jakarta-selatan

Tinggalkan Motor Saat Mudik, Perhatikan Lima Hal Ini

  • 11 Jun, 2018
  • 2427 Kali Dilihat

Mudik bukan cuma memikirkan cara sampai kampung halaman, tapi juga memastikan barang yang ditinggalkan di rumah aman. Sepeda motor salah satunya. Kendaraan roda dua ini tidak bisa dibiarkan teronggok begitu saja. Ada beberapa teknik agar motor tetap prima untuk digunaan saat Anda selesai mudik. Ingin tahu tipsnya?


Kawasaki W175,Motor Fenomenal 2017


1. Koordinasi Dengan Keamanan


Motor termasuk barang dengan kategori rawan pencurian. Lantaran itu, saat meninggalkannya di rumah, sebaiknya koordinasi dengan pihak keamanan setempat. Baik satpam, RT, RW dan Polsek setempat. Bahkan beberapa kantor polisi menyediakan jasa titip kendaraan, supaya lebih aman.


"Datang saja ke kantor polisi terdekat nanti tunjukkan identitas kendaraannya. Kalau itu sah, kami catat," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Reza Arief Dewanto seperti dikutip Liputan6.com.


Tetap kunci ganda motor Anda, meski sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan. Jangan hanya mengandalkan kunci stang. Demi keamanan, tidak ada salahnya kita menambah gembok yang diikatkan ke roda atau rantai motor.


2. Simpan Di Tempat Teduh


Jangan biarkan motor berada di area terbuka. Kalau terpaksa, sebaiknya tutup dengan kover anti-air. Bila terpapar cahaya matahari dan hujan terus menerus, cat motor bisa cepat kusam serta memudar. Pastikan juga Anda meninggalkan motor dalam keadaan bersih dan kering. Hal ini untuk memastikan tidak ada korosi akibat air. Lebih baik lagi, bila motor disimpan dengan standar tengah. Hindari pula ban menyentuh lantai, agar tidak cepat kempis.


3. Isi Bensin Penuh atau kuras habis


Sebelum tinggalkan motor, Anda harus mengisi penuh bensin atau mengurasnya habis. Ini berguna mencegah karat di tangki yang berasal dari bensin menguap. Bila sampai terjadi korosi, banyak masalah bisa terjadi. Misal saja serbuk-serbuk karat larut dengan bensin, kemudian menutup lubang injektor dan menyebabkan motor tidak bisa aktif sempurna. Karat pun tidak menutup kemungkinan jadi penyebab tangki bensin bocor.


4. Cabut Arus Aki


Aki yang terus terhubung ke motor padahal tidak digunakan, berpotensi cepat soak. Hal ini dikarenakan arus listrik terus mengalir, tanpa adanya pengisian daya. Maka ada baiknya cabut arus aki sebelum meninggalkan motor.


5. Waspada Oli Turun


Oli pasti turun ke bagian bawah mesin, ketika motor ditinggalkan dalam waktu lama. Jadi saat pulang mudik, hidupkanlah motor dengan menggunakan kick starter untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki. Bila tidak ada kick starter, hidupkan mesin seperti biasa namun jangan langsung putar gas dalam-dalam. Biarkan motor idle supaya oli bersirkulasi sempurna. (Lod/Odi)


Baca Juga: Kenapa Pilih Kredit Multiguna Motor?

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi