Pemilihan Kaca Film Pengaruhi Keselamatan Berkendara Saat Musim Hujan

Pemilihan Kaca Film Pengaruhi Keselamatan Berkendara Saat Musim Hujan

Berkendara saat hujan membutuhkan konsentrasi tinggi. Terlebih di Indonesia yang memiliki curah hujan cukup deras, jarak pandang sangat berpengaruh terhadap keselamatan berkendara terlebih untuk berkonsentrasi melihat kondisi jalan yang basah dan licin. Sekali pengemudi hilang konsentrasi maka kecelakaan bisa saja terjadi.

"Memasuki musim penghujan, terutama di kota-kota besar, biasanya banyak terjadi kecelakaan. Apakah itu kecelakaan tunggal ataupun karena tabrakan dengan kendaraan lainnya. Jalan licin, jalan rusak ditambah lagi visibilitas yang tak baik dari dalam kabin, wajib diperhatikan selain kondisi teknis di kendaraan. Maka dari itu kita harus menyiapkan kondisi berkendara terbaik di kendaraan kita sebelum berkendara di musim hujan," ujar Vice President PT VKOOL Indo Lestari, Linda Widjaja dalam keterangannya, Kamis (5/11/2021).

Kaca film V-Kool

V-Kool membagi tips bagaimana cara aman untuk berkendara saat kondisi hujan. Simak langkah berikut:

1. Pastikan tekanan udara pada ban sesuai anjuran pabrikan

Sebagai bagian terpenting dari mobil karena bersentuhan dengan aspal, pastikan ban mobil dalam keadaan normal termasuk tekanan udaranya. Ini penting untuk menghindari mobil tidak stabil saat dikemudikan dan membuat kendaraan tergelincir. Acuan tekanan biasanya terdapat di pilar pintu pengemudi. Jika ban sudah tipis, sebaiknya diganti. Ini mengakibatkan grip berkurang dan pembuangan air jadi minim yang akan mudah pula terjadi aquaplannig (ban tak menapak saat melalui jalan basah).

2. Periksa kondisi semua lampu mobil

Lampu mobil saat hujan jadi media untuk mendeteksi obyek yang ada di depan kita, sekaligus memperjelas pandangan pengendara. Cara aman berkendara mobil saat hujan adalah memastikan kondisi semua lampu mobil berfungsi dengan baik. Lampu yang perlu dicek adalah lampu besar (head lamp) jarak dekat dan jauh, lampu sign (tanda) dan lampu darurat. Semua lampu itu punya fungsi masing-masing saat hujan.

Bagian-bagian yang harus dicek adalah pelindung lampu, apakah dalam kondisi bersih dari debu dan kotoran atau tidak karena bisa mengurangi efektivitasnya. Lalu cek bagian arah lampu, misalnya headlight agar lebih jelas dalam melihat sekitar dan orang lain melihat kendaraan Anda. Jangan sampai headlight yang digunakan malah mengganggu penglihatan pengendara lain. Ketika hujan, pengendara lain dan juga Anda mengalami gangguan yang sama.

Kaca film V-Kool

3. Jaga jarak kendaran lebih jauh dibanding saat cuaca normal

Saat kondisi hujan, selain licin, konsentrasi terganggu, juga jarak pandang menjadi terbatas. Apalagi bila kebetulan mengendarai mobil pada malam hari, atau memang siang hari namun hujan lebat membuat suasana menjadi gelap. Maka kondisi ini membuat pengemudi juga harus lebih berhati-hati dalam berkendara.

Menjaga jarak kendaraan di atas jarak normal menjadi salah satu tindakan yang tepat selama berkendara ketika hujan. Biarkan mobil di depan menjauh dengan jarak sekitar 6 detik dari mobil, atau hingga di luar jarak pandang Anda.

4. Hindari berkendara di tepi jalanan

Pada musim hujan, jalanan biasanya mudah keropos dan rusak. Sedangkan struktur jalan biasanya juga tidak selalu sama, makin ke pinggir makin tidak rata dan mudah rusak. Cara mengantisipasi kondisi jalan seperti ini adalah hindari berkendara di bagian sisi tepi jalan. Bagian pinggir jalan tersebut strukturnya lebih rendah dibanding bagian tengah jalan. Saat kena air hujan dan kondisi jalanan basah, seringkali timbul genangan air apalagi jika hujannya deras.

Untuk menghindari genangan air tersebut, pilih bagian tengah jalan karena pada bagian ini biasanya lebih kering atau tidak terlalu dalam genangannya. Terlalu ambil pinggiran jalan saat melintasi jalanan dalam kondisi basah juga berpotensi membuat kendaraan Anda selip atau terperosok keluar jalan, apalagi jika marka pembatas jalan tidak terlalu jelas terlihat.

Tips Ban Hujan

5. Jangan sampai pandangan terhalang

Cara aman berkendara pada saat hujan adalah dengan memperhatikan jangan sampai pandangan Anda terhalang. Cara yang bisa dilakukan adalah membersihkan kaca mobil di bagian depan dan kaca bagian belakang dari berbagai kotoran yang menempel.

Jangan lupa juga untuk membersihkan kaca film di bagian dalam. Meskipun dipasang di bagian dalam, seringkali kaca film tersentuh tangan, sehingga kaca film menjadi berminyak. Urusan merawat kaca film bukan perkara yang sulit. Cukup membersihkannya secara rutin.

Cara ini pun tidak membutuhkan cairan khusus karena jika menggunakan cairan khusus justru berpotensi merusak kaca film, mengingat biasanya mengandung bahan kimia tertentu. Sebaiknya bersihkan menggunakan air biasa. Kalau ada noda, bisa dibasahkan dengan air lalu dilap hingga bersih dan kering. Pemilihan lap yang tepat juga patut diperhatikan, karena sebaiknya menggunakan lap yang lembut dan bersih yang belum digunakan untuk membersihkan bagian bodi mobil lain.

Selain itu, gunakan kaca film berteknologi tinggi dengan tampilan yang bening, pada lini produk V-Kool seperti VK70. Model ini memiliki penerusan cahaya tampak tertinggi dibanding kaca film lainnya sehingga pengemudi bisa menikmati pemandangan yang leluasa dan visibilitas yang baik pada siang atau pun malam hari.

"Sangat penting untuk memperhatikan soal visibilitas, karena kalau visibilitas tidak bagus, maka otomatis membuat kewaspadaan berkendara akan berkurang. Pemilihan kaca film sangat penting. Jika terlalu gelap, pandangan akan terganggu ataupun buram. Pastikan kaca film jugaberkualitas baik, sehingga kejelasan daya pandang yang dihasilkan tidak berkurang," ujar Linda.

Linda menyarankan agar memilih kaca film yang berkualitas, dengan tingkat kegelapan tidak lebih dari 40 persen untuk kaca depan. Sebab penggunaan kaca film dengan kegelapan di atas 40 persen bisa mengurangi pandangan terutama jika malam hari dan atau pada saat hujan.

V-Kool memberikan kemudahan melalui penawaran di Pameran Otomotif Online Terlengkap “Tokopedia Garage Otofair” yang berlangsung dari tanggal 11 November 2021. Untuk menikmati promo ini, calon konsumen bisa berbelanja kaca film V-Kool di Tokopedia dan akan ada potongannya sebesar 30% OFF + (6% up to Rp 1 Juta) untuk tiap pembelian dengan memasukkan kode promo KOOLNOV pada fitur kode promo.

“Promo ini kami adakan untuk memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mendapatkan kenyamanan terbaik dalam hal penolakan panas, juga dengan kemudahan alur transaksi yang disokong dengan kemajuan teknologi”, ungkap Linda. Bersama dengan Tokopedia, konsumen akan dimudahkan baik untuk pemasangan ke outlet maupun melalui layanan home service. (Sta/Raju)

Setyo Adi Nugroho

Setyo Adi Nugroho

Pemuda asal Yogyakarta yang gemar fotografi dan dunia otomotif. Adi, begitu ia disapa, sudah cukup lama berkecimpung di jurnalisme. Khususnya otomotif. Salah satu poin paling menarik dari dirinya, sang bapak mengoleksi motor Honda Supra. Berlanjut sampai dirinya yang tetap setia menggunakan moped atau motor bebek Honda Supra di tengah terpaan gelombang skutik.

