Pilihan Skutik 150 cc Tanpa Kick Starter Tapi Ada Voltmeter

Pilihan Skutik 150 cc Tanpa Kick Starter Tapi Ada Voltmeter

Motor injeksi zaman sekarang banyak yang tidak memakai kick-starter (engkol kaki). Khususnya skutik yang saat ini sudah lebih canggih ketimbang dulu. Saat ini, rata-rata telah dibekali aki kering yang bebas perawatan alias maintenance free.

Absennya kick starter membuat kerja aki pada produk motor modern akan bertambah banyak. Jadi untuk membantu menghidupkan mesin, sepenuhnya bergantung pada electric starter. Biasanya voltase standar baterai menujukkan 13,7 atau 14,2 volt. Apabila angka voltmeter di bawah 12 atau sekitar 11,7 volt, ini artinya aki sudah dalam keadaan lemah.

Tapi permasalahan tersebut bisa diatasi dengan hadirnya penunjuk voltmeter. Salah satunya hadir di layar multi information display (MID). Berikut beberapa skutik tanpa kick starter tapi ada fitur voltmeter.

Panel meter Honda Vario 150

1. New Honda Vario 150

Selain bodi yang fresh, fitur-fitur dari New Honda Vario 2018 juga diperbarui. Salah satunya penggunaan panel instrumen modern. Indikator kecepatan itu diubah menjadi full digital dan meninggalkan model terdahulunya yang masih analog.

Tidak hanya serbadigital, kesan mewah juga bisa langsung terasa. Dirinya sudah mengadopsi LCD Negative warna biru yang juga dipakai di CBR250RR dan PCX 150 lokal. Bikin mata nyaman meski berkendara siang maupun malam. Bentuknya persegi panjang dan mudah dibaca oleh pengendara.

Informasi yang dimunculkan juga lumayan komplet dibanding model sebelumnya. Ada beragam lampu indikator fundamental, spidometer dan MID (Multi Informational Display) yang dapat diakses dengan mudah.

Untuk melihat isi MID cukup menekan tombol select di sebelah kiri. Pertama ada odometer, trip A dan B, dan trip A AVG atau konsumsi BBM rata-rata. Selain itu, ada salah satu panel indikator yang paling baru yakni voltmeter. Fitur itu dapat menginformasikan tegangan baterai atau aki. Otomatis terdapat pula lampu indikatornya yang dapat berkedip merah bila voltmeter menunjukkan 11,4 V ke bawah.

Fitur tengangan baterai itu merupakan kompensasi dari ditiadakannya kick starter pada model Vario terbaru. Jadi pemilik tidak perlu lepas aki dan periksa manual pakai alat voltmeter. Jadi bisa dipantau setiap saat.

Skutik populer New Honda Vario 150 memiliki empat pilihan warna untuk model exclusive yang dijual Rp 24,150 juta, serta Exclusive Matte Black dan varian Sporty series dilego Rp 24,300 juta OTR Jakarta.

Honda ADV150

2. Honda ADV150

Sejak pertama kemunculannya pada 2019, Honda ADV150 menciptakan segmen baru di pasar motor Indonesia. Ia hadir sebagai skutik penjelajah yang mampu diajak ke medan off road ringan. Performa dan fitur-fitur unggulan yang disematkan padanya pun punya durabilitas tinggi dalam menghadapi berbagai kondisi jalan.

Salah satu bagian yang menarik yakni di area spidometer alias panel instrumennya. Sekilas tampilan desainnya mirip dengan sang kakak, yaitu Honda X-ADV 750. Bentuknya kotak yang letaknya sejajar dan bertingkat serta ada cover plastik di bagian atas layar utama. Membuatnya kental nuansa adventure. Ia juga sudah mengadopsi full digital dengan layar negative display, sehingga terlihat lebih sangar saat menyala. Diberikan juga tombol Sel (Select) dan Set (Reset) pada kiri dan kanan bawah layar. Difungsikan untuk menyetel spido, jam dan mengganti informasi MID.

Secara umum, seluruh informasi spidometer diletakkan secara terpisah dengan beragam indikator yang berada di bagian bawah. Layar utamanya terdiri dari petunjuk kecepatan, petunjuk bensin, indikator penggantian oli mesin, jam, odometer, tripmeter, konsumsi rata-rata BBM serta konsumsi BBM secara real time.

Mengingat tidak dibekali kick starter, maka dirinya dilengkapi dengan indikator aki atau voltmeter. Piranti ini sangat penting karena bisa langsung memantau kondisi aki, apalagi pengendara yang sudah melakukan modifikasi kelistrikan lain. Paling menarik ia juga telah dilengkapi dengan jarak penggantian oli mesin dan indikator suhu udara sekitar. Informasi terbilang jarang ditemui pada motor sekelasnya.

Untuk harga Honda ADV150 CBS-ISS mencapai Rp 34,742 juta. Sedangkan varian ABS-ISS dibanderol Rp 3 juta lebih mahal, tepatnya Rp 37,805 juta (OTR Jakarta).

All new NMax

3. All New Yamaha NMax

Setelah 4 tahun mengaspal, Yamaha akhrinya meluncurkan All New NMax. Generasi terbaru skutik premium ini mengadopsi konsep ”Connected”, menjadikannya sebagai motor 150 cc produksi Indonesia pertama yang bisa terhubung dengan smartphone. Pengguna bisa terhubung dengan sepeda motor melalui aplikasi ponsel Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect).

Paling istimewa panel instrumen digitalnya tampil informatif dan futuristik dibanding generasi sebelumnya. Bentuknya tidak membulat atau mengkotak, melainkan sedikit melengkung ke dalam di bagian sisi kiri dan kanan sehingga lebih berkarakter. Selain itu secara tampilan juga sangat bersih, atau tidak ada satu tombol pun di kokpit. Semua pindah ke sisi handle kiri pengendara.

Tombol switch control digunakan untuk pengaturan layar MID dan setting pada spidometer. Untuk informasinya ada oil trip, V-belt trip, odometer, trip 1, 2 dan F, serta voltase baterai (accu). Sehingga lebih mudah mengontrol dan tak perlu lagi alat tambahan untuk mengecek daya listrik aki.

Selain itu, efek dari penggunaan fitur Y-Connect, pengendara bisa mengetahui lokasi parkir terakhir, pengingat umur penggunaan oli mesin dan aki, konsumsi bahan bakar serta pemberitahuan ketika motor mengalami malfungsi. Semua dapat dilihat di perangkat smartphone yang sudah terkoneksi via bluetooth.

Untuk harganya saat ini dilepas Rp 33,750 juta buat tipe All New Nmax 155 Connected-ABS dan senilai Rp 29,750 juta tipe standar. Masing-masing banderol berstatus OTR Jakarta.

panel meter Aerox

4. Yamaha Aerox 155

Dari seluruh jajaran Maxi Yamaha, Aerox 155 termasuk sukses sebagai produk andalan yang dirancang guna memenuhi kebutuhan pelanggannya. Desain modern dan kepraktisan menjadi poin utama. Ia juga dirancang sebagai skutik sporty 150 cc yang dijual oleh Yamaha Indonesia.

Tidak hanya punya tampang sporty dan mesin bertenaga, dirinya juga dibekali dengan sejumlah fitur unggulan. Salah satunya spidometer full digital dengan layar LCD besar 5,8 inch yang dapat memberikan informasi lebih jelas dengan Multi Information Display (MID). Dirinya hanya dibekali satu tombol untuk mengubah informasi MID. Letaknya berada di tengah atau di bawah layar.

Fitur pada layar tersebut mampu menampilkan VVA indicator, fuel meter, odometer, v-belt meter, trip meter, average Fuel consumption, real time consumption, digital clock dan rpm meter. Karena ia tidak dibekali dengan kick starter (engkol kaki), maka pabrikan memberikannya battery indicator.

Tipe ini ditawarkan dalam tiga varian, yakni Aerox 155 VVA standar (Rp 24,795), R-Version (Rp 26,135 juta), S-Version (Rp 28,565 juta) S Doxou version (Rp 28,550 juta) dan R version Monster Energy (Rp 26,645 juta). Semua dijual dengan status OTR Jakarta.

panel meter digital Kymco Like 150i

5. Kymco Like i150

Skutik berparas retro ini hadir untuk bisa bersaing dengan segmen skutik 150 cc di Indonesia. Tampilan yang diusung Kymco Like 150i memang berbeda dari biasanya. Pabrikan asal Taiwan mencoba untuk menggaet peminat dengan desain bernuansa klasik ala Eropa yang dipadukan sentuhan modern.

Like 150i mengusung banyak fitur terkini di balik konsep desain retronya. Contohnya seperti spidometer yang semuanya sudah serbadigital. Bentuknya dinamis dan dibagi beberapa bagian. Menariknya terdapat fitur Kymco Noodoe yang bisa di-pairing dengan ponsel pintar pemiliknya. Melalui fitur ini, konsumen bisa mengatur desain background patunjuk kecepatan dengan beragam gambar kesukaan yang sudah ditunjang dengan tampilan full color. Terdapat pula keterangan BBM, jarak tempuh, dan jam digital.

Tombol navigasi motor disediakan di setang sebelah kanan. Satu hal yang menarik lagi dari Like 150i ini adalah hadirnya bar indikator kekuatan aki (volt meter) sehingga pengendara bisa monitoring kondisi aki. Disediakan pula dengan font jam digital yang bisa diatur sesuai selera. Beberapa profil sudah disediakan oleh pihak Kymco.

Selain itu juga bisa mengaktifkan beberapa aplikasi lainnya, seperti temperatur yang bisa mengukur suhu luar ruangan, GPS Navigasi, dan kompas. Namun pemilik harus meunggunduh lebih dulu aplikasinya di Google Play atau App Store. Ia juga termasuk salah satu skutik yang dapat menggabungkan dasbor cerdas dengan gawai.

Motor yang berstatus CBU dari Taiwan ini dibanderol dengan harga Rp 29,9 juta OTR Jakarta. Ada lima pilihan warna yaitu Bright Red, Deep Blue, Plain Gray, Pearly White, dan Mat Silver Crystal. (Bgx/Tom)

Baca juga: Tak Suka Model Pasaran, Lima Skutik Ini Bisa Jadi Opsi Menarik

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store