Kepala Negara Dunia dan Mobilnya: Milik Siapa yang Termahal?

Kepala Negara Dunia dan Mobilnya: Milik Siapa yang Termahal?

Jabatan sebagai kepala negara -- presiden, perdana menteri, raja atau ratu -- membuat fasilitas yang diberikan juga istimewa. Menggunakan pakaian terbaik, makanan lezat, dan juga kendaraan yang spesial mengingat posisi mereka yang istimewa. Mobil-mobil yang digunakan oleh kapala negara sering diidentikkan sebagai mobil paling aman. Makanya mobil-mobil ini dilindungi sejumlah fitur keselamatan termutakhir sampai fitur anti peluru. Tak aneh kalau harganya sangat mahal.

Selain fitur, mobil ini juga punya tampilan yang apik. Jelas, karena para kepala negara dan pemerintahan ini adalah wajah dari negara yang dipimpinnya. Oh ya, seringkali juga kendaraan yang digunakan berasal dari negara sendiri. Jadi Anda takkan melihat Angela Merkel, kanselir Jerman misalnya akan menngunakan Citroen DS buatan Prancis atau Jaguar yang buatan Inggris.

Berapa harga mobil-mobil kepresidenan dan siapa yang paling mahal? Nah, sebuah riset dilakukan MotorEasy, hasilnya inilah 10 mobil kepala negara dan pemerintahan termahal. Plus bagaimaa perbandingannya dengan mobil paling laris di negara tersebut.

Bentley State Limousine

Ratu Elizabeth II, Inggris
Bentley State Limousine, Rp 190 Miliar

Di posisi pertama ada Ratu Elizabeth II dari Inggris. Ratu menggunakan Bentley State limousine seharga 10 juta Pound Streling. Kalau dikurskan ke Rupiah, mobil ini memiliki banderol Rp 190 miliar. Angka yang fantastis bukan?

Mobil ini dibangun khusus oleh Bentley untuk merayakan 50 tahun sang Ratu berkuasa pada 2002 lalu. Hanya ada dua unit yang dibuat dan keduanya digunakan oleh keluarga kerajaan. Secara spesifikasi mobil ini diperkuat mesin twin-turbocharged 6,75 liter V8 yang dimodifikasi dari Arnage R. Mesin ini mengasilkan tenaga 400 hp dan torsi 835 Nm. Kecepatan maksimumnya disebutkan berada di angka 209 km/jam.

Sekarang kita bandingkan mobil ini dengan mobil terlaris di Inggris yaitu Ford Fiesta seharga Rp 300 jutaan. Jurang perbedaan harganya bak sedalam palung di lautan. Mobil kerajaan Inggris ini 610 kali lebih mahal daripada mobil yang paling banyak dipakai oleh rakyatnya. Bentley State Limousine memang mahal karena tak hanya tahan peluru, bannya juga sudah dibalut kevlar. Mobil dengan dimensi 6.220 x 2.000 x 1.770 mm (PxLxT) ini dibawa kemanapun Ratu Elizabeth II berkunjung.

Baca juga: 5 Mobil Jadul Asal Bavaria yang Layak Jadi Koleksi di Garasi Anda

Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard

Kim Jong-Un, Korea Utara
Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard, Rp 30 Miliar

Peringkat kedua mobil kepresidenan termahal di dunia adalah mobil milik Kim Jong-Un, pemimpin Korea Utara. Kim menggunakan Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard seharga 1.2 juta pounds terling atau sekitar Rp 30 miliar. Selisihnya sangat jauh sekali dibanding mobil Ratu Inggris. Tapi menurut motoreasy harga itu cukup untuk menebus 300 unit GAZ-24 Volga, mobil yang paling banyak lalu-lalang di Korea Utara. Harga mobil rakyat Korea Utara itu sekitar Rp 75 Juta.

Anehnya, Korea Utara mendapat sangsi keras larangan impor dari sejumlah negara beberapa tahun belakangan lantaran kepemilikan senjata nuklir. Bagaimana Kim bisa membawa Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard masuk ke negaranya juga dipertanyakan. Selain memiliki perlindungan optimal bak tank, sedan eksekutif termahal Mercedes-Benz ini juga punya segudang fasilitas mewah dan fitur hiburan berlimpah.

Belakangan Kim kian jarang menggunakan Mercy, dalam beberapa kunjungan ia menggunakan Rolls-Royce Phantom. Sayangnya, tak banyak informasi terkait mobil baru yang ia gunakan.

Cadillac The Beast

Donald Trump, Amerika Serikat
The Beast, Rp 30 Miliar

Walaupun bukan yang termahal, namun The Beast mungkin adalah mobil kepresidenan paling aman di dunia. Di dalam kabinnya, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dilindungi bodi pelindung sekelas militer setebal 5-inci. Kalau ada penjahat yang mau masuk ke dalamnya, handle pintunya itu akan mengalirkan listrik yang cukup kuat untuk bikin pingsan. Di dalamnya juga tersimpan persediaan darah sesuai dengan golongan darah sang presiden apabila memerlukan transfusi dalam kondisi darurat.

Mobil ini sangat kedap untuk mengindari serangan gas beracun. Tak ketinggalan mobil buatan Cadillac ini juga dilengkapi dengan teknologi komunikasi terkini dan terlengkap.

Coba bandingkan dengan mobil terlaris di Amerika Serikat adalah Ford F-Series. Pick-up truck seharga Rp 425 jutaan. Kalau dibandingkan, harga mobil Trump ternyata hanya sanggup untuk menebus 53 unit mobil yang paling banyak dimiliki rakyatnya.

Baca juga: 4 Mobil Lucu Kayak Mainan Menginisiasi Gaya Retro Futuristis, Bikinan Mana Ya?

Audi A8 L Security

Angela Merkel, Jerman
Audi A8 L Security, Rp 18,1 Miliar

Kanselir Jerman, Angela Merkel -- dan juga presiden Frank Walter Steinmeier, memilih mobil nasional Audi A8 L W12 Security. Bedanya, versi miliknya jauh lebih aman karena dilindungi banyak fitur keselamatan dan keamanan khusus VIP. Di balik kap mesinnya tertanam mesin 12-silinder yang tentunya sangat bertenaga.

Disebutkan mesinnya bisa menghasilkan tenaga 444 hp dan torsi mencapai 580 Nm. Berbagai fitur keamanan disematkan seperti anti ledakan, sistem pintu keluar darurat, dan pemadam api di bagian mesin, bawah bodi, dan roda. Ban sudah run flat tyres, kaca tahan peluru, dan paket keamanan lainnya.

Tak jauh berbeda dari Amerika Serikat, ternyata perbedaan harga mobil kepresidenan Jerman dengan mobil terlaris di negaranya tak terlalu jauh. Menurut data, mobil terlaris di Jerman saat ini adalah Volkswagen Golf seharga Rp 334 jutaan. Jadi, mobil kanselir Jerman setara dengan sekitar 54 unit mobil rakyat Jerman.

Aurus Senat Limousine

Vladimir Putin, Rusia
Aurus Senat Limousine, Rp 8,3 miliar

Vladimir Putin ternyata sangat nasionalis. Ia bisa saja memilih Mercedes-Benz atau Rolls-Royce. Ia justru memilih buatan negara sendiri Aurus Senat limosin. Dengan harga Rp 8,3 miliar mungkin tak semahal mobil kepresidenan negara lain. Bahkan harganya ini masih lebih murah dari mobil milik Trup atau Kim Jong Un dan pemimpin Cina, Xi Jinping, Hongqi L5 seharga Rp 11,7 miliar.

Mobil ini didesain dan dibangun oleh State Research Center of Russian Federation (NAMI) dan merupakan proyek khusus yang disebut Kortezh. Proyek ini ingin memberikan pesan ekonomi-politik pada negara Eropa lain bahwa Rusia ingin mengurangi ketergantungannya pada barang-barang impor dan teknologi dari luar. Mobil dengan panjang 5.639 mm ini disematkan jantung pacu mesin V8 bensin hibrida 4.4 liter dengan turbocharged berpower 598 hp dengan torsi 880 Nm torsi. Dilengkapi motor listrik yang memasok tambahan 40 hp. Daya pacu dikirim ke empat sudut ban melalui transimisi otomatis sembilan-percepatan.

Namun kalau dibandingkan dengan mobil terlaris di Russia, harganya itu sanggup membeli 106 unit Lada Granta. Lada Granta sendiri mobil rakyat Russia yang dijual dengan harga sangat murah, sekitar Rp 78 jutaan saja.

Baca juga: Supercar Blondie, Dari Kandang Sapi Hingga Terkenal di Media Sosial

Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard

Joko Widodo, Indonesia
Mercedes-Benz S600 Guard, Rp 23,4 Miliar

Meski tak ada keterangan resmi dari Mercedes-Benz Indonesia mengenai berapa harga mobil kepresidenan terbaru Republik Indonesia ini, namun ditaksir harganya di Eropa mobil ini dijual mulai US$ 1,6 juta. Kalau dikurskan ke rupiah, mobil yang juga dipakai Raja Salman dari Arab Saudi itu sekitar Rp 23,4 miliar.

Harga itu cukup untuk membeli 160 unit mobil rakyat Indonesia. Per September 2020 mobil terlaris di Indonesia saat ini adalah Honda Brio yang dijual mulai harga Rp 146 jutaan. Mobil ini pertama kali digunakan Jokowi di depan publik ketika mengecek kesiapan persiapan tatanah hidup baru ‘New Normal’ di Mall Summarecon Bekasi, beberapa waktu lalu. Indonesia juga memiliki versi Limousine dari mobil bermesin V12 itu.

VW Beetle

Mobil Kepresidenan Lainnya

Hebatnya, ada beberapa pemimpin negara yang memilih mobil dinas kenegaraan yang tak terlalu mewah. Contohnya, presiden Prancis, Emmanuel Macron memilih SUV Citroen ‘Presidential’ DS7 Crossback seharga Rp 1 miliar. Kemudian ada Jacinda Ardern dari Selandia Baru yang memakai mobil listrik, Hyundai Ioniq seharga Rp 453 jutaan.

Tapi dalam catatan sejarah, pemimpin negara yang paling sederhana adalah mantan presidnen Uruguay 2010-2015, Jose Mujica. Pria sederhana ini memilih untuk memakai Volkswagen Beetle buatan 1987 miliknya sebagai mobil dinas kenegaraan. Harga mobilnya itu ditaksir sekitar Rp 26,6 juta. Harga ini sekitar seperempatnya saja dari harga mobil terlaris di Uruguay, Suzuki Celerio yang dijual Rp 123 jutaan. (Rzk/Raju)

Sumber: Berbagai sumber

Baca juga: Cerita Si Mungil BMW Isetta, Misi Penyelamatan Melintasi Tembok Berlin

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store