jakarta-selatan

7 Persiapan Sebelum Memulai Touring

  • 29 Nov, 2018
  • 997 Kali Dilihat

Touring, kegiatan yang selalu digemari pemilik motor. Menghabiskan waktu di perjalanan yang lebih panjang dari kegiatan sehari-hari bersama rekan setujuan. Menembus batas wilayah dan menyambangi tempat baru dengan motor kesayangan memang jadi aktivitas mengasyikkan.



Meski menyenangkan, touring perlu persiapan agar aman. Ya, Anda tidak bisa meremehkannya. Selain untuk menunjang kenyamanan, mempersiapkan diri sebelum touring dapat menghindarkan dari hal-hal yang tak diinginkan.


Berikut 7 pasal persiapan touring yang bisa dimanfaatkan berdasarkan keterangan instruktur safety riding PT Daya Adicipta Motora (DAM).


1. Jaket


Penggunaan jaket sangat dibutuhkan saat touring. Namun, tidak semua jaket sesuai digunakan. Pilih yang memiliki material tebal dan dapat menutupi tubuh hingga bagian leher, pergelangan tangan dan pinggul. Sebaiknya jaket juga mempunyai sistem proteksi.



“Tujuan dari jaket yang desainnya menutupi anggota tubuh adalah untuk meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan,” ucap Asep Wawan, Instruktur Safety Riding DAM.


2. Helm


Perangkat ini wajib hukumnya digunakan, saat touring maupun berkendara sehari-hari. Pastikan helm yang digunakan memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), baik helm half face maupun full face. Sesuaikan ukurannya dengan kepala pengendara. Bagian helm yang tak kalah penting, tali pengikat beserta pengancingnya. Pastikan tali helm terkunci dengan sempurna.


“Menggunakan helm yang tidak pas dengan pengendaranya, membuat perlindungan menjadi kurang maksimal dan juga membuat pengguna tidak merasa nyaman,” ujar Asep.


3. Pakaian Ganti dan Sepatu Proporsional


Perlengkapan ini bertujuan mengantisipasi kondisi jalan yang tak menentu, misalnya hujan. Makanya pakaian ganti perlu disiapkan. Begitu pula alas kaki, pastikan yang sesuai untuk touring. Sepatu touring yang bagus pasti mempunyai 3 bagian pelindung, yaitu pelindung pada bagian mata kaki (ankle), tulang kering (bone shine) dan jari kaki (toe slider).


“Disarankan pada saat perjalanan touring, gunakanlah sepatu touring yang terbuat dari bahan kuat, tahan air dan tentunya nyaman digunakan,” ujar Asep.


4. Jas Hujan


Berjaga-jaga membawa jas hujan, membantu ketika touring di tengah guyuran hujan. Selain membuat nyaman, penggunaan jas hujan bisa membantu menjaga keamanan pengendara. Karena itu, pilih jas hujan yang berwarna terang. Soalnya jarak pandang saat hujan berkurang, ini dapat membantu pengendara lain untuk mengetahui keberadaan Anda.



Penggunaan jas hujan memang efektif melindungi tubuh dari basah kuyub. Namun, bila hujan yang turun cukup deras, sebaiknya segera hentikan perjalanan. Tunggu hujan sampai reda. Berkendara di tengah guyuran hujan yang deras sangat berbahaya, selain kondisi jalan jadi licin, pengereman bisa tidak optimal, bahkan risiko tertimpa pohon yang tumbang dapat terjadi.


5. Obat-obatan dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)



Perlengkapan ini wajib dibawa. Karena selama perjalanan bisa saja Anda dihadapkan pada hal-hal yang tak terduga. Untuk itu, perlu disiapkan kebutuhan obat, khususnya bagi bikers yang memiliki obat pribadi yang sangat penting.


6. Kendaraan


Memastikan kondisi sepeda motor. Periksa seluruh kondisi komponen mulai dari : ban, rem, sistem kemudi dan mesin. Pemeriksaan dapat dilakukan di bengkel resmi, agar lebih terpercaya.


Honda CBR150R Terbaru Meluncur Tambah Fitur Rem ABS


“Cek kondisi motor secara menyeluruh dan jika perlu bawalah ke bengkel resmi secara berkala sesuai jadwal servis berdasarkan jarak tempuh atau waktunya,” ujar Asep.


7. Kondisi Fisik


Terakhir, kebugaran tubuh. Touring merupakan aktivitas yang sangat melelahkan. Sebelum touring, sebaiknya jaga kondisi tubuh dengan beritirahat cukup, menghindari begadang dan konsumsi makanan sehat. Beristirahatlah jika sudah merasa lelah. Tujuannya menghindari kecelakaan akibat kondisi fisik lelah atau mengantuk. (Hfd/Van)


Baca Juga: Langkah Berkendara Aman Saat Hujan

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi