jakarta-selatan

Canggih, Helm Ini Pakai AC untuk Sejukkan Kepala

  • 23 Nov, 2018
  • 619 Kali Dilihat

Ide helm dilengkapi AC memang bukan hal baru. Tapi sedikit yang benar-benar memikirkannya. Padahal, buat negara dengan iklim panas maupun saat musim panas, berkendara motor dengan helm, khususnya full face pasti bikin gerah kepala dan berkeringat. Beruntung, tim dari merek Feher menawarkan helm ber-AC terintegrasi di dalamnya.



Disebut ACH-1, helm besutan Feher itu pertama di dunia, yang punya sistem penyejuk terintegrasi. ACH-1 dilengkapi kabel untuk daya yang bisa diambil dari motor. Sistem pendinginan menggunakan prinsip yang sama dengan pendinginan jok pada mobil-mobil premium. Jadi tak seperti AC pada mobil yang menyemburkan udara dingin secara langsung ke penumpang. Melainkan mendinginkan bagian dalam helm. Tapi tentu dengan sistem yang menyesuaikan kondisi panas di luar.


Diklaim, sistem bisa memberi perbedaan suhu sampai 15 derajat. Jadi, misal di luar suhu panas mencapai 35 derajat, di dalam helm bisa 20 derajat. Bukan cuma menghadirkan embusan angin sejuk, namun pendinginan dimaksimalkan berkat bantuan material Tubular Spacer Fabric milik Feher yang mendistribusikan udara dingin dengan baik di dalam helm.


Dengan perangkat ekstra menempel di belakang helm, orang mengira helm bakal menjadi lebih berat. Tenang, karena ternyata Feher ACH-1 tak seberat seperti yang terlihat maupun yang dibayangkan. Bobot totalnya hanya 1,45 kg. Angka itu termasuk standar untuk bobot helm. Malah, sejumlah helm modular dari berbagai merek punya bobot lebih dari itu. Resep perusahaan, cangkang ACH-1 memakai campuran lapisan serat yang diperkuat komposit serat kaca (fiberglass). Hasilnya, helm canggih ini tetap kokoh dan ringan.


Pihak pembuat mengklaim ACH-1 aman dipakai saat sedang hujan, meski tidak disarankan. Sedang untuk jaminan keselamatan, Feher ACH-1 mendukung sertifikasi DOT dan ECE 22.05.



Bagi yang tertarik dengan helm ber-AC, bisa membeli langsung Feher ACH-1 melalui situs web resmi feherhelmets.com. Banderol harganya $599 atau sekitar Rp 8,7 juta dengan kurs saat ini. Cukup murah buat ukuran helm premium. Apalagi ada diskon potongan $50 dalam masa promo peluncuran. Dalam paket pembelian, disertakan tas khusus dan visor bening tahan kabut serta lapisan antigores untuk melindungi kaca.


Nah, buat Indonesia dengan iklim panas berlebih, helm Feher ACH-1 ini sangat cocok. Apalagi buat pengendara yang sering beredar di siang hari atau melakukan turing jarak jauh. Tanpa perlu mempertaruhkan keamanan kepala dengan helm model hal face yang lebih terbuka, berkendara tetap nyaman karena saat kepala dingin, bagian tubuh lain ikutan dingin. (Tom/Van)



sumber: Ride Apart


Baca Juga: Ini Alasan Helm Arai Bentuknya Bulat

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi