10 Mobil Keren yang Tampil di Sekuel Film Fast And Furious

10 Mobil Keren yang Tampil di Sekuel Film Fast And Furious

Anda penggemar otomotif dan film sudah pasti kenal dengan saga Fast and Furious. Yup, film keluaran Universal Pictures ini menyajikan banyak adegan kejar-kejaran dan aksi dengan menggunakan mobil. Sejak 2001, film ini melansir 8 sekuel, dan rencananya akan hadir seri berikutnya berjudul F9 pada tahun depan.

Sebagai yang telah memiliki banyak seri, tahun rilis film belum tentu sesuai dengan urutan cerita dalam film. Antara urutan tahun rilis dan cerita dalam film merupakan hal yang berbeda. Mungkin kita tetap bisa menikmati, namun tidak jarang terjadi kebingungan. Misal karakter ini telah meninggal di film yang rilis tahun sebelumnya, tapi kemudian muncul lagi di tahun berikutnya.

Selama 19 tahun kiat dibuat takjub melihat Dominic Toretto yang diperankan Vin Diesel, almarhum Brian O'COnner (Paul Walker), maupun Luke Hobbs (Dwayne Johnson) beradu cepat dengan mobil. Beragam mobil baik merek maupun model muncul. Lantaran film, tentunya adegan dibuat wah, dramatis, dan memacu adrenalin. Tapi sebetulnya seberapa kencang sih mobil-mobil itu aslinya?

Nah, berikut ini 10 mobil terkeren di film saga Fast and Furious beserta kecepatan maksimumnya.

1973 Plymouth Barracuda

10. 1973 Plymouth Barracuda – 183 km/jam

Mobil ini punya kenangan tersendiri bagi Dominic karena ia balapan melawan kekasihnya Letty di dalamnya. Tampil di film Fast & Furious 6 (2013) dan Furious 7 (2015), Plymouth Barracuda buatan tahun 1973 ini memakai mesin 6,2 liter LS3 bertenaga 500 hp racikan GM. Tapi versi pabrikan mobil ini memakai mesin V8 bertenaga 245 hp dengan kecepatan maksimum 183 km/jam.

Baca juga: Kepala Negara Dunia dan Mobilnya: Milik Siapa yang Termahal?

1966 Corvette Sting Ray

9. 1966 Corvette Sting Ray – 225 km/jam

Versi produksi Corvette Stingray dapat melesat hingga kecepatan maksimum 255 km/jam. Sewaktu pertama dikenalkan ke publik pada 1966, mobil ini langsung popular. Bahkan penjualannya berhasil memecahkan rekor penjualan Corvette sepanjang masa dengan 27.720 unit. Pasalnya, mobil ini dikenal tak Cuma memiliki akselerasi yang memukau, tapi juga pengendalian yang mantap. Tak seperti muscle car klasik umumnya yang katanya agak sulit dijinakkan.

Kini sulit menemukan mobil ini. Kalaupun ada yang jual, harga pasarannya sangat tinggi. Mulai dari US$ 50 ribu sampai US$ 100 ribu atau sekitar Rp 1,4 miliar kalau dikurskan ke Rupiah. Mobil ini tampil di film The Fate of the Furious atau film ke-8 franchise Fast and Furious. Ia dikendarai pacar Dom, Letty. Film ini dirilis pada 2017. Di film ini Dominic Toretto yang diperankan Vin Diesel dipaksa membelot menjadi penjahat oleh seorang teroris cyber, Chiper yang diperankan Charlize Theron.

Mona Lisa Nissan Silvia

8. “Mona Lisa” Nissan Silvia – 233 km/jam

Sean Boswell, salah satu tokoh protagonis di fim Fast and Furious Tokyo Drift (film ke-3) tiba di Tokyo mengendarai Nissan Silvia S15 Spec-S. Sayangnya mobil kesayangan Han ini justru ia hancurkan. Mobil yang punya julukan Mona Lisa ini ditenagai mesin 4-silinder 2,0 liter yang bertenaga 163 hp dan sanggup melesat hingga kecepatan tertinggi 233 km/jam. Tapi di film Tokyp Drift, mesinnya diganti dengan milik Nissan Skyline RB26 GT-T. Lalu bodinya ditambahkan body-kit dan ban khusus drifting. Eksteriornya dibalur kelir biru dengan corak garis berwarna oranye yang mencolok.

1970 Dodge Charger R/T

7. 1970 Dodge Charger R/T – 235 km/jam

Dominic dan ayahnya membangun mobil Dodge Charger R/T buatan tahun 1970 ini bersama ayahnya ketika muda. Boleh dibilang selain Dom, mobil ini adalah pemeran utama di film perdana serial Fast and Furious. Di filmnya, mobil ini bisa meghasilkan tenaga hingga 900 hp. Tetapi versi aslinya mobil ini ditenagai mesin V8 yang memiliki output 390 hp. Dodge Charger R/T 1970 sanggip melesat dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 6,2 detik dengan kecepatan maksimum 235 km/jam. Gara-gara film ini, mobil ini sekarang menjadi koleksi langka yang bernilai sampai US$ 175 ribu atau sekitar Rp 2,5 miliar kalau dikurskan ke rupiah.

Baca juga: Bagaimana Teknologi Pabrik Mobil Detroit Mengubah Musik Dunia

Mazda RX-7

6. 1997 Mazda RX-7 – 251 km/jam

Inilah mobil yang dipakai oleh Han Seoul-Oh di film Tokyo Drfit (film ke-3). Mobil ini dibeli dalam kondisi sudah dituning dan dimosifikasi oleh tuner Jepang, Veilside. Peningkatan performanya melonjakkan tenaganya menjadi 306 hp. Anehnya, RX-7 racikan Veilside memiliki catatan akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,9 detik. Ini lebih lambat dari versi pabrikan yang 5,2 detik. Membedakan mobil ini dari RX-7 lainnya, corak perpaduan warna oranye dengan hitam. Mobil ini pernah mampir di Indonesia pada gelaran Indonesia International Motor Show beberapa waktu lalu.

Nissan Skyline R34 GT-R

5. Nissan Skyline R34 GT-R – 251 km/jam

Nissan Skyline bukan Cuma satu kali tampil di serial Fast and Furious. Pertama, Nissan Skyline R34 GT-R tahun 1999 berwarna biru dikemudikan Brian O’Conner (Paul Walker) di film 2 Fast 2 Furious tahun 2003. Paul juga pernah mengemudikan Nissan Skyline di film Fast and Furious (film ke-4). Bahkan Nissan Skyline R33 GT-R berwarna kuning tampil di film perdananya (The Fast and the Furious). Mobil ini memproduksi tenaga 276 hp dengan kecepatan puncak 251 km/jam. Menariknya, banyak penggemar otomotif pemilik mobil ini yang sukses mengoprek Nissan GT-R miliknya sampai menembus 800 hingga 1.000 hp.

Mitsubishi Lancer Evolution VII

4. Mitsubishi Lancer Evolution VII – 252 km/jam

Di film 2 Fast 2 Furious, Brian mengendarai Mitsubishi Lancer Evo dan sukses membuat permintaan akan mobil ini membludak ketika itu. Untuk kepentingan syuting, film ini mendatangkan empat mobil sejenis dan memodifikasinya dengan memasang lampu LED berpendar biru di kolong bodinya. Mesin 4-silinder turbocharged 4G63 DOHC menghasilkan tenaga 280 hp. Akselerasi 0-100 km/jam diklaim 4,4 detik dengan kecepatan maksimum 252 km/jam.

Baca juga: 10 Mobil Keren Ini Jadi Calon Model Klasik di Masa Depan

1994 Toyota Supra Mark-IV

3. 1994 Toyota Supra Mark-IV – 290 km/jam

Inilah mobil yang dipakai oleh Brian saat drag race melawan Dom yang mengendarai 1970 Dodge Charger di film pertama The Fast and the Furious. Toyota Supra tahun 1994 Mark-IV yang sudah diperbaiki dan dimodifikasi agar jadi lebih kencang lagi. Mobil ini memakai mesin legendari 2JZ-GTE L6. Mesin 3,0 liter twin-turbo yang memproduksi 276 hp tetapi kalau diuji di dyno bisa sampai 320 hp. Akselerasi 0-100 km/jam 4,6 detik saja dan kecepatan maksimumnya 290 km/jam.

Dodge Challenger SRT-8

2. Dodge Challenger SRT-8 – 292 km/jam

Inilah mobil legendaris yang ‘nempel’ pada tokoh utama film ini, Dom. Dodge Challenger SRT-8 tahun 2009 tampil di film Fast Five (film ke-5) dan Fast & Furious 6 (film ke-6). Sedan 2-pintu ini menyembunyikan mesin 6,1 liter HEMI V8 di balik kap mesinnya. Tenaga sebesar 425 hp mampu melesatkan mobil ini hingga kecepatan maksimum 292 km/jam. Challenger varian inilah yang menjadi pembuka jalan bagi varian-varian brutal lainnya seperti Hellcat dan Demon. Kehadiran mobil ini di film Fast and Furious sukses meningkatkan penjualannya. Alasannya apalagi kalau bukan karena pembelinya ingin terlihat sekeren Dom.

Lykan Hypersport

 

1. Lykan Hypersport – 395 km/jam

Penggemar film ini pasti tak akan pernah bisa melupakan adegan pamungkas di Furious 7 (film ke-7). Di film yang rilis pada 2015 itu, Vin Diesel lompat dari gedung tertinggi di dunia, di Abu Dhabi ke gedung pencakar langit lainnya. Supercar ini memang asli buatan Dubai, W Motors produsennya. Hanya dibuat sebanyak 7 unit saja, Lykan Hypersport dibekali mesin twin-turbo bertenaga 780 hp yang dapat melesat dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 2,9 detik saja. (Rzk/Raju)

Sumber: Berbagai sumber

Baca juga: 5 Mobil Hebat yang Pernah Dibuat oleh Mazda

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store