• Wishlist

Coating Plastic, Solusi Efektif Jaga Panel Bodi Berbahan Plastik

Banyak cara menjaga eksterior berbahan plastik. Yang pertama adalah wax. Jenis bahan body protection ini, bersifat sementara. Pelapisan menggunakan jenis ini, hanya mampu bertahan sekitar dua minggu. Jika terlalu sering mencuci mobil atau sering terkena hujan, maka lapisan wax lebih cepat memudar. Bodi yang terlapisi kembali menjadi kusam.



Umumnya, wax atau pelembab sejenis, memiliki karakteristik wet look. Tentu jenis seperti itu, memiliki kandungan minyak di dalamnya. Sehingga saat Anda menyentuh, terasa lengket. Kekurangan lainnya, debu dan kotoran mudah menempel di permukaan yang dilapis. Mau tak mau harus rajin membersihkannya.


Cara pelindungan kedua berupa coating plastic. Di Indonesia, cara ini tergolong anyar. Mungkin Anda lebih familiar dengan coating ceramic pada bodi kendaraan. Fungsinya mirip, namun aplikasi dan bahan yang terkandung berbeda.


Melalui pengaplikasian coating plastic Auto Glaze, dikatakan sanggup melindungi material plastik dua hingga tiga tahun. Namun dengan catatan penggunaan normal, yang tak terpapar matahari terus menerus. Kemudian manfaatnya, bisa merestorasi warna hitam pada panel plastik. Cara coating plastik ini berupa hydrophobic, seperti pada coating ceramic. Pori-pori plastik lebih kedap air dan tak lengket ketimbang pemakaian wax. Kemudian panel lebih tahan terhadap jamur.


“Coating plastic tergolong baru. Pemakaianya cocok untuk Indonesia yang tropis. Materialnya kami ambil dari Jepang dan Malaysia yang diformulasikan buat kondisi di sini. Pemakaiannya mudah. Untuk mobil bisa sekitar empat jam saja. Cukup bersihkan permukaan plastik, kemudian kita oleskan bahan coating plastic. Untuk sepeda motor juga bisa,” papar Michael Limin, dari Auto Glaze Cengkareng.



Sekadar catatan, panel yang sudah terlapis coating plastic, hanya mencegah kotoran menempel dan menjaga warna. Jadi, material terlapis tidak antigores. Pemakaiannya, kata Michael, lebih cocok buat eksterior mobil atau motor. “Bisa saja buat dasbor mobil. Namun kebanyakan pelanggan lebih suka mempertahankan seadanya saja. Bukan tampilan glossy pada dasbor,” lanjutnya.


Pengaplikasian pada sebuah skutik dibanderol sekitar Rp 300 ribu. Sedangkan pada mobil belum ada harga yang pasti soalnya tergantung besar panel. Kisarannya di angka Rp 2 jutaan. “Namun tiap mobil punya material plastik yang berbeda. Jadi nantinya kami berikan harga sesuai penggunaan cairan itu. Satu botol isinya 5ml. Biasanya cukup buat satu mobil,” pungkasnya. (Alx/Van)


Baca Juga: Cara Menjaga Kilau Mobil