Ford Ecosport

Gambar Ford Ecosport
4.8 / 5
based on 2 reviews
0 Shares

Ford Ecosport Price List

lihat di bawah ini - daftar varian
    Varian Bensin
    • 1499 cc, Bensin, 19.2
    • 1499 cc, Bensin, 19.2
    • 1499 cc, Bensin, 18.8
    • 1499 cc, Bensin, 18.8
    • 1499 cc, Bensin, 19.2

Iklan

Video Ford Ecosport

Kami pilihkan video terbaik dari youtube dan web - Lihat Semua Video
Subscripe Now!

Iklan

Pilihan Warna Ecosport

  • Orange

  • Winning-blue

  • Panther-black

  • Lunar-sky

  • Ingot-silver

  • Frozen-white

  • Candy-red

Review Ford Ecosport

Tinjauan Umum

Setelah Ford Ecosport sukses meluncur di pasar Amerika Selatan, termasuk Argentina dan Brazil, pembuat mobil tersebut siap untuk merilis kendaraan ini di pasar Indonesia pada tahun 2014. Walaupun perilisannya sempat tertunda, namun SUV mini itu tetap mendapatkan sambutan yang hangat, dilihat dari volume penjualannya di tanah air. Kendaraan yang dipasarkan secara global ini memuaskan penumpangnya dengan spesifikasi jantung pacunya yang irit bahan bakar serta didukung dengan daya angkut dan angka akselerasi yang memadai. Mesin yang responsif menjadikannya sebagai favorit bagi orang-orang yang sedang mencari SUV kompak, yang memiliki kemampuan manuver hingga pada radius 5.3 meter, berbeda dengan SUV berukuran penuh lainnya.
Namun, untuk pasar Indonesia, mobil ini dibekali dengan mesin andalan perusahaan, yaitu mesin kapasitas 1.5 liter Sigma Ti-VCT segaris 4 silinder yang mampu menyemburkan daya maksimum sebesar 110 Ps pada 6050 rpm dan torsi tertinggi sebesar 142 Nm pada 4500 rpm. Jantung pacu ini dikemas dalam transmisi manual 5 kecepatan (MT) dan tranmisi otomatis 6-kecepatan (AT), beserta tiga varian : Ecosport Ambiente MT, Ecosport Trend (MT/AT), dan Titanium (MT/AT). Anda dapat memiliki transmisi manual konvensional 5 keceptan yang dirancang khusus untuk perjalanan dalam kota ataupun transmisi otomatis 6 kecepatan yang sangat irit.
Berbicara mengenai eksteriornya, versi 2013 dari mobil ini memiliki tampilan yang lebih elok ketimbang generasi pertamanya. Penyegaran yang dilakukan pada varian generasi kedua ini sangatlah memikat, yang terlihat jelas dari lampu belakangnya, bumper depan dan belakang, dan material dashboard dan kursi. Mobil ini dibekali dengan perangkat hiburan yang standar, seperti AM/FM, MP3, Bluetooth, USB, dan aux-on. Aspek keselamatan yang ditanamkan dalam SUV ini termasuk Hill Launch Assit (HLA), sistem airbag ganda, Anti-lock Braking System (ABS) dengan kontrol stabilitas elektronik (ESC), sensor parkir belakang, smart key less entry, immobilizer mesin, sabuk pengaman, dan sebagainya.

Jarak Tempuh dan Tingkat Efisiensi

Berbicara mengenai tenaga serta tingkat konsumsi bahan bakarnya, Ford EcoSport dapat dihandalkan dalam kedua aspek ini, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih. Mesin 1.5 liter Ti-VCT memberikan jarak tempuh sebesar 8 – 9 kmpl di area perkotaan. Pada saat menempuh rute yang lebih panjang, tingkat penggunaan bahan bakar berkisar dari 13,5 kmpl hingga 14,5 kmpl

Tenaga

Ketiba berbicara mengenai jantung pacunya, EcoSport hanya didominasi dan dibekali dengan satu mesin pada semua varian yang tersedia di pasar. Mesin kapasitas 1.5 liter, 1598 cc Sigma TI-VCT segaris empat silinder, menyemburkan daya maksimum sebesar 110 Ps pada 6050 rpm, dan torsi puncak sebesar 142 Nm pada 4500 rpm.

Akselerasi & Daya Angkut

Mesin petrol tunggal yang ditanamkan dalam mobil tersebut, mesin 1.5 liter, memiliki angka akselerasi dan daya angkut yang standar, dibandingkan dengan mobil lainnya di segmen tersebut. Mobil ini memerlukan 13,5 detik untuk menembus kecepatan 100 km/jam dari posisi diam, sementara itu kecepatan maksimum dapat dicapai hingga 165 km/jam.

Eksterior

Berbicara mengenai profil eksterior Ecosport, anda akan semakin terkesan dengan desainnya yang sempurna dan inovatif. Bagian fascia dimulai dengan karakter aerodinamis yang mengalir dari kap dan terintegrasi dengan bagian bodi kendaraan lainnya. Lampu utama terlihat lebih ramping dan dibekali dengan lampu halogen ganda, tapi gril dirancang dalam goresan desain yang lebih horizonal dan melebar, disandingkan dengan lambang perusahaan pada bagian tengah, yang semkain menonjolkan cita rasa urban pada SUV ini. Selain itu, bumper depan dihiasi dengan lampu kabut yang ditempatkan di sudut dan selubung plastik di bawahnya memberikan daya tarik yang kuat pada permukaan kasar. Mencemati profil samping mobil ini, Pilar B menyatu dengan kaca jendela samping yang dibalur wanr hitam. Pegangan pintu, kaca samping yang dipasang indikator, dan roof rails sesuai dengan warna bodi, guna mempertahankan nilai estetika dari kendaraan tersebut. Profil belakang terkesan menyatu dengan kaca belakang dan tarikan horizontal di sekitar lampu belakang memberikan tampilan yang kontemporer pada mobil ini. Selain itu, anda juga dibekali dengan ban cadangan yang digantung di pintu belakang, sehingga tampilan mobil ini semakin menegaskan karakter SUV-nya yang siap berpertualang, adventure. Ini juga meningkatkan kapasitas ruang untuk menyimpan barang bawaan anda dalam kabin.

Ukuran Eksterior

Meskipun Ford Ecosport merupakan kendaraan sport yang mini dan tampil dalam bentuk kompak, namun memiliki dimensi yang ideal. Ukuran mobil ini adalah 4245 mm x 2054 mm x 1708 mm (P x L xT), mencakup kaca spion. Ground clearance sepanjang 200 mm, dengan jarak dasar roda sebesar 2521 mm, yang cukup memadai untuk sebuah SUV kompak.

Interior

Walaupun hadir dalam bentuk SUV yang kompak, interior Ford Ecosport sangatlah lapan. Detail yang apik ditambahkan pada interiornya, didesain khusus oleh teknisi Amerika yang menawarkan segudang kepraktisan dan kecanggihan untuk anda. Sesuai tema standar, interior dibalur dengan material beraksen hitam, yang menjadikan mobil semakin sporty. Jok kursi berbalut bahan kulit atau kain, tergantung dengan varian yang anda pilih, serta dashboard terbuat dari plastik berkualitas tinggi. Guna menonjolkan interior yang lebih wah, selain kursi, dashboard dan roda kemudi berwarna hitam, aksen abu-abu juga ditegaskan pada roda kemudi dan tuas gigi. Untuk meningkatkan level kenyamanan dan akses ke semua fungsi, konsol tengah menyalakan cahaya Ice Blue dan kursi depan dapat digeser dan dibaringkan sesuai tinggi dan posisi pinggang pengemudi. Aspek lainnya yang menjadi prioritas mobil ini adalah NVH (Noise, Vibration, Harshness, atau Bising, Vibrasi, dan Kekasaran) yang mengurangi suara bising pada kecepatan tinggi.

Kenyamanan Interior

Sistem kontrol iklim di Ecosport merupakan sistem AC manual, dimana yang otomatis hanya tersedia pada varian tertinggi, sehingga memberikan anda relaksasi yang cukup memadai selama perjalanan yang panjang dengan menjaga temperatur dalam ruangan secara optimal. Selain ruang boot, SUV mini ini menawarkan 20 ruang penyimpanan yang praktis sehingga menjadikan perjalanannya anda lancar tanpa hambatan dan beban. Pada beberapa varian tertinggi, mobil ini juga memberikan anda pilihan power sunroof dimana anda dapat menikmati panorama langit. Roda kemudi dilengkapi dengan kontrol audio, yang memungkinkan anda untuk meningkatkan dan mengganti kontrol bahkan ketika berkendara dalam kecepatan tinggi ataupun di ruang yang padat. Fitur kenyamanan lainnya yang tersedia dalam mobil ini, termasuk soket listrik 12 V, ORVM bertenaga eletrik, konsol overhead untuk tempat sunglass, 4 power windows, tingkat efisiensi yang cukup mumpuni, vanity minnor di samping pengemudi-penumpang, vanity mirror diluar temperatur, wiper hujan, dan sebagainya.

Ukuran Interior

Jika anda hanya sekedar menghitung volume kargonya berdasarkan struktur kompak eksterior mobil ini, anda bisa jadi salah. Layout eksteriornya sangat mengakomodasi kapasitas boot kabin, sehingga anda dapat menyimpan barang bawaan dan aksesoris anda. Jika pintu belakang dilipat, kapasitasnya meningkat hingga 705 liter.

Mesin dan Performa

Dalam kap mesinnya, Ecosport dipersenjatai dengan mesin Ford yang terkenal,yaitu 1.5 liter Ti-VCT (twin independent variable camshaft timing) 4-silinder yang menghasilkan daya keluaran maksimum sebesar 110 rpm pada 6050 rpm dan torsi puncak sebesar 142 Nm pada 4500 rpm. Mesin bensin tunggal dipadukan dengan transmisi manual 5-kecepatan (MT), cocok untuk berkendara dalam kota , atau transmisi otomatis 6 kecepatan. Perbedaan keduanya terletak pada tingkat efisiensi.

Stereo dan Aksesoris

Mengenai segmen hiburan pada SUV ini, fitur stereo standar yang dipasangkan dalam mobil ini, mungkin akan sedikit mengecewakan anda. Namun, anda tetap memiliki pilihan untuk memutar lagu favorit anda selama perjalanan dengan cara menghubungkan perangkat eksternal anda melalui Aux-in interface, USB, dan konektivitas iPod. Selain itu, fitur SYNC Ford juga terintegrasi dengan Bluetooth dan aspek Kontrol Suara, AM/FM, MP3, namun tidak semua trim Ecosport dilengkapi dengan fungsi ini. Untuk mendapatkan fungsi stereo yang lebih canggih, anda dapat membeli varian tertinggi mobil ini.

Roda

Ecosport dibekali dengan pelek roda yang berukuran 16 inchi dan 15 inchi, tergantung varian yang anda pilih. Pelek 16 inchi dipadukan dengan ban berukuran 205/60 R 16.

Pengereman dan Penanganan

Untuk sebuah SUV, sangatlah penting untuk memperhatikan bagian dari pengereman dan penanganan, sehingga kendaraan ini dapat dikendarai di atas permukaan yang tidak rata, selain untuk perjalanan dalam kota. Di Ecosport ini, stabilitas dan penanganan yang lebih baik dipertahankan oleh suspensi depan, yang didukung dengan McPherson strut dengan coil spring dan suspensi belakang dengan semi-independent twist beam dengan coil springs. Anti-lock Braking System (ABS) dengan kontrol stabilitas elektrik membantu kendaraan ini untuk tetap stabil, mencegah roda terkunci pada rem mendadak, sehingga terhindar dari bahaya menggelinding. Radius putar minimum sepanjang 5.3 meter memberikan anda kemudahan untuk manuver mobil di ruang yang sempit, dan mudah untuk ditangani.

Keamanan dan Keselamatan

Ford Ecosport melindungi penumpangnya dengan sistem airbag ganda untuk keselamatan pasif pengemudi dan penumpang kursi depan, sehingga mengurangi efek tabrakan. Selain itu, bodi kendaraan juga dibuat dari bahan baja boron berkekuatan tinggi serta ringan, yang memberikan tenaga lebih tinggi untuk kendaraan ini, sekaligus mengurangi dampak kecelakaan. Jika anda perlu berkendara di area perbukitan dan trek yang miring, fitur Hill Launch Assist (HLA) akan menjamin keselamatan anda dan mencegah kendaraan dari tergelincir. Aspek keselamatan lainnya, termasuk anti-lock brake system (ABS) dengan kontrol stabilitas elektrik (ESC), sensor parkir belakang, smart key less entry, immobilizer mesin, sabuk pengaman, dan sebagainya.

Pro

  • Kapasitas boot dan ruang penyimpanan kecil pada kabin yang memadai
  • Kabin tidak bising, bahkan pada kecepatan tinggi
  • Mesin mempertahankan angka penggunaan bahan bakar dengan didukung oleh sistem transmisi yang tersedia

Kontra

  • Tidak memiliki kekasaran yang diperlukan untuk sebuah SUV
  • Fitur hiburan standar

Download Brosur

Download brosur Ford Ecosport untuk spesifikasi yang lebih detail
Lihat Brosur Ford lainnya

Berita Ford Ecosport

Ford menarik kembali 1201 unit EcoSport karena pembetulan suspensi di Australia

Dirilis pada | | 486

JAKARTA: Perusahaan otomotif mutinasional asal Amerika Serikat, Ford Motor Company telah mengumumkan penarikan kembali untuk mobil kompak EcoSport SUV karena ada masalah dengan susunan suspensi belakang. Perusahaan telah mendaftar total 1201 unit EcoSport untuk penarikan ini. Mobil-mobil ini dibuat dalam periode enam bulan selama 29 November 2013 s...BACA BERITA SELENGKAPNYA

New Ford EcoSport 2016 Jadi Semakin Sporty  di Eropa

Dirilis pada | | 1005

JAKARTA: Ford Ecosport terbaru yang sempat diperkenalkan di Geneva Motor Show 2015 pada bulan Maret silam, kini resmi diluncurkan di Eropa. Beberapa perubahan sangat terasa di bagian eksterior, terutama hilangnya ”konde” atau ban cadangan yang menempel di pintu belakang. Menurut Ford, perbaikan desain ini tidak hanya menonjolkan kesan sporty tapi m...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Review Ford Ecosport

By Iqbal Posted on 11 Jun 16, 07:07 PM

Pros

Cons

Salam hormat rekan rekan pecinta otomotif khususnya roda.Kali ini gua mau share info ke mas bro tentang ford ecosport titanium matic yg biasa gua pake,untuk ukuran kelas low SUV yg harga di bawah 300jt menurut gua mobil ini paling enak dipake.karena dari fitur fiturnya seperti SYNC,auto wiper,auto headlamp sangat membantu ketika sedang berkendara.dari segi safety mobil ini sudah ada ABS EBD BA dan traction control yang sangat begitu membatu ketika di ajak bermanuver dan fitur keamana standar sudah dilengkapi dual SRS Airbag. Sebagai bahan pertimbangan mobil ini sudah lulus Euro ncap bintang 5.dari segi mesin 1.5L output tenaga yg dikeluarkan menurut gua biasa aja tetapi di dukung oleh transmisi dual clutch 6 speed dan traction control membuat mobil ini sangat asikk untu dikendarai.oia khusus untuk tipe titanium mobil ini sudah dilengkapi sunroof dan jok kulit. Menurut gua pesaing terkuat untuk ecosport adalah chevrolet Trax.Semoga bermanfaat ☺☺

Was this review helpful? Yes / No

2 of 3 users found this review helpful.

The best small SUV

By Budi Hardiansyah Posted on 17 Jun 16, 06:20 AM

Pros

Cons

Mobil terbaik dengan performa yg oke, kenyamanan seperti sedan dengan performance yg dapat diandalkan...ubah ke menu semi manual dan rasakan accelerasi dan manuver yg luar biasa...nyaman untuk perjalanan jauh...jakarta-malang tanpa terasa pegel dan lelah dengan penumpang 5 orang. Stabil untuk melibas jalan yg jelek. Otomatis wiper tanpa mengganggu konsentrasi saat hujan...dan otomatis air conditioner yg dapat menyesuaikan dengan suhu yang kita inginkan...smart car....belum tambahan sync audio dengan gadget yang praktis. Kualitas audio yg super tanpa perlu tambahan audio extra. Kekurangannya sayang hanya 5 seater... Seandainya ada versi 7 seaternya Top deh...

Was this review helpful? Yes / No

1 of 1 users found this review helpful.