jakarta-selatan

Jaguar XJ 2016 Tampil Lebih Segar dan Mewah

  • 03 Jul, 2015
  • 893 Kali Dilihat

JAKARTA: Jaguar telah memperkenalkan varian XJ model tahun 2016 yang dilengkapi dengan serangkaian penyegaran. Dibutuhkan mata yang tajam untuk menemukan perbedaannya dengan versi pendahulunya lantaran perubahan yang dilakukan Jaguar pada model andalannya ini tidaklah signifikan. Adapun pabrikan asal Inggris ini hanya memberikan facelift, sejumlah teknologi terbaru, serta lini varian model baru.


Pada bagian eskterior, sedan mewah empat-pintu andalan Jaguar kini mengalami perubahan minor agar sosoknya kian terlihat mewah. Fascia depan XJ yang mengusung konsep facelift ini diperbarui dengan lampu full-LED desain 'quad lamp' yang memiliki sorotan lebih tajam dan agresif. Dibandingkan dengan  Bi-Xenon standar, lampu ini memiliki temperatur warna cahaya setara sinar matahari demi meningkatkan visibilitas dan efisiensi penggunaan energi lampu. Lampu ini juga terkoneksi dengan kemudi guna menyinari tikungan ketika mobil diputar dan auto high-beam juga sudah disematkan di dalamnya. Sementara itu, lampu DRL (Daytime Running Light) di siang hari didesain dengan aksen bentuk huruf J khas Jaguar, sehingga membuatnya semakin karismatik dan elegan. Grafis lampu depan full LED juga telah sedikit direvisi bersama dengan lampu LED belakang yang juga mengusung signature-J yang lebih segar, sehingga XJ tampil lebih "khas".


Perubahan yang paling penting adalah penambahan varian Autobiography yang lebih mewah dan secara eksklusif tersedia dalam versi long-wheelbase dan dengan pelek Maroa 20 inch. Di bagian interiornya, varian termewah itu hadir dalam balutan desain dengan material Autobiography Intaglio, yang terdiri dari jok kulit semi-aniline berpola berlian dan jahitan kontras, material kayu oak, serta pulasan stainless-steel mencolok pada panel-panel interiornya. Jok belakang elektrik XJ Autobiography dapat disesuaikan dengan posisi duduk individual, memiliki fungsi pemijat, dan sistem hiburan melalui sentuhan di layar berukuran 10,2 inci HD.


Juga terdapat varian baru selain Autobiograhy, yakni Varian XJ R-Sport yang ditujukan bagi mereka yang menginginkan kesan sporty ketimbang nuansa mewah. Lini baru sedan XJ ini dilengkapi dengan side-sill terbaru, front splitter tiga tumpuk, sayatan lubang di sisi samping, dan sayap belakang. Grille dibalur dengan warna hitam, senada dengan warna sisi-sisi kaca mobilnya. Sementara itu, untuk bagian interior, jok R-Sport kental dengan nuansa sporty, lingkar kemudi R-Sport, Jet-headliner, dan trim piano-black atau serat karbon.


Selain itu, juga terdapat varian lainnya seperti Luxury, Premium Luxury, dan Portfolio. Pada varian ini, terdapat fungsi kontrol InControl Touch Pro Touchscreen yang mampu mendukung sistem operasi iOS dan Android. Terdapat pula sistem suara 26-speaker dengan kekuatan 1.300 watt merek Meridian Digital.  Sistem InControl Touch Pro ini juga berfungsi sebagai sistem navigasi. Pengaturan rute dari satu alamat ke alamat lainnya bisa dilakukan dengan mudah, dan aplikasi tambahan rute ini juga bisa disediakan secara offline.


Untuk sektor mesin, XJ bisa dipesan dengan pilihan mesin diesel 3.000 cc V6 common-rail turbodiesel yang mampu menghasilkan tenaga 300 dk dan torsi 700 Nm. Meski ukuran kendaraan yang besar, Jaguar XJ hanya menghasilkan emisi karbon sebesar 149g/km, 6%  lebih rendah dari generasi sebelumnya. Dengan mesin diesel ini, XJ mampu melesat dari 0-100 kpj hanya dalam waktu 5,9 detik saja, Produk  keluaran 2016 ini juga telah dilengkapi sistem electric power steering.


Jaguar XJ juga menawarkan pilihan mesin bensin.  Yang pertama adalah mesin V6 3,0 liter supercharged 340 hp/450 Nm dengan pilihan penggerak roda belakang atau all-wheel drive. Sedangkan yang kedua adalah mesin beringas V8 5,0 liter supercharged dengan semburan tenaga 510 hp/625 Nm untuk model XJ LWB 5.0P S/C Autobiography.  Semua varian mesin Jaguar XJ dipadukan dengan transmisi otomatis 8-percepatan buatan ZF.

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Jaguar XJ

Lihat video terbaru Jaguar XJ untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Jaguar Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi