• Wishlist

Kia Sportage Terbaru Punya Kelistrikan 48 Volt

Kia Sportage Terbaru Punya Kelistrikan 48 Volt

Kia Sportage mendapat penyegaran tahun ini. Parasnya berubah menjadi lebih sporty, demikian juga belakangnya. Tapi yang paling penting, terobosan yang ada di balik kap mesin. Kia Sportage bakal dibekali sistem diesel hybrid ringan (mild), dengan baterai Lithium ion 48 volt, yang disebut EcoDynamics+.

Ecodynamics+ selain baterai berkapasitas 0,46 kWh 48 volt, Sportage juga mengusung starter generator hybrid ringan atau Mild Hybrid Starter-Generator (ingat Suzuki Ertiga diesel?) yang terhubung dengan mesin melalui belt. Benda ini punya dua mode, Generator dan Motor. Saat berakselerasi, Mild Hybrid Starter-Generator (MHSG) berada pada mode Motor dan menghasilkan tenaga ekstra 13,5 hp. Hasilnya, beban mesin lebih ringan dan emisi pun berkurang. Saat tidak diperlukan, berubah menjadi generator. Peranti ini mengumpulkan daya listrik untuk mengisi ulang baterai, yang dihasilkan dari energi kinetik saat mobil deselerasi atau mengerem.

Selain baterai 48 volt (biasanya 12 volt), Kia Sportage yang diluncurkan menjelang akhir tahun 2018 ini, juga punya sistem pengaturan emisi yang lebih cerdas, dan tentunya legal. Sistem yang disebut Selective Catalytic Reduction, peredam emisi aktif yang mampu menurunkan emisi gas buang hingga empat persen. Sebagai informasi, baterai 48 volt merupakan terobosan Kia. Mereka jadi yang pertama menggunakan sistem kelistrikan ini di dunia.

Pintarnya Kia, mereka mendesain sistem ini agar tetap berukuran compact, sehingga tidak perlu repot bikin platform baru untuk mengaplikasikannya. Baterai diletakkan di bagasi, tepatnya di bawah lantai, jadi tidak mengganggu kapasitas angkut. Sedangkan MHSG ditempatkan seperti alternator, yang menempel di mesin.

Perubahan Eksterior

Di bagian muka, seperti dilihat dari penampakan foto di atas, perubahan terlihat jelas dari hilangnya empat lampu kabut yang jadi ciri khas sebelummnya. Desain bemper juga berubah, dengan saluran udara yang lebih besar di bagian bawah.

Sementara di belakang, tatanan lampu di bemper berubah karena ketambahan reflektor merah dan garis krom. Garnish di pintu bagasi yang tadinya krom, berubah merah, senada dengan lampu belakang. Sedang di interior, perubahannya tidak banyak. Hanya terlihat sudah punya sistem infotainment baru dengan layar yang lebih besar. (Ddn/Odi)

Baca Juga: Kia Sportage Capai Penjualan 5 Juta Unit

Sumber: Motor1

Jelajahi KIA Sportage

KIA Sportage Rp 386,5 - Rp 475,5 Juta Cicilan : Rp 8,82 Juta

Bandingkan & Rekomendasi