Seleksi Motor Sport 150 cc dengan Livery MotoGP

Seleksi Motor Sport 150 cc dengan Livery MotoGP

Dari sejumlah kuda besi sport yang beredar Indonesia, kelas 150 cc menjadi segmen paling laris. Apalagi ada beberapa produsen roda dua yang menawarkan produknya dengan livery khusus. Salah satu yang paling menarik yaitu dengan grafis ala MotoGP. Berikut beberapa model motor sport yang ada.

Yamaha YZF-R15

Pada Mei 2019, Yamaha merilis YZF-R15 berjubah Monster Energy MotoGP. Livery yang menempel sama persis seperti tunggangan YZR-M1 milik Valentino Rossi dan Maverick Vinales musim lalu. Seperti kita tahu, Monster Energy resmi menjadi sponsor utama Yamaha MotoGP menggantikan Movistar.

Yamaha R15 Monster Energy livery MotoGP

Untuk produk yang menggunakan striping ini, tampilannya diberikan dengan dasar hitam dan mendapat aksen biru di beberapa titik. Tak lupa logo dari minuman berenergi asal Amerika yang menempel di beberapa sektor. Ada di sepatbor depan, bodi samping juga bodi belakang. Meski liverynya sudah berubah saat masuk musim balap 2020, produk ini masih tetap dijual. R15 Monster Energy Yamaha MotoGP Edition saat ini dijual Rp 37,685 juta OTR Jakarta.

Buat urusan desain, motor sport berfairing dari Yamaha ini tak perlu diragukan lagi. Sporty dan elegan sudah menjadi ciri khasnya. Hal itu karena dirinya mengadopsi DNA R-Series. Spesialnya terlihat pada bodi yang meruncing, sehingga aura balap sangat terasa. Kemewahannya diwujudkan dengan penggunaan lampu LED di depan dan belakang.

Baca juga: Pilihan Motor Sport dengan Fitur Assist and Slipper Clutch

Kesan kokoh dan keren juga tersirat dari pengaplikasian rangka Deltabox serta suspensi depan up side down. Ukurannya cukup besar yaiut 37 mm, apalagi dengan warna gold, jadi terlihat atraktif. Motor ini juga tampak gagah dengan ketinggian jok mencapai 815 mm dengan jarak terendah ke tanah 155 mm. Detail dimensinya 1.990 mm x 725 mm x 1.135 mm (PxLxT), dan berat 137 kg. Untuk kapasitas tangki bensin bisa menampung bahan bakar hingga 11 Liter.

Begitu pula dengan fiturnya, kini sudah menggunakan panel LCD utuh dan terdapat spidometer digital multifungsi. Tak kurang dari 20 informasi tersaji di panel seperti putaran mesin (RPM), kecepatan (KPJ), odometer (KM), tripmeter (KM) kecepatan rata-rata (KPH), konsumsi bahan bakar rata-rata (KPL), dan konsumsi bahan bakar instan (KPL).

Teknologi paling utama yang ada di dasbor yakni shift timing light, memberikan panduan kapan perpindahan gigi agar pengendara memperoleh performa optimal. Selain itu, pengguna bisa menyesuaikan di putaran berapa nyala lampu ini muncul, supaya sesuai dengan gaya berkendaranya.

Terdapat pula fitur lampu hazard, berfungsi sebagai tanda keadaan darurat yang dialami pengemudi. Sinyal ini tergolong penting, terutama saat pengendara ingin menepi atau ada masalah dengan motor.

Untuk urusan mesin, All New R15 ditopang dengan dapur pacu berkapasitas 155 cc, 4-Stroke, SOHC, 4 Valve. Jantung mekanis yang dimilikinya mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 19 Hp pada 10.000 rpm, dan torsi mencapai 14,7 Nm di 8.500 rpm. Dilengkapi juga dengan Liquid Cooled yang akan membuat suhu mesin stabil.

Dirinya juga sudah menggunakan teknologi VVA atau Variable Valve Actuation. Fitur ini memberikan dua level asupan udara yang berbeda. Proses kerjanya sendiri berdasarkan tingkat putaran mesin, sehingga pasokan bahan bakar tetap optimal pada putaran tinggi, serta tetap hemat pada putaran rendah.

Yamaha Vixion

Masih di pabrikan Garpu Tala, kali ini ada Vixion Monster Energy Yamaha MotoGP Edition. Terapan livernya juga serupa dengan All New R15. Untuk edisi spesial ini pada dasarnya diambil dari Vixion varian standar, bukan tipe R dengan teknologi VVA. Meski begitu, fitur yang ada pada dirinya cukup beragam. Saat ini, dirinya dijual Rp 28,650 juta OTR Jakarta atau terpaut Rp 705 ribu dibanding versi reguler.

Vixion Monster Energy livery MotoGP

Karena ia jenis naked bike, maka striping yang tersemat mengikuti kontur tubuh. Dominasi warna hitam menghiasi seluruh bodinya, ditambah dengan corak biru di tangki dan beberapa tarikan garis di shroud dan bodi belakang. Sementara logo Monster berkelir hijau menempel di tiap sisi penampung bahan bakar dan sepatbor depan.

Untuk tampangnya masih sama, punya bodi ramping dan desain agresif dengan garis-garis tegas di setiap sisi. tampak pada seluruh bagian tubuh, mulai dari lampu depan hingga belakang. Under crowl pada bagian bawah motor juga menambah kesan sporty.

All New Yamaha Vixion mempunyai dimensi, panjang 1.950 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1.025 mm. Jarak sumbu rodanya 1.320 mm dan jarak terendah ke tanah 165 mm. Ia memiliki tinggi tempat duduk 795 mm, sedang untuk beratnya hanya 131 kg dan kapasitas tangki bensinnya 11 liter.

Sama seperti saudaranya yang lain di kelas motor sport, ia juga mengadopsi rangka Deltabox. Itu juga menjadi salah satu komponen yang paling tersohor sejak pertama kali Vixon hadir pada 2007. Dengan frame model itu, motor jadi terlihat lebih kokoh dan solid dibandingkan dengan penggunaan rangka teralis.

Untuk meredam guncangan, dia dilengkapi dengan suspensi teleskopik untuk bagian depan dan swing arm pada bagian belakang. Untuk kaki-kakinya menggunakan ban tubeless berukuran 90/80-17 di depan dan 130/70-17 belakang. Sedangkan penghenti laju disematkan rem cakram pada kedua roda.

Baca juga: Pilihan Motor Sport 250 cc Rp 60 Jutaan, Siapa Paling Layak Beli?

Buat urusan fitur, All New Vixion ini menggunakan lampu LED dan disertai hazard lamp. Untuk menambah kesan mewah, diberikan pula panel meter full digital yang dilengkapi dengan sapaan humanis "HI BUDDY". Bentuknya mirip dengan yang ada di All New R15, tapi dia tidak ada shift timing light. Fitur yang memudahkan pengendara memperoleh performa optimal hanya ada di tipe Vixion tertinggi. Meski begitu, ia sudah dibekali dengan assist & slipper clutch. Fitur yang menjadikan kinerja kopling lebih ringan serta mencegah roda selip saat menurunkan gigi terlalu cepat.

Jantung pacunya menggendong mesin berkapasitas 150 cc, satu silinder berteknologi SOHC dan memiliki pendingin cairan. Di atas kertas, ia sanggup memuntahkan torsi puncak 14,5 Nm pada 7.500 rpm dan tenaga maksimal 16,3 hp pada 8.500 rpm. Sistem transmisi yang dijadikan padanan 5-percepatan manual.

Honda CBR150R

Kala diluncurkan pada 2016, Honda CBR150R mengalami perubahan total. Mulai dari desain bodi, rangka, hingga mesin. Punya bentuk tubuh yang tajam dengan kombinasi bodi yang ramping. Makin terlihat modern berkat aplikasi lampu LED di seluruh penerangannya. Untuk yang mengenakan livery MotoGP, tersedia pada varian tertinggi. Harga jualnya saat ini Rp 40,2 juta OTR Jakarta.

Honda CBR150R Repsol livery MotoGP

Honda CBR150R MotoGP Edition merupakan varian paling ekspresif sekaligus ikonik di antara yang lain. Selain livery khas oranye-putih-merah, terpampang jelas tulisan Repsol di fairing. Sementara logo CBR justru minimalis. Ditambah lagi, peleknya ikut dilabur jingga, menyesuaikan tema motor. Bagi yang senang bergaya bak pembalap, rasanya ini model ini begitu pantas untuk Anda.

Desain bodi CBR150R memiliki tampilan visor tinggi sehingga memberikan kenyamanan bagi pengendara. Tujuannya untuk mendapatkan visibilitas lebih luas, serta menambah tampilan layaknya motor balap sejati. Kesan canggih dan modern pada model ini terlihat pada penyematan full digital panelmeter, serta hadirnya fitur All LED Lighting System.

Karena ia didapuk menjadi varian tertinggi, pengereman Anti-lock Breaking System (ABS) menjadi piranti standar. Begitu pula dengan cakram yang dianut, pakai model wavy disc yang terkenal cepat melepas panas. Selain itu, diberikan pula Emergency Stop Signal (ESS), yang secara otomatis mengaktifkan lampu hazard jika terjadi pengereman mendadak. Motor sport ini juga memiliki pengaturan lima level pada masing-masing suspensi depan dan belakang, memberikan pilihan kenyamanan dan handling optimal untuk pengendara.

Ia dibekali mesin 150 cc, DOHC, 4-valve, berpendingin cairan (liquid-cooled) dengan 6-percepatan. Jantung mekanisnya itu bisa menghasilkan tenaga 16,8 Hp pada 9.000 rpm dan torsi 14,4 Nm di 7.000 rpm. Meski berperforma tinggi, motor ini diklaim memiliki efisiensi bahan bakar 39,72 km/liter (EURO 3) melalui metode ECE R40 dalam pengetesan internal.

Suzuki Satria F150

Sebagai salah satu motor bebek sport legendaris, Suzuki Satria F150 FI juga punya striping ala MotoGP. Dari lima warna yang disediakan, Blue GP yang didapuk memiliki grafis spesial. Perbedaan paling mencolok ada di seputar bodi. Warnanya menggunakan biru khas Suzuki dan grafis di tubuhnya menggunakan tema tim Ecstar Suzuki yang berlaga di MotoGP 2019.

Satria F150 livery MotoGP

Warna biru yang tersemat mendominasi seluruh bagian tubuhnya. Terlihat di cover lampu, sepatbor, fairing depan sampai ke buntut. Sisanya balutan hitam, mulai dari rangka, pelek, cover engine, hingga di beberapa bodi ‘kasar’. Meski musim balap MotoGP 2019 telah usai dan liverynya sudah berubah, All New Satria F150 FI dengan jubah spesial masih dijual hingga saat ini. Dia dibanderol Rp 25,360 juta OTR Jakarta.

Suzuki Satria F150 sejak dulu dikenal sebagai motor sport ayam jago (ayago) dengan mesin galak. Performa dari sistem injeksinya diklaim jauh lebih baik ketimbang versi karburator. Dibekali mesin berkapasitas 150 cc Double Over Head Camshaft (DOHC), 4-Valve satu silinder yang memang sudah menjadi identitas Satria F150 sejak generasi pertama.

Ia diklaim sebagai motor paling bertenaga di kelasnya. Sanggup menyemburkan tenaga 18,3 hp di 10.000 rpm dan torsi 13,8 Nm pada putaran 8.500 rpm. Keseluruhan output disalurkan melalui sistem transmisi manual 6-percepatan. Untuk menjaga suhu ruang pembakaran tetap adem, pendinginan mengandalkan radiator.

Tidak hanya mesin berperforma tinggi, berbagai fitur modern juga disematkan kepadanya. Sebut saja one push electric starter terbaru. Diadopsi dari GSX-1000 dan menjadi inovasi di kelas underbone 150 cc, sehingga proses menyalakan mesin lebih mudah dan cepat.

Headlamp sudah mengaplikasikan teknologi LED. Namun untuk stoplamp dan sinyal belok masih bohlam biasa. Bagian dasbor sudah menggunakan spidometer full digital, memberikan kesan modern dan mahal. Dan yang terpenting, informasi kondisi motor mudah dibaca, karena tampilannya yang ringkas.

Soal keamanan, Satria F150 dibekali kunci dengan sistem alarm melalui remote khusus. Lebih lanjut, ada USB chrager tersimpan di dalam kompartemen depan. Jadi pengendara tidak perlu bingung saat kehabisan daya ponsel.

Suzuki GSX-R150

Dua tahun lalu, Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W melakukan penyegaran untuk GSX-R150 Key-less System. Khusus di varian ini, mereka menghadirkan motor sport 150 cc andalannya dengan warna met triton blue. Grafis yang tersemat bisa dikatakan spesial, karena liverynya mengadopsi dari Suzuki Ecstar MotoGP.

GSX-R150 livery MotoGP

Sesuai tema yang ada, seluruh bodinya berwarna biru khas Suzuki. Tak lupa tulisan ‘Suzuki’ besar yang tertempel di tiap sisi fairing. Tambahannya tentu dengan motif Ecstar sebagai sponsor utama dan font khusus GSX berkelir merah. Untuk grafis spesial ini, pabrikan menyediakan 3 varian berbeda, GSX-R150 Shuttered Key System (SKS), Keyless Ignition System, dan tertinggi yang dilengkapi ABS. Masing-masing dibanderol Rp 30,6 juta, Rp 31,6 juta dan Rp 34,6 juta.

Suzuki GSX-R150 berbekal mesin DOHC satu silinder dengan kapasitas 150 cc. Performa yang dikeluarkan meliputi daya sebesar 18,9 Hp pada 10.500 rpm dan torsi maksimal 14 Nm di 9.000 rpm. Dia pula satu-satunya motor yang punya karakter sport tulen. Terlihat dari racikan mesin overbore (bore stroke: 62 x 48,8 mm).

Fitur menarik yang ada pada dirinya yaitu Keyless Ignition System with Lamp Ring. Rumah kunci keyless-nya dapat menyala, memudahkan rider mengetahui sistem keylessnya aktif atau tidak. Lalu, panel instrumen spidometernya memakai tampilan negative display. Bila dilihat, warna latarnya lebih gelap, sehingga lebih kontras dan tidak menyilaukan.

Ada pula penambahan saklar lampu hazzard, yang banyak dipakai motor-motor kekinian. Untuk model ABS, kaliper berwarna emas ditambah desain petal disc yang futuristik. Bagian triple clamp atau segitiga kemudi juga kelirnya berubah, kali ini memakai silver matte.

Itulah ragam pilihan motor sport berkapasitas 150 cc dengan grafis ala livery MotoGP. Pilihan modelnya ada full fairing, naked bike hingga ayago. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari Rp 25 jutaan hingga Rp 40 jutaan. Sila pilih sesuai selera dan bujet Anda. (Bgx/Tom)

Baca juga: Skutik Berteknologi ABS, Apakah Motor Anda Sudah Menggunakannya?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store