• Wishlist

Keuntungan Refinancing Cicilan Mobil Anda

Keuntungan Refinancing Cicilan Mobil Anda

Tak sedikit yang berpikir kalau refinancing cicilan mobil bakal menjerat orang ke lubang yang lebih dalam. Padahal, ada sejumlah keuntungan yang bisa didapat dengan memanfaatkan fasilitas refinancing cicilan mobil. Apa saja keuntungan dari refinancing cicilan mobil?



Pertama, sudah pasti dana segar. Refinancing berarti Anda mendapat kucuran dana yang tak sedikit. Plafon pinjaman yang bisa didapat maksimal mencapai 60 atau 75 persen dari harga taksir mobil, sesuai kebijakan masing-masing bank dan perusahaan pembiayaan. Misal mobil Anda ditaksir dengan harga Rp 270 juta, berarti Rp 202,5 juta bisa Anda kantongi. Dengan uang segitu, beragam kebutuhan bisa langsung dibayarkan.


Selain plafon besar, tenor pinjaman juga bisa lebih lama. Untuk mobil kisarannya 3 sampai 5 tahun. Serta dengan suku bunga yang berbeda-beda, yang ditawarkan bank atau perusahaan pembiayaan. Artinya, Anda mungkin beruntung mendapat pinjaman dengan suku bunga yang rendah, tapi tetap flat atau sama sampai habis cicilan yang harus Anda bayar.


Tetap perlu diingat kalau tahun dan kondisi mobil mempengaruhi tenor dan plafon yang Anda dapatkan. Kalau mobil sudah banyak berubah dari kondisi asli, misal sering menyerempet, menabark atau modifikasi, bisa menurunkan nilai pinjaman. Terburuk, malah tidak diterima aplikasi refinancing Anda.


Keuntungan lain dari refinancing cicilan mobil adalah lunasnya cicilan lama Anda. Pihak leasing biasanya menggabungkan utang cicilan mobil yang tersisa ke dalam pinjaman refinancing yang diajukan. Jadi nantinya yang Anda bayar bukan lagi kredit atau cicilan mobil, melainkan cicilan pinjaman dari refinancing itu.


Seperti tujuan awalnya, dengan refinancing, dana yang didapat kemudian bisa dipakai untuk biaya sekolah anak, renovasi rumah, modal bisnis dan usaha. Bahkan bisa juga membeli kendaraan baru lain dengan modal dari refinancing. Menarik bukan? Refinancing tak sekadar berhutang lebih banyak. Tapi Anda bisa mendapat banyak keuntungan kalau bisa mengolahnya dengan baik dan disiplin. (Tom/Odi)


Baca Juga: Kapan Waktu Tepat Refinancing?