WSBK: Van der Mark Resmi ke BMW Motorrad

WSBK: Van der Mark Resmi ke BMW Motorrad

Terjawab sudah kepastian karir balap Michael van der Mark di WSBK 2021. BMW Motorrad secara resmi mengumumkan perekrutannya. Sekaligus memupuk asa pabrikan Jerman untuk meraih gelar juara dunia, bersama pembalap asal Belanda tersebut.


Dan, menegaskan pula alasan Yamaha merilis lebih dulu perpisahannya bersama van der Mark. Pasalnya, sang pembalap kelahiran Negeri Kincir Angin itu disinyalir sudah lebih dulu menjalin kesepakatan dengan BMW. Diduga ini terjadi lantaran van der Mark meminta nilai kontrak lebih besar untuk tahun depan. Sementara keinginannya itu tak bisa dipenuhi Yamaha, sehingga berujung perceraian di akhir musim.


Selang sehari (2/7), muncul pengumuman dari BMW Motorrad. Yang menyatakan bahwa van der Mark bakal membela pabrikan bavarian, musim depan. Ia pun tampaknya digadang sebagai titik sentral pengembangan BMW S 1000 RR. Dengan kata lain mendapatkan perlakuan istimewa ketimbang pembalap BMW saat ini.


BMW S 1000 RR


"Kami sangat senang menyambut Michael ke tim BMW Motorrad WorldSBK. Dia membawa banyak pengalaman dan merupakan salah satu pembalap muda paling berbakat di kejuaraan. Mengamankan Michael menegaskan fokus dan tekad kami untuk bersaing untuk mendapatkan penghargaan tertinggi (juara dunia). Dan kami akan selalu memberikan Michael kesempatan untuk mencapai tujuan itu," bukan Shaun Muir, Team Principal BMW Motorrad WorldSBK Team.


Baca juga: MotoGP: Petrucci Bela KTM Mulai MotoGP 2021, Bukan Pengganti Pol Espargaro


Lebih lanjut, Marc Bongers selaku Direktur Motorsport BMW Motorrad mengakui, van der Mark terus berkembang. Terutama dalam beberapa tahun terakhir. Utamanya ketika berhasil meraih kemenangan pertama di musim 2018 WSBK, tepatnya pada putaran di Donington Park (Inggris). Tahun ini menjadi pencapaian terbaiknya sejak berkarir di WSBK sejak 2015. Kali itu pembalap bernomor 60 berhasil mengamankan posisi ketiga klasemen Superbike World Championship 2018.


"Kami yakin dia adalah aset bagi proyek kami, lalu mengombinasikannya dengan paket (motor) kuat yang kami tawarkan, kita bisa mencapai level selanjutnya dalam hasil (balapan). Kami menyambut baik kedatangannya dan berharap bisa menjadi tim yang kuat," tambah Bongers. 


BMW Motorrad WorldSBK


Sebagai tambahan, Michael van der Mark resmi memasuki kelas WorldSBK pada 2015. Membela Pata Ten Kate Honda dan naik podium pertamanya di Assen pada musim itu. Tantangan baru ia geluti pada 2017 dengan pasukan Pata Yamaha dan kuda besi YZF-R1. Tahun berikutnya jadi masa kejayaan. Pria yang kabarnya punya darah turunan Indonesia itu menyabet kemenangan pertama bersama Yamaha di Donington Park, Britania Raya. Capaian itu sekaligus mengakhiri penantian tujuh tahun tim Yamaha mencicipi kemenangan.  


Hasil Tes Jerman


Sebelumnya, tim BMW Motorrad baru saja menyelesaikan tes perdananya setelah wabah COVID-19 merebak. Pengujian dilakukan di Sirkuit Lautsitzring, Jerman. 


"Tes di Lausitzring adalah pertama kalinya kami kembali di arena balap setelah putaran pertama musim di Australia, karena di antaranya kami terbatasi oleh coronavirus. Kami mengalami hari-hari pengujian yang hebat, cuaca sangat baik bagi kami dengan kondisi yang sangat baik dan kami memiliki kesempatan untuk menguji cukup banyak bagian motor yang telah kami kerjakan selama istirahat. Kami merasa yakin sekarang bahwa banyak upaya yang telah dilakukan oleh insinyur di pabrik akan terbayar sekarang," jelas Shaun Muir, awal Juni lalu.


Hasilnya memang memuaskan, potensi BMW S 1000 RR bisa digali dengan lebih maksimal. Proses ini diharap dapat mendongkrak performa tim ketika musim berjalan nanti.


(Ano/Tom)


Sumber: BMW Motorrad World SBK


Baca juga: Inilah Tiga Tema Khusus BMW R nineT, Dari Pelaju Aspal Hingga Penggaruk Tanah

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store