Lakukan Ini Agar Mobil Anda Siap Untuk Liburan Nataru

Lakukan Ini Agar Mobil Anda Siap Untuk Liburan Nataru

Saat ini sudah memasuki masa liburan Nataru (Natal dan Tahun Baru). Sebagian dari Anda memanfaatkan kesempatan ini untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Kendaraan pribadi paling banyak jadi pilihan. Penggunaan kendaraan sendiri bersama keluarga dinilai lebih aman dibandingkan menggunakan transportasi umum. Namun sebelum pergi, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan supaya perjalanan berjalan lancar, aman, dan nyaman.

1. Patuhi Protokol Kesehatan

Masalah kesehatan menjadi perhatian utama saat ini. Anda harus patuh protokol kesehatan kalau mau berlibur bersama keluarga tercinta. Yakni pakai masker, cuci tangan sesering mungkin, dan jaga jarak aman. Pastikan setiap anggota keluarga membawa tas siaga Covid-19 yang berisi masker cadangan, hand sanitizer, sabun cuci cair, tisu basah, kantong penyimpan masker kotor, serta peralatan ibadah dan makan pribadi. Batalkan niat memasuki tempat wisata jika terlalu penuh dan banyak kerumunan orang.

2. Periksa Kondisi Ban

Saat liburan nanti, mobil pasti diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan. Di tambah, saat ini sedang musim hujan. Oleh sebab itu, Anda wajib periksa kondisi ban. Ban jadi salah satu komponen sangat penting dan jadi penentu apakah sebuah kendaraan layak jalan atau tidak. Tak hanya menopang daya angkut, nyatanya, ban mobil juga bisa berperan untuk stabilitas laju kendaraan serta menjadi faktor penting dalam keselamatan kamu saat berkendara.

Pertama cek tekanan angin ban, apakah sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Perhatikan kondisi telapak dan dinding ban. Apakah masih layak pakai atau sudah tipis. Apakah ada bagian dinding ban yang rusak. Jika sempat lakukan spooring dan balancing sebelum perjalanan. Oh ya, juga jangan lupakan untuk memeriksa kondisi ban serep. Ban cadangan ini kerap terlupakan, padahal perannya tak kalah penting.

Baca juga: Pemilik Mobil Baru Wajib Melakukan Hal Penting Ini

bengkel Auto2000

3. Cek Oli Mesin

Salah satu hal yang wajib untuk selalu diperiksa, tentu saja oli. Ya, bertugas untuk melumasi mesin agar meminimalisir dampak gesekan saat mesin bekerja, peran oli memang sangatlah penting. Dengan begitu, mesin dapat bekerja secara optimal dan punya daya tahan yang memadai terhadap kerusakan. Pelumas juga membantu melepaskan panas mesin serta membuang kotoran yang terbentuk akibat gesekan antar komponen mesin. Pastikan volume oli mesin sesuai takaran dan segera tambah jika kurang.

Kondisi oli yang dalam keadaan baik, tentu akan membuat mesin menjadi selalu prima dan bisa berumur panjang. Sebaliknya, bila oli selalu dalam kondisi tidak baik atau telat diganti, maka bukan tidak mungkin akan membuat mesin menjadi tidak sehat, boros, dan bisa cepat rusak. Oli ibarat darahnya buat mesin, jadi pemilik mobil itu harus lebih peduli lagi untuk memeriksa kondisi olinya. Kalau tidak sempat setiap hari, minimal seminggu sekali saja. Cek dipstick olinya, lihat warnanya dan teksturnya.

4. Perhatikan Cairan Mobil Lain

Cek kembali kondisi air radiator. Buka tutup atas radiator dan perhatikan batas ketinggiannya, termasuk tabung penyimpan cadangan air radiator. Isi penuh air pembersih kaca yang pegang peran dalam membersihkan kaca depan saat berkendara jarak jauh. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan minyak rem dan segera tambah jika kurang. Untuk mobil transmisi manual, periksa volume tabung fluida kopling.

Pengguna aki basah, silakan cek ketinggian air aki dan bersihkan permukaan terminal aki dan tutup pengisi jika terjadi pengapuran. Mobil yang masih mengandalkan power steering hidrolis bisa mengecek volume minyak power steering. Pastikan pula freon AC dalam kondisi penuh supaya kabin tetap sejuk selama perjalanan. Amati area ruang mesin dan kolong mobil dari potensi tetesan cairan sebagai tanda adanya kebocoran.

Baca juga: Isi Waktu Libur dengan Merawat Interior Mobil, Simak Tips Berikut ini

bengkel Auto2000

5. Persiapkan Kebutuhan Berkendara

Supaya kabin tetap lega, pengguna mobil jenis MPV atau SUV bisa menggunakan roof rack di atap mobil. Atur posisi duduk penumpang dan barang bawaan supaya suasana kabin terasa nyaman. Siapkan playlist lagu dan film yang memadai sebagai hiburan selama perjalanan. Sediakan makanan dan minuman ringan untuk teman perjalanan. Isi penuh bahan bakar dan kartu etoll supaya tidak banyak berhenti. Pelajari rute mengandalkan peta digital untuk memudahkan perjalanan.

Anda pengguna Toyota, Auto2000 siap membantu mempersiapkan kendaraan untuk kebutuhan libur Nataru. Cukup booking lewat Auto2000 Digiroom, Anda bisa melakukan pengecekan di bengkel Auto2000 atau bisa juga dengan memanggil petugas THS – Auto2000 Home Service ke rumah. Spesial jelang tutup tahun 2020, tersedia Auto2000 Digiroom Servicetival dengan memberikan berbagai bonus memikat ketika booking service hingga 31 Desember 2020 untuk jadwal servis berkala sebelum 31 Januari 2021.

Keuntungan yang didapat bisa dipilih sendiri tergantung pada waktu Anda melakukan booking service. Ambil misal, bila Anda melakukan booking di tanggal 28 Desember 2020, maka akan mendapatkan diskon Rp 250.000 untuk pembelian 4 ban mobil. Informasi mengenai detail promo dan syarat ketentuan lainnya dapat dilihat di Auto2000.co.id.

Auto2000 juga memberikan kesempatan kepada Anda yang ingin membeli mobil baru jelang akhir tahun 2020 dengan menyediakan Promo Tukar Tambah Mobil Akhir Tahun. Hanya berlaku untuk transaksi via Auto2000 Digiroom, Anda akan mendapatkan tambahan diskon 1,2 persen atau minimal Rp 1.200.000 untuk pembelian mobil baru secara trade-in atau tukar tambah melalui Toyota Trust. Informasi lebih lengkap, silakan kunjungi Auto2000.co.id.

“Selamat menikmati libur Natal dan Tahun Baru. Tetap patuhi protokol kesehatan, Auto2000 siap membantu Anda yang ingin melakukan persiapan mobil sebelum berlibur bersama keluarga tercinta,” kata Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000. (Raju)

Baca juga: Bagaimana Meningkatkan Visibilitas Mengemudi Saat Hujan, Cek 3 Hal Ini

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil