jakarta-selatan

Harga Mirip, Pilih Wuling Almaz atau Honda HR-V?

  • 13 Mar, 2019
  • 7916 Kali Dilihat


Wuling Motors memasarkan Almaz dengan banyak kejutan. Sebagai sebuah SUV, fiturnya sangatlah banyak. Ditambah mesin turbo dan transmisi CVT, yang mulai jamak ditemui di kelas ini. Kekuatan terbesar Almaz lainnya datang dari harga. Banderol Rp 318,8 juta terbilang murah dengan apa yang didapatkan. Karena dilihat dari spesifikasi, Almaz masuk dalam ranah kompetisi SUV medium sekelas Honda CR-V dan Nissan X-Trail.


Namun jika balik ke harga, justru segmen SUV crossover yang turut disasar. Penghuni paling laris tak lain adalah Honda HR-V. Variannya banyak dengan rentang harga beragam. Ada satu tipe yang punya harga sangat mirip dengan Wuling Almaz, HR-V 1.5 E dengan nilai Rp 317,5 juta. Kami pun tergelitik menyandingkan keduanya. Dengan harga beda tipis, manakah yang layak dipilih?


Desain dan Dimensi



Melihat dari gambar, Wuling Almaz tampak kecil. Tapi jika berhadapan langsung, wujudnya tergolong besar. Dari segala sisi jelas lebih gambot dibanding HR-V. Bahkan kabinnya disiapkan untuk format 7 penumpang. Hanya saja untuk versi lokal, Almaz tetap 5 penumpang. Duduk di dalam pun terasa lapang, terutama di baris kedua. Honda HR-V bukan berarti sempit. Ukuran lebih kecil dari Almaz, tapi masih menawarkan akomodasi luas khas Honda. Jok belakangnya fleksibel dan dapat dilipat rata lantai.


Saat menilai desain eksterior, bagi kami keduanya atraktif. Honda HR-V masih belum bosan dilihat, meski sudah beberapa tahun dipasarkan. Untuk model facelift ini, sedikit mendapat penyegaran di fasad maupun buritan. Almaz berkata lain. Sosoknya masih menjadi magnet kala bertemu di jalan. Desain wajah masa kini dengan gaya lampu bertingkat, cukup memberi karakter. Meski mirip dengan desain mobil lain, tak dipungkiri, banyak yang menyukainya. Sayang desain peleknya kurang menarik. Perpaduan dua warna yang dilingkari hitam, membuat ukurannya nampak kecil.


Fitur



Lebih mahal hanya Rp 1,3 juta dari HR-V, Almaz punya kelengkapan fitur berlimpah-ruah. Semua yang ada HR-V, ada juga di Almaz. Bisa saja dibandingkan dengan HR-V 1.5 Special Edition, tapi harganya malah jauh lebih tinggi. Tipe E ini masih menjadi varian terpopuler dan paling pas valuenya di antara yang lain.


Membandingkan harga keduanya, HR-V 1.5 E menjadi sangat mahal. Lampu depan masih halogen dan headunit monitor 8-inci kalah besar dari Almaz. AC digital dengan Smart Touch pun kalah mutakhir. Namun varian ini sudah menawarkan fitur keselamatan standar sangat mencukupi. Sebut saja dual airbag, ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HAS), brake override system dan Emergency Stop Signal (ESS).


Almaz menawarkan daftar fitur lebih panjang. Mulai dari lampu utama LED, monitor superbesar 10,4-inci untuk segala fungsi, camera 360 dan panoramic sunroof. Fitur keselamatan aktif meliputi Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS) dan Hill Hold Control (HHC). Tak lupa, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) sangat penting bagi Anda yang malas cek tekanan angin ban. Kurangnya cuma satu, tidak punya pengaturan setir teleskopik. Sedikit mengurangi kesempurnaan posisi mengemudi.


Performa



Kedua mobil berkapasitas mesin 1,5-liter. Bedanya, Almaz ditopang turbocharger, HR-V natural saja. Mesin 1.5 turbo dan CVT Almaz mengingatkan konfigurasi sama seperti Honda CR-V dan Civic. Kubikasi mengecil, tapi mampu mengganti posisi varian mesin 2,4-liter dan 2,0-liter. Tenaga 142 PS Almaz memang tidak sedahsyat di CR-V. Justru torsi lebih ditonjolkan dengan perbedaan 105 Nm dibanding HR-V 1.5. Perbandingan daya dengan HR-V 1.8 Prestige terlihat lebih adil. Tapi tetap saja, Almaz unggul jauh.


Setelah kami coba, tarikan Almaz jelas lebih kencang dari HR-V 1.5. Hanya terkendala turbo lag yang tergolong besar dan karakter CVT lamban. CVT HR-V malah lebih agresif dengan respons mendekati matik konvensional. Bahkan menyajikan entakan saat melakukan kickdown.


Pengendalian


Bagian ini, keduanya berbeda kelas. Karena Almaz ditopang suspensi independen multi-link di belakang, yang menghasilkan kenyamanan dan kestabilan setingkat lebih baik dari HR-V. Saat kami coba di Sirkuit Sentul, penumpang belakang tetap merasakan nyaman saat diajak menikung cepat. Tidak sampai terbuang kesana kemari tipikal torsion beam milik HR-V.



Simpulan


Value for money Wuling Almaz amatlah menarik. Dengan harga terbilang sama dengan Honda HR-V 1.5 E, Anda mendapatkan SUV satu kelas di atasnya. Fitur lebih komplet, kabin lebih lapang, mesin lebih kencang dan pengendalian lebih baik, tentunya menjadi daya tarik utama. Tapi brand image dan layanan purnajual Wuling masih jauh di bawah Honda. Durabilitas produknya pun belum terbukti. Wajar, merek baru. Belum lagi menghadapi sikap skeptis merek Cina yang berkembang di benak calon konsumen. Jadi, jika Anda penikmat mobil dan tidak memikirkan itu semua, Almaz bisa menjadi solusi. Bila masih mencari ketenangan dan rasa aman, pilih HR-V saja. (Odi/Van)


Baca Juga: Komparasi Daihatsu Xenia dan Mitsubishi Xpander 

  • Tampak Depan Bawah Wuling Almaz
  • Tampak samping Almaz
  • Tampak belakang serong Almaz
  • Tampak belakang Almaz
  • Tampak Grille Almaz
  • lampu belakang Almaz
  • handle pintu Almaz
  • Knalpot Almaz
Wuling Almaz
Rp 263,8 - Rp 338,8 Juta
Lihat Promo
kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Almaz

  • Smart Enjoy CVT | Rp 275,8 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 58,76 Juta
    Angsuran Rp 6,78 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • Smart Enjoy MT | Rp 263,8 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 79,14 Juta
    Angsuran Rp 4,98 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • Exclusive 5-Seater | Rp 328,8 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 98,64 Juta
    Angsuran Rp 6,16 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • Exclusive 7-Seater | Rp 338,8 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 101,64 Juta
    Angsuran Rp 6,34 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Wuling Almaz

Lihat video terbaru Wuling Almaz untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Wuling Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi