Suzuki Gixxer SF 250 Main di Segmen Kurus, Segini Targetnya Tahun Depan

Suzuki Gixxer SF 250 Main di Segmen Kurus, Segini Targetnya Tahun Depan

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda dua punya jagoan baru di kelas sport yakni Gixxer SF 250. Unitnya sudah ditampilkan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sejak Jumat (12/11) lalu.

Dari segi mesin, Suzuki Gixxer SF 250 disokong jantung pacu berkapasitas 248 cc, 1-silinder, SOHC, 4-katup, pendingin oli (SOCS), dan sudah berpengabut injeksi. Dengan komposisi tersebut, motor ini bisa meletupkan tenaga maksimal sampai 26,5 dk di 9.300 rpm dan torsi puncak menyentuh 22,6 Nm pada putaran mesin 7.300 rpm.

Dari spesifikasi yang diusung, Suzuki Gixxer SF 250 masih mengandalkan mesin bersilinder tunggal. Di mana para kompetitornya seperti Yamaha dan Honda punya model motor seperempat liter 2-silinder, bahkan Kawasaki punya produk 250 cc bermesin 4-silinder.

Motor bermesin 250 cc 1-silinder di pasar Indonesia kurang peminatnya. Kita bisa ambil fakta soal populasi Kawasaki Ninja 250 SL (bermesin 1 silinder) yang minim di jalan, bahkan pabrikan seperti 'menganak tirikan' model tersebut. Ya, sudah beberapa tahun Ninja 250 SL tak mengalami revisi besar.

Suzuki Gixxer SF 250

Lantas mengapa Suzuki justru menghadirkan Gixxer SF 250 yang bisa dibilang ceruk pasarnya kurus di Tanah Air? Teuku Agha, 2W Sales & Marketing Department Head SIS coba menjelaskan. Menurutnya, pihak Suzuki Indonesia ingin coba masuk ke pasar motor 250 cc yang fokusnya bukan untuk kecepatan.

"Ini motor yang cc-nya besar cuman untuk jalan atau touring santai. Jadi memang kita ambil pangsa pasar yang bukan untuk kebut-kebutan. Makanya desainnya seperti itu (Sport Touring)," kata Teuku di pameran GIIAS 2021, ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Dia melanjutkan, Gixxer SF 250 mengincar target konsumen yang gemar menunggangi motor sport namun ramah untuk dikendarai. Kemudian, diproyeksi juga sebagai kendaraan untuk naik kelas dari rider yang sebelumnya menggunakan motor berjantung pacu 150 cc.

"Ini levelnya di tengah-tengah. Jadi kalau kita lihat dari orang-orang yang dulu GSX-150R dulu ingin peningkatan (ke Gixxer SF 250). Tampilannya terlihat santai dan lebih dewasa," jelasnya.

Baca juga: GIIAS 2021: Perluas Layanan, Suzuki Rilis Oli Ecstar Khusus Sepeda Motor

Suzuki Gixxer SF 250

Pasang Target Jualan 60 Unit di 2021

Soal target penjualan, sampai akhir 2021 ini, Teuku mengatakan agar Gixxer SF 250 bisa terjual sampai 60 unit. Di tahun depan, dia tak menjelaskan secara detail berapa jumlah targetnya.

"Sampai akhir tahun (2021) 60 unit. Tahun depan pasti lebih, namun tidak sampai 1.000 (unit). Saya belum cek sudah berapa terpesan, tapi saya dapat foto first customernya sudah ada," jelasnya.

Baca juga: Adu Spesifikasi dan Fitur Suzuki Gixxer SF 250 vs Kawasaki Ninja 250 SL, Pilih yang Mana?

Suzuki Gixxer SF 250

Alternatif Lebih Segar Motor 250 cc Silinder Tunggal

Menyinggung soal siapa rival terdekatnya, Suzuki Gixxer SF 250 lebih cocok bersaing dengan Kawasaki Ninja 250 SL yang sama-sama mengemas mesin 1-silinder.Sebagai model baru yang hadir di Indonesia, motor ini sudah dilengkapi dengan sistem penerangan LED di lampu depan dan belakang, kemudian hadir pula panel meter berteknologi full digital.

Untuk peranti keselamatan, pabrikan juga menyuntiknya dengan pengereman dual ABS (Anti-lock Braking System). Selain itu, guna mempermudah pengendara menghidupkan mesin motor hadir fitur Easy-Start-System.

Secara fitur, motor besutan Suzuki ini memang lebih modern ketimbang Ninja 250 SL yang masih mengandalkan lampu bohlam konvensional, dan absen pengereman ABS.

Tapi perlu dicatat, dari segi performa berdasarkan klaim masing-masing pabrikan, Ninja 250 SL lebih unggul karena menggunakan mesin tipe DOHC yang mampu menyemburkan tenaga maksimal sampai 27.6 daya kuda pada 9.700 rpm dan torsi 22,6 Nm di 8.200 rpm.

Suzuki Gixxer SF 250 diniagakan dengan banderol Rp 49,3 juta OTR dan hadir dalam pilihan warna Triton Blue/Silver (100th Year Anniversary Edition), Metallic Triton Blue, dan Metallic Matte Black. Set harga yang dipasang selisih lebih mahal Rp 13,4 juta dari Ninja 250 SL. (Kit/Faju)

Baca juga: GIIAS 2021: Suzuki Pede Jualan Gixxer SF 250 Meski Bermesin 1-Silinder

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor