Jangan Sembrono, Ini 7 Tips Berkendara Sehat di Saat PPKM dan Pandemi Covid-19

Jangan Sembrono, Ini 7 Tips Berkendara Sehat di Saat PPKM dan Pandemi Covid-19

Sudah lebih dari satu tahun Indonesia menghadapi pandemi Covid-19. Sebagian orang mulai kendur dalam menjaga protokol kesehatan (prokes). Padahal, kelalaian tersebut dapat membuat kita terpapar virus bahaya. Melihat kondisi itu pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali.

Meski vaksin sudah diberikan pada sebagian orang, bukan berarti seseorang sudah kebal dan tidak bisa kena lagi virus corona. Menjaga kesehatan juga perlu dengan memperketat prokes, tak terkecuali sebelum dan setelah berkendara. Selain mengacu pada kaidah safety riding, dalam kondisi pandemi ini juga harus membiasakan diri dengan hal-hal baru ketika berkendara dengan motornya.

Sebelum melakukan aktivitas keluar rumah terutama menggunakan sepeda motor, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan badan dan motor Anda. Berikut tips berkendara agar tetap sehat selama pandemi :

1. Pastikan kondisi badan dalam keadaan fit dan sehat. Untuk memastikannya gunakan thermometer untuk mengecek suhu tubuh atau oximeter untuk mengecek saturasi kadar oksigen.

2. Kondisi motor juga harus dalam keadaan baik dengan memperhatikan dasar pengecekan. Seperti tekanan ban, sistem pengereman, kopling, lampu depan dan belakang motor.

3. Gunakan dua masker sesuai dengan anjuran Pemerintah. Pengendara yang menggunakan buff sebaiknya juga tetap menggunakan masker, agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik.

Baca juga: Sepeda Motor Tak Dipakai Selama PPKM, Begini Cara Merawatnya

Tips motor

4. Pakai safety gear, macam helm, sepatu, sarung tangan dan jaket. Sarung tangan yang digunakan sebaiknya jangan yang setengah, tapi yang bisa menutupi seluruh bagian tangan (full cover).

5. Usahakan kaca helm (visor) selalu tertutup saat berkendara dan hindari penggunaan helm secara bergantian dengan orang lain. Kaca helm selalu tertutup saat berkendara guna mencegah masuknya benda asing serta mengusap mata saat dalam perjalanan.

6. Selalu membawa cadangan masker dan hand sanitizer. Para pengendara motor perlu membawa masker cadangan sebagai antisipasi jika masker kotor atau basah saat berkendara.

7. Setelah tiba di tujuan, langsung mencuci tangan dan sempatkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Khususnya ke riding gear yang telah digunakan, sehingga mengurangi potensi terpapar bakteri ataupun virus.

“Masyarakat Indonesia harus tetap menjaga protokol kesehatan agar tetap sehat selama menghadapi pandemi, khususnya para pengguna sepeda motor. Selain mengecek kondisi motor sebelum berkendara, selalu gunakan riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sepatu, sarung tangan dan jaket. Kami harap masyarakat Indonesia bisa semakin peduli pentingnya keselamatan berkendara dimulai dari diri sendiri,” terang Frengky Rusli selaku Koordinator Chief Yamaha DDS Jabodetabek. (Bgx/Raju)

Baca juga: Lakukan 3 Cara Ini Agar V-belt Motor Skutik Tetap Awet

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor