Viral Kawasaki KR 150 SP Turbomag Orisinal Lansiran 1992 Terjual Rp 175 Juta, Apa Istimewanya?

Viral Kawasaki KR 150 SP Turbomag Orisinal Lansiran 1992 Terjual Rp 175 Juta, Apa Istimewanya?

Selain memenuhi hasrat hobi, memiliki motor 2-tak ternyata bisa jadi investasi menguntungkan untuk jangka panjang. Seperti contohnya Kawasaki Ninja KR 150 SP (Sport Production) Turbomag original lansiran 1992 ini yang laku terjual di nominal Rp175 juta.

KEY TAKEAWAYS

  • Spesifikasi Kawasaki Ninja KR 150 SP Turbomag

    Mesin 150 cc 2-tak bertenaga 40 hp pada 10.000 rpm
  • Pemiliknya adalah Hengkie Wiria Santika yang berdomisili di Kota Bogor, Jawa Barat. Pria yang memang doyan mengoleksi motor Kawasaki Ninja ini menceritakan jika KR 150 SP Turbomag-nya sangat langka dan dia berani menggaransi jika hanya ada 1 unit saja di Indonesia.

    Kawasaki Ninja KR 150 SP Turbomag

    Statusnya yang langka dikarenakan motor ini tidak diperjual-belikan secara resmi oleh agen pemegang merek Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Unit kepunyaan Hengkie didatangkan langsung dari Thailand, bahkan tak sedikit pemilik Ninja 150 di Indonesia yang memodifikasi agar serupa dengan KR 150 SP Turbomag.

    "Belum lama ini terjual sama orang Jakarta, pertama buka harga di Rp 200 juta dan negosiasi akhirnya di Rp 175 juta. Unitnya original Thailand dari bodi, rangka, mesin, dan velg-nya," kata Hengkie, saat bercerita ke OTO.com, Jumat (11/3/2022).

    Dari visual motornya, bisa dibilang Kawasaki KR 150 SP Turbomag tersebut istimewa. Komponen bodi fairing lengkap dan mulus, kaki-kakinya juga utuh, serta komponen mesinnya terawat sangat baik. Tak ada ubahan atau modifikasi yang dilakukan, kondisinya dijual dalam keadaan standar original.

    Kawasaki Ninja KR 150 SP Turbomag

    "Sejarahnya motor ini pertama kali meluncur di tahun 1990. Lalu ada beberapa varian dari R, SP, dan SSE. Yang ini adalah varian SP, cirinya velg sudah model cast wheel atau racing," katanya.

    Hengkie juga mengatakan jika secara konstruksi mesin berbeda dengan kepunyaan Ninja 150 yang pernah dijual di Indonesia. Diferensiasinya ada di bagian blok mesin, jeroan mesin, dan beberapa komponen mesin lain. Bagian sistem pengereman juga berbeda, Kawasaki Ninja produksi Thailand memposisikan disc brake (cakram) di sebelah kiri.

    "Kalau dibandingkan sama Ninja 150 di Indonesia banyak sekali perbedaannya. Jadi akan ketahuan kalau KR 150 itu tidak original (modifikasi), di bagian sasis-nya saja ada dudukan untuk fairing khusus, pengereman belakang berbeda, mesin juga berbeda," pungkasnya.

    Spesifikasi Kawasaki Ninja KR 150 SP Turbomag

    Kawasaki Ninja KR 150 SP Turbomag

    Sasis jenis Twinspar menggendong mesin berkapasitas 150 cc dengan teknologi KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System). Meski belum disuntik Super KIPS seperti di Ninja 150 modern, namun dia mampu memproduksi tenaga maksimal sampai 40 daya kuda pada putaran mesin 10.000 rpm.

    Peluncurannya di medio 1990-an berfokus untuk mematahkan dominasi dari Honda NSR 150 SP di lintasan balap Negeri Gajah Putih Thailand. Dari berbagai informasi yang kami dapat, dia memiliki Power to Weight Ratio yang sangat baik, yakni 40 hp/121Kg. Lantas untuk urusan kestabilan dan performa merupakan aspek yang memang diprioritaskan Kawasaki Thailand saat itu.

    Informasinya motor Kawasaki KR 150 SP Turbomag mampu digeber hingga 200 km/jam tanpa ada modifikasi mesin. Sementara untuk varian KR SSE lebih brutal lagi, top speed-nya mampu memuncah sampai 230 km/jam. (KIT/RS)

    Baca juga: New Royal Enfield Himalayan dengan Fitur Navigasi Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp128 Jutaan

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature