6 Merek Mobil Dengan Penjualan Minim di Indonesia

6 Merek Mobil Dengan Penjualan Minim di Indonesia

Gaikindo, asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia melaporkan hasil penjualan para produsen mobil di Indonesia. Dari data wholesales (dari pabrik ke dealer) yang dilaporkan Gaikindo sejak periode Januari hingga September sudah menembus angka 783.450 unit.

Di tahun 2016, Gaikindo menyatakan percaya penjualan mobil di Tanah Air dapat meningkat antara 1,05 hingga 1,1 juta unit atau meningkat dibanding tahun 2015 yang hanya mencapai 1.031.291 unit.

Toyota mendominasi penjualan mobil di Indonesia yang mencapai 269.751 unit dan Honda mampu menempati posisi kedua dengan melego 149.160 unit. Posisi ketiga ditempati 133.554 unit. Total, terdapat 24 merek yang turut memasarkan berbagai kendaraannya di Indonesia. Brand atau merek kendaraan tersebut berasal dari berbagai negara seperti Jerman, Italia, Swedia, Inggris, China hingga Malaysia.

Menariknya, dari 24 brand yang menjual mobilnya di Indonesia. terdapat juga merek-merek yang hingga kuartal tiga atau akhir September 2016 lalu mengalami penjualan yang minim atau bahkan tidak mampu menjual kendaraannya. Hal tersebut berbanding terbalik jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya dimana mereka mampu menjual produknya meski memang terbilang dengan jumlah terbatas. Lantas merek kendaraan apa saja yang mengalami penjualan sulit di Indonesia, berikut daftarnya berdasarkan data Gaikindo hingga akhir September 2016

1. Subaru

Subaru, pabrikan asal Jepang yang bermarkas di Ōta, Prefektur Gunma ini menunjukan hasil yang negatif di pasar otomotif Indonesia. Dari data Gaikindo, tercatat Subaru belum menjual mobil sama sekali atau 0 unit di Tanah Air hingga akhir September 2016.

Subaru XV

Entah apa yang terjadi dengan Subaru, padahal mereka diperbolehkan berjualan kembali setelah sempat dibekukan akibat kasus pajak. Beberapa model Subaru seperti XV, Foresta, Impreza dan WRX STI merupakan kendaraan yang terbilang tangguh serta menggunakan mesin yang cukup handal.

Dilihat dari situs resmi Subaru di Indonesia dimana PT Motor Image Indonesia yang menjadi distributornya, model-model tersebut tampak ditawarkan kepada calon konsumen di Tanah Air. Sementara, bila ditengok dari penjualan Gaikindo di tahun 2015, penjualan Subaru memang tidak menunjukkan angka, artinya tidak ada unit Subaru yang terjual di tahun tersebut.

Untuk mobil-mobil yang Subaru pasarkan di Indonesia dihadirkan secara impor dari Jepang dan Malaysia. Sementara untuk harga, dari website resmi Subaru di Indonesia memperlihatkan banderol mulai dari Rp 380 juta untukSubaru XV 2.0i Premium hingga yang termahal ialah Subaru All New WRX STI dengan harga Rp 699 juta.

2. Smart

Bagi sebagian orang, mungkin merek Smart masih asing terdengar. Namun di pasar mobil dunia kendaraan tersebut terbilang laris karena menawarkan inovasi yakni dimensi mungil untuk pemakaian dalam kota. Smart merupakan merek otomotif asal Jerman yang merupakan bagian dari Daimler AG bersama Mercedes-Benz.

Smart Fortwo

Pabrikan yang bermarkas di Stuttgart, Jerman ini menunjukan penjualan yang negatif di Indonesia. Tercatat, dari data Gaikindo hingga September 2016 Smart belum menjual mobilnya di Indonesia.

Hal tersebut berbanding terbalik bila dilihat dari data Gaikindo di tahun 2016 pada periode sama Smart berhasil menjual 15 unit kendaraan tipe supermini tersebut. Sementara untuk model terlarisnya ialah Smart Coupe Passion.

Bila dilihat dari kepraktisan serta teknologi dan juga ukurannya, menurut kami mobil Smart terbilang kendaraan cocok bagi kota besar seperti Jakarta. Pasalnya, dengan kondisi lalu lintas yang padat, mobil ini terbilang ideal untuk digunakan bagi kaum urban.

3. Geely

Geely merupakan merek kendaraan asal China. Di negeri asalnya, Geely Automobile merupakan perusahaan otomotif terbesar dan terlaris dengan beragam produk serta jenis kendaraan yang ditawarkan.

Geely Emgrand

Namun lain halnya dengan di Indonesia, perusahaan yang bermarkas di Hangzhou, China ini sepertinya tidak dapat bersaing di pasar otomotif lokal. Terbukti, dari data Gaikindo hingga akhir September 2016, Geely tidak mampu menjual mobilnya sama sekali hingga akhir September 2016.

Hal tersebut berbanding terbalik bila dilihat dari data Gaikindo pada tahun 2015 di periode yang sama dimana Geely mampu menjual 135 unit kendaraannya. Kala itu, model terlarisnya ialah Emgrand RV.

Keseluruhan mobil Geely yang dipasarkan di Indonesia didatangkan langsung dari China secara utuh atau CBU.

4. Chery

Terdapat hal yang menarik dari data yang diberikan Gaikindo di tahun 2016. Ya, ada perbedaan dimana di tahun 2015 pabrikan bernama Chery masih terdaftar serta melaporkan hasil penjualannya. Sementara di tahun 2016, tidak ada lagi brand Chery di data penjualan wholesales Gaikindo.

Chery Eastar

Mungkin nama Chery terdengar asing bagi sebagian orang. Sebagai informasi Chery merupakan merek kendaraan asal China yang pertama kali masuk ke pasar otomotif Indonesia bernaung di bawah bendera Indomobil Group.

Namun, di tahun 2012 mereka sudah tidak lagi bernaung di Indomobil Group dan berpindah kepemilikan menjadi Chery Mobil Indonesia (CMI). Saat kami mengunjungi situs resmi Chery, terlihat merek tersebut memasarkan berbagai produk mulai dari sedan, hatchback, MPV hingga pickup.

Tapi terlihat situs tersebut sepertinya tidak update. Pasalnya, postingan terakhir terlihat pada tahun 2012 silam. Dan bila dilihat dari penjualannya yang dari data Gaikindo di tahun 2015, tidak ada mobil Chery yang terjual.

5. Infiniti

Infiniti merupakan divisi mewah dari Nissan Motor Co., Ltd. Merek mobil asal Jepang ini telah beroperasi di 15 negara dan mempunyai 230 dealer di seluruh dunia.

Infiniti QX80

Di Indonesia, penjualan Infiniti dilihat dari data Gaikindo hingga akhir kuartal 3 tahun 2016 hanya mencapai 1 unit. Angka tersebut diperoleh dari penjualan QX80 yang diluncurkan pada Januari 2016.

Bila dilihat dari situs resmi Infiniti di Indonesia, pesaing Lexus ini memasarkan berbagai jajaran mobil di segmen sedan dan SUV. Untuk model yang ditawarkan terdiri dari Infiniti Q50, Infiniti Q60, Infiniti Q70, Infiniti QX70 dan Infiniti QX80.

Sementara untuk harga, mobil mewah ini dijual mulai dari Rp 1,5 miliar hingga lebih dari Rp 2,5 miliar. Sementara terlihat untuk jaringan penjualan, terlihat Infiniti baru memiliki satu jaringan diler yang berada di kawasan Jakarta Selatan.

Di pasar mobil dunia, brand Infiniti bersaing dengan Mercedes-Benz, Lexus dan BMW. Sementara pemasaran mobil Infiniti menyasar negara-negara di Amerika Utara, Timur Tengah, Korea Selatan, Rusia, China, Taiwan, dan Ukraina.

6. Ford

Penjualan Ford mengalami penurunan yang cukup signifikan di tahun 2016 dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut membuat kami memasukan Ford sebagai merek mobil yang mengalami penjualan minim atau terbilang sulit di Indonesia.

Ford Everest

Tercatat, hingga akhir September 2016 penjualan Ford hanya mencapai 332 unit. Hal tersebut berbanding terbalik dengan penjualan tahun lalu pada periode sama yang mencapai angka 4.309 unit dengan model terlaris ialah Ecosport 1.5 TiVCT Titanium AT dengan jumlah 1.976 unit.

Sementara dari data Gaikindo di tahun 2016 hingga akhir September 2016, Ford Everest menjadi model terlaris. Mobil tersebut didatangkan Ford dari pabriknya yang ada di Thailand.

Penurunan penjualan Ford ini terbilang signifikan. Sebabnya sangat jelas, penurunan penjualan Ford ini disebabkan oleh keputusan PT Ford Motor Indonesia untuk menghentikan aktifitas bisnis mereka di Indonesia.

Meski begitu, jaringan dealer Ford tetap beroperasi dan memasarkan beragam produk seperti Everest, New Fiesta, EcoSport, Focus dan Fiesta.

Baca Juga: Inilah 5 Mobil Terlaris Hingga Kuartal Ketiga 2016

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil Ford

  • Ford Everest
    Ford Everest
  • Ford Ranger
    Ford Ranger
  • Ford Ranger Raptor
    Ford Ranger Raptor
Harga Mobil Ford

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Ford Ecosport Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Ford Ecosport

Tren SUV

  • Yang Akan Datang
Mobil SUV Yang Akan Datang

Artikel Mobil Ford Ecosport dari Carvaganza

  • IIMS 2024: Nikmati Promo Penjualan dan Aftersales Mitsubishi Sepanjang Februari
    IIMS 2024: Nikmati Promo Penjualan dan Aftersales Mitsubishi Sepanjang Februari
    Anjar Leksana, Today
  • PT TMMIN Mendapat Penghargaan National Lighthouse Industry 2024
    PT TMMIN Mendapat Penghargaan National Lighthouse Industry 2024
    Eka Zulkarnain H, Today
  • IIMS 2024: Sambil Tunggu Rilis Harga, Simak Spesifikasi Wuling Cloud EV
    IIMS 2024: Sambil Tunggu Rilis Harga, Simak Spesifikasi Wuling Cloud EV
    Setyo Adi, Today
  • IIMS 2024: Chery Tiggo 5X Resmi Meluncur, Ada Harga Spesial Selama Pameran
    IIMS 2024: Chery Tiggo 5X Resmi Meluncur, Ada Harga Spesial Selama Pameran
    Bangkit Jaya, Today
  • IIMS 2024: Heboh 'Digoreng' Sales, Suzuki Jamin Harga Jimny 5 Pintu Tidak Berubah
    IIMS 2024: Heboh 'Digoreng' Sales, Suzuki Jamin Harga Jimny 5 Pintu Tidak Berubah
    Muhammad Hafid, Today

Artikel Mobil Ford Ecosport dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature
  • advice
  • Penjualan Mobil Hybrid Naik Signifikan, Pemerintah Ingin Kaji Berikan Insentif Pajak di Indonesia
    Penjualan Mobil Hybrid Naik Signifikan, Pemerintah Ingin Kaji Berikan Insentif Pajak di Indonesia
    Anjar Leksana, Today
  • Kans Mitsubishi Mendatangkan Xpander Hybrid Series ke Indonesia
    Kans Mitsubishi Mendatangkan Xpander Hybrid Series ke Indonesia
    Anjar Leksana, Today
  • Denza D9, MPV Supermewah Milik BYD
    Denza D9, MPV Supermewah Milik BYD
    Muhammad Hafid, 20 Feb, 2024
  • Ini Panjang Garansi Umum dan Blade Battery Tiga Mobil Listrik BYD 
    Ini Panjang Garansi Umum dan Blade Battery Tiga Mobil Listrik BYD 
    Anjar Leksana, 20 Feb, 2024
  • Kepincut Suzuki Ertiga Hybrid Cruise AT, Cek Cicilan Syariah dan Konvensional
    Kepincut Suzuki Ertiga Hybrid Cruise AT, Cek Cicilan Syariah dan Konvensional
    Anjar Leksana, 20 Feb, 2024
  • Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    Anjar Leksana, 03 Apr, 2023
  • Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Anjar Leksana, 28 Mar, 2023
  • Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Setyo Adi, 02 Jan, 2023
  • Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Anjar Leksana, 30 Des, 2022
  • First Drive BYD Dolphin: Banyak Keunggulan dari Rival Sekelasnya
    First Drive BYD Dolphin: Banyak Keunggulan dari Rival Sekelasnya
    Anjar Leksana, 12 Feb, 2024
  • Test Drive BYD Atto 3: Kualitas Mengejutkan dan Banyak Gimik
    Test Drive BYD Atto 3: Kualitas Mengejutkan dan Banyak Gimik
    Anindiyo Pradhono, 09 Feb, 2024
  • Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Fokus ke Efisiensi
    Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Fokus ke Efisiensi
    Wahyu Hariantono, 29 Jan, 2024
  • Test Drive Neta V: Semarang - Jakarta Tanpa Perlu Charge Baterai
    Test Drive Neta V: Semarang - Jakarta Tanpa Perlu Charge Baterai
    Muhammad Hafid, 29 Jan, 2024
  • Test Drive Mitsubishi XForce: Ada Kenikmatan Tersendiri
    Test Drive Mitsubishi XForce: Ada Kenikmatan Tersendiri
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 10 Mobil Polisi Paling Keren di Dunia
    10 Mobil Polisi Paling Keren di Dunia
    Muhammad Hafid, 09 Jan, 2023
  • Merasakan Langsung Mobil Listrik Volvo C40 Recharge di Tanah Kelahirannya
    Merasakan Langsung Mobil Listrik Volvo C40 Recharge di Tanah Kelahirannya
    Eka Zulkarnain H, 02 Jan, 2023
  • Transformasi Toyota Vios dari Generasi Pertama Hingga Sekarang
    Transformasi Toyota Vios dari Generasi Pertama Hingga Sekarang
    Anjar Leksana, 14 Okt, 2022
  • Estafet Generasi Suzuki Baleno di Indonesia, dari Sedan Bertransformasi Hatchback
    Estafet Generasi Suzuki Baleno di Indonesia, dari Sedan Bertransformasi Hatchback
    Anjar Leksana, 28 Jul, 2022
  • Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Anjar Leksana, 15 Jan, 2024