Baca Bio Penuh

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature
  • Yang Akan Datang
  • VinFast VF 6
    VinFast VF 6
    Rp 344,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • VinFast VF 7
    VinFast VF 7
    Rp 544,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BYD D9
    BYD D9
    Rp 1,056 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • MG 3
    MG 3
    Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Toyota Hilux Rangga
    Toyota Hilux Rangga
    Rp 785,8 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
  • Resmi Dijual Mulai Rp249 Juta, Ini Plus Minus Chery Tiggo 5X Jajal Jakarta-Surabaya
    Resmi Dijual Mulai Rp249 Juta, Ini Plus Minus Chery Tiggo 5X Jajal Jakarta-Surabaya
    20 Jun, 2024 .
  • Porsche The New-Electric Macan, Harganya Tembus 2 Miliar Lebih!
    Porsche The New-Electric Macan, Harganya Tembus 2 Miliar Lebih!
    13 Jun, 2024 .
  • NEW KIA CARNIVAL 2024, BUAT PARA SULTAN!
    NEW KIA CARNIVAL 2024, BUAT PARA SULTAN!
    13 Jun, 2024 .
  • Ini Modal Citroen C3 Aircross Lawan Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Suzuki XL7
    Ini Modal Citroen C3 Aircross Lawan Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Suzuki XL7
    13 Jun, 2024 .
  • Bedah GAC Aion Y Plus, Menarik di Rp400 Jutaan?
    Bedah GAC Aion Y Plus, Menarik di Rp400 Jutaan?
    13 Jun, 2024 .
  • Jajal Kehebatan Hyundai Ioniq N 5 dan Elantra N, di Event Pan-ASEAN N Day 2024
    Jajal Kehebatan Hyundai Ioniq N 5 dan Elantra N, di Event Pan-ASEAN N Day 2024
    13 Jun, 2024 .
  • Melihat Langsung Pabrik VinFast. Apa Hebatnya?
    Melihat Langsung Pabrik VinFast. Apa Hebatnya?
    13 Jun, 2024 .
  • Mewahnya Gak Tahan, Kia Carnival Facelift Berubah Signifikan
    Mewahnya Gak Tahan, Kia Carnival Facelift Berubah Signifikan
    04 Jun, 2024 .
  • Jajal Gokart didalam Mall, Cocok buat Latihan Balap
    Jajal Gokart didalam Mall, Cocok buat Latihan Balap
    28 May, 2024 .
  • Hyundai Tambah Varian Palisade, Jawaban Permintaan Konsumen
    Hyundai Tambah Varian Palisade, Jawaban Permintaan Konsumen
    28 May, 2024 .
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Calon BMW M5 Terbaru Menggoda Pamer Grille Menyala Jelang Debut
    Calon BMW M5 Terbaru Menggoda Pamer Grille Menyala Jelang Debut
    Alvando Noya, Hari ini
  • MG Motor Indonesia Bawa Line Up Andalan ke OTO Mall Exhibiton di PIM 1
    MG Motor Indonesia Bawa Line Up Andalan ke OTO Mall Exhibiton di PIM 1
    Setyo Adi, Hari ini
  • Antisipasi Kerusakan, Chery Indonesia Imbau Pemeriksaan As Roda Untuk Omoda 5
    Antisipasi Kerusakan, Chery Indonesia Imbau Pemeriksaan As Roda Untuk Omoda 5
    Bangkit Jaya, Hari ini
  • Wuling Ungkap Rencana Kepada Menperin, Tingkatkan Produksi Lokal dan EV 7-Seater
    Wuling Ungkap Rencana Kepada Menperin, Tingkatkan Produksi Lokal dan EV 7-Seater
    Anjar Leksana, 21 Jun, 2024
  • Mobil Elektrifikasi Toyota Jadi Armada Antar Jemput Hotel Mewah di Bali, Termasuk Innova Listrik
    Mobil Elektrifikasi Toyota Jadi Armada Antar Jemput Hotel Mewah di Bali, Termasuk Innova Listrik
    Muhammad Hafid, 21 Jun, 2024

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature
  • advice
  • Langkah Preventif, Chery Indonesia Ganti Sumbu Roda Omoda 5
    Langkah Preventif, Chery Indonesia Ganti Sumbu Roda Omoda 5
    Bangkit Jaya Putra, 21 Jun, 2024
  • Mobil Rental Bisa Diasuransikan, Pelajari Detailnya
    Mobil Rental Bisa Diasuransikan, Pelajari Detailnya
    Setyo Adi, 21 Jun, 2024
  • Mercedes-Benz Meluncurkan EQE SUV 350 4MATIC AMG Line
    Mercedes-Benz Meluncurkan EQE SUV 350 4MATIC AMG Line
    Muhammad Hafid, 21 Jun, 2024
  • Toyota Kijang Innova Listrik Dijadikan Moda Antar Jemput Bandara Bali
    Toyota Kijang Innova Listrik Dijadikan Moda Antar Jemput Bandara Bali
    Anjar Leksana, 21 Jun, 2024
  • 5 Alasan New Suzuki Baleno Layak Dimiliki untuk Mobilitas Harian
    5 Alasan New Suzuki Baleno Layak Dimiliki untuk Mobilitas Harian
    Anjar Leksana, 21 Jun, 2024
  • Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    Anjar Leksana, 03 Apr, 2023
  • Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Anjar Leksana, 28 Mar, 2023
  • Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Setyo Adi, 02 Jan, 2023
  • Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Anjar Leksana, 30 Des, 2022
  • Test Drive Chery Tiggo 5X: Mencari Kelebihan dan Kekurangannya dalam Perjalanan Jakarta-Surabaya
    Test Drive Chery Tiggo 5X: Mencari Kelebihan dan Kekurangannya dalam Perjalanan Jakarta-Surabaya
    Bangkit Jaya Putra, 07 Jun, 2024
  • First Drive Haval H6: Turbo Hybrid Menarik Perhatian
    First Drive Haval H6: Turbo Hybrid Menarik Perhatian
    Anjar Leksana, 30 Mei, 2024
  • Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
    Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
    Anjar Leksana, 29 Mei, 2024
  • Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Setyo Adi, 13 Mar, 2024
  • First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    Setyo Adi, 29 Feb, 2024
  • Opsi Fitur Pintar nan Unik yang Ditawarkan Pabrikan Dunia
    Opsi Fitur Pintar nan Unik yang Ditawarkan Pabrikan Dunia
    Muhammad Hafid, 10 Jun, 2024
  • Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
    Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
    Setyo Adi, 27 Mei, 2024
  • Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
    Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
    Setyo Adi, 22 Mei, 2024
  • Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Muhammad Hafid, 18 Mar, 2024
  • Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Anjar Leksana, 15 Jan, 2024

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*