• Wishlist

Skutik Rp 30 Jutaan, Bukan Cuma Yamaha Nmax dan Honda PCX

Skutik Rp 30 Jutaan, Bukan Cuma Yamaha Nmax dan Honda PCX

Kendaraan paling pas dipakai sehari-hari melintas kota, ya memang skutik. Simpel karena tidak perlu melakukan perpindahan gigi transmisi. Skutik juga praktis, bagasi luas di bawah jok untuk meletakkan berbagai keperluan pengendara.


Pertanyaannya dari sekian banyak skutik di Indonesia, mana yang harus dibeli? Demi mempermudah pencarian Anda, kami coba membatasi lewat harga. Berikut daftar skutik yang berada di kisaran harga Rp 30 jutaan. Apa saja opsinya? Simak bahasan berikut:


1. Yamaha Nmax ABS Rp 30,2 juta (OTR Jakarta)

test ride Nmax 2018


Nmax pilihan favorit konsumen di harga Rp 30 jutaan. Skutik ini terjual sebanyak 282 ribuan tahun lalu. Nmax punya daya tarik lewat posisi berkendara santai. Kaki bisa selonjor sepanjang perjalanan. Sektor kenyamanan juga ditunjang penggunaan suspensi belakang jenis tabung.


Yamaha membekali Nmax dengan mesin 155 cc berperforma mantap. Jantung mekanis tersebut sanggup menembakkan torsi puncak 14,4 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 15,09 PS pada 8.000 rpm. Fitur keselamatan pun tidak ketinggalan, ada anti-lock braking system (ABS) di kedua rodanya. ABS berfungsi mencegah roda terkunci saat Anda melakukan pengereman mendadak.


2. Vespa LX125 i-Get Rp 31,5 juta (OTR Jakarta)

Vespa LX 125


Skutik ini paling murah dari seluruh lini produk Vespa. Kapasitas mesinnya juga yang terkecil, hanya 125 cc tapi sudah dibekali teknologi i-Get. Kelebihan i-Get diklaim mampu membuat getaran mesin lebih halus dan performa semakin mantap.


LX 125 i-Get cocok untuk Anda penikmat gaya klasik nan elegan. Desainnya gemuk serta membulat, khas Vespa. Tidak banyak fitur yang terbenam di skutik ini. Panel instrumen masih analog, tanpa charger smartphone, apalagi ABS. Fitur andalannya cuma immobilizer yang berguna mencegah pencurian, dengan cara menolak mesin aktif saat kunci yang dipakai bukan bawaannya.


3. Honda PCX ABS Rp 32 juta (estimasi OTR Jakarta)

Honda PCX 2018


Setelah Honda merakit lokal PCX, harganya langsung turun drastis. Tadinya ada di kepala empat, sekarang estimasi sekitar Rp 32 juta untuk varian ABS. Pabrikan berlambang sayap baru berani mengumumkan harga resminya pada Februari mendatang.


Keunggulan PCX anyar, punya posisi berkendara nyaman seperti Nmax. Skutik ini juga punya segudang fitur. Sebut saja panel instrumen digital berlayar besar, idling stop system (ISS) untuk menghemat konsumsi bahan bakar, lampu hazard dan charger smartphone. Honda turut membekali keyless ignition, menggantikan anak kunci konvensional dengan remote canggih. Di dalam remote PCX tersedia dua fungsi lain : alarm sebagai pengingat bila ada maling dan answer back system yang memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir.


Soal mesin, Honda belum memberi spesifikasi lengkap. Mereka cuma mengatakan PCX baru mengadopsi jantung mekanis milik Vario 150. Peranti ABS yang ada di PCX pun cuma satu channel di roda depan, berbeda dengan Nmax yang sudah dua channel (ada di kedua rodanya).


4. Vespa S125 i-Get Rp 33 juta (OTR Jakarta)

Vespa S125 baru


Vespa S125 i-Get ini kembaran LX125. Mesin dan fiturnya sama, perbedaanya cuma di desain. Varian S ini lebih terlihat sportif dibandingkan LX. Lihat saja tubuhnya yang bersudut, lampu depan kotak dan pilihan warna matte di bodi. Jok yang digunakan juga single seater, sehingga tidak bisa berboncengan.


5. Piaggio Liberty Rp 35,7 - 36,3 juta (OTR Jakarta)

Piaggio Liberty


Brand yang satu ini memang tidak setenar Vespa, Honda dan Yamaha. Walau begitu, Piaggio sudah eksis di Indonesia cukup lama. Berada di payung yang sama dengan Vespa, brand ini punya keunikan karena mengusung tema modern. Piaggio Liberty menjadi salah satu contoh skutik modern kelas menengah yang Piaggio jual di tanah air.


Desainnya bongsor, persis motor bebek. Pemakaian ban tubeless 90/80-16 inci di depan dan 100/80-14 inci, menjadikan ground clearancenya cukup tinggi untuk melewati berbagai medan jalan. Fitur keselamatan Piaggio Liberty cukup mumpuni karena sudah dibekali ABS sebagai standar.


Skutik italia ini menggendong mesin 155 cc i-Get, bisa mengeluarkan torsi puncak 13 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 13,05 PS pada 7.750 rpm. Tersedia dua varian untuk Liberty: ABS Rp 35,7 juta (OTR Jakarta) dan S ABS Rp 36,3 juta (OTR Jakarta). Harga S ABS lebih mahal, karena mendapat pilihan warna sportif dengan aksen hitam lebih banyak. (LOD/DDN)


Baca Juga: Motor-motor fenomenal tahun lalu