Lamborghini Essenza SCV12 dan Huracan STO jadi Bintang Panggung di Shanghai Auto Show

Lamborghini Essenza SCV12 dan Huracan STO jadi Bintang Panggung di Shanghai Auto Show

Cina menjadi pasar otomotf terbesar di dunia. Konsumen di sana punya selera yang sangat beragam dan sangat buas terhadap produk otomotif. Makanya tak salah kalau Cina menjadi tujuan utama hampir seluruh pabrikan otomotif di dunia. Tak kecuali untuk produsen supercar mewah, Lamborghini.

Makanya tak salah kalau lantai Shanghai Auto Show 2021 yang berlangsung 21-28 April lalu, menjadi panggung debut hypercar Lamborhini Essenza SCV12. Sebelumnya, Lamborghini dengan produksi terbatas 40 unit saja di seluruh dunia ini diluncurkan secara virtual pada tahun lalu.

Dilahirkan untuk melesat di lintasan balap, Lamborghini Essenza SCV12 dibekali mesin V12 yang menghasilkan tenag sebesar 830 hp. Tenaga sebesar itu disalurkan ke kedua roda belakang melalui transmisi sequential 6-speed X-trac. Mobil ini diklaim memiliki rasio tenaga bobot 1,66 hp/kg. Tak hanya itu, Essenza juga dapat menghasilkan downforce sebesar 1.200 kg saat melaju dalam kecepatan 250 km/jam.

Lamborghini Essenza SCV12

Performa ini dicapai berkat banyaknya elemen aerodinamika di sekujur tubuh mobil ini. Lihat saja sayap belakangnya yang besar. Lamborghini Essenza SCV12 dirancang sesuai dengan standar keselamatan balap yang telah ditetapkan oleh FIA.

Baca juga: Lamborghini Urus Dicuri dengan Modus Matikan GPS

Lamborghini Huracan STO

Selain memamerkan Lamborghini Essenza SCV12 ke hadapan publik, pabrikan asal Italia itu juga memajang Lamborghini Huracan STO. Berbeda dari Essenza SCV12, Huracan STO adalah mobil balap yang legal untuk digunakan di jalan raya karena sudah lulus homologasi. Meski begitu, teknologi yang diadopsi dari lintasan balapnya tetap terpasang di mobil yang memakai mesin V10 bertenaga 640 hp dengan torsi puncak 565 Nm ini.

Lambo Shanghai auto show

Keluar dari rahim Sant’Agata di Bolognese, Lamborghini Essenza SCV12 bisa melesat dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 3,0 detik. Ternyata bukan hanya mesin V10 yang diletakkan di bagian tengah kendaraan yang membuat mobil ini punya performa superior di jalan raya.

Perhatian terhadap detail kendaraan diperhatikan sebegitu besarnya. Misanya, Lamborghini menggunakan banyak material serat karbon di seluruh bagian kendaraan. Keunikan material ini memungkinkan Lamborghini sanggup membuat bagian kap mesin, fender roda hingga bemper depan menjadi satu komponen utuh. Loh jadi susah dong kalau ingin mengakses bagian di balik kap di hidungnya itu? Lamborghini mebuat kunci secara 3D-Printed yang digunakan untuk membuka bagian depan bodi kendaraan.

Huracan STO juga punya tiga mode berkendara, yakni STO untuk pengendaraan normal, Trofeo saat balap dan Pioggia kalau sedang hujan. Cukup tekan tombol, dalam tiga detik semua pengaturan kendaraan langsung sesuai dengan mode yang dipilih pengemudinya.

Lambo Huracan STO

Menariknya lagi, setiap Huracan STO dibekali layar sistem multimedia dengan aplikasi Lamborghini UNICA. Aplikasi ini terhubung dengan Connected Cloud Lamborghini yang dapat memperlihatkan statistik ataupun data performa saat berkendara di jalan raya. (Rzk)

Baca juga: Edisi Istimewa Lamborghini Aventador SVJ Roadster Xago, Hanya 10 unit Tersedia

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil