• Wishlist

Seperti Toyota, Alfa Romeo Andalkan Motor Listrik Buatan Yamaha

Seperti Toyota, Alfa Romeo Andalkan Motor Listrik Buatan Yamaha

Yamaha disinyalir tengah mengembangkan paket motor listrik untuk mobil niremisi. Meski masih dalam bentuk prototipe, alat canggihnya itu telah membantu dalam mengembangkan mobil sport bertenaga listrik. Perdananya diaplikasikan ke Alfa Romeo 4C sebagai unit uji coba.


Pabrikan garpu tala mengklaim sudah mulai menerima pesanan dari model contohnya itu. Dari gambar tersiar, Anda mungkin tidak percaya kalau itu merupakan sebuah motor listrik, lantaran bentuknya menyerupai alat pemotong rumput. Namun jangan salah, bentuk yang kompak itu punya kemampuan luar biasa. Didesain ringkas agar tak makan banyak ruang. Karena itu pula perangkat ini dapat diaplikasi untuk semua model kendaraan. Mulai dari golf car hingga sekelas SUV.


Motor Listrik Yamaha untuk Alfa Romeo


Meski belum ada kejