian sesuai kebutuhan mulai dari sasis kosong, Standard Bed, dan Flat Bed.

New Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport

Penetapan harga murah memang tidak melulu bisa membuat suatu produk jadi lebih laris. Seperti pada market SUV ladder frame besar, Mitsubishi Pajero Sport yang tidak kebagian keringanan pajak terbukti sukses membayangi rival utama selama satu semester ini. Mencatatkan angka penjualan wholesales sebanyak 8.299 unit dengan sumbangan utama 6.939 unit dari model terlaris Dakar 4x2.

Tak dimiliki kompetitor yakni jantung diesel 2.400 cc 4N15 MIVEC Turbocharged nan bertenaga. Terbilang unggul di kelasnya dengan torehan output tenaga sampai 181 PS dan momen puntir 430 Nm. Pengantaran pun semakin nyaman dan cekatan lewat transmisi otomatis 8 percepatan.

Selain itu, pembaruan gaya membuatnya tampil semakin memikat dan berkelas di 2021. Membawa arahan gaya segar yang menyelaraskan bahasa desain terbaru Mitsubishi. Berikut pula ditanam bermacam fitur baru serta penurunan fitur dari kasta lebih tinggi sehingga menambah nilai jual. Mulai dari instrumentasi digital hingga ke peranti asisten berkendara aktif mejeng di dalamnya.

GranMax blind van

Daihatsu GranMax Blind Van

Dari lima model terlaris tanpa keistimewaan relaksasi pajak, daftarnya didominasi oleh mobil komersial. Ditutup penduduk terakhir yakni Daihatsu GranMax Blind Van sebanyak 3.843 unit. Ini merupakan sumbangan dari tipe bermesin 1.300 cc saja yang dilego sejak awal tahun sementara opsi 1.500 cc tidak ditemukan batang hidungnya.

Nama GranMax sendiri terkenal sebagai pekerja keras utilitarian untuk memenuhi berbagai keperluan. Mulai dari pengangkut penumpang sederhana, pikap, hingga van tertutup. Untuk itu, tak mengherankan bila GranMax BV jadi pilihan utama kendaraan pengangkut barang. Ketangguhan dan reliabilitas terbukti lewat berbagai jenis bodi, pun dipastikan juga nilai tersebut hadir di model van tertutup. (Krm/Tom)

Baca juga: Juni 2021: Angka & Analisis Penjualan Mobil Indonesia

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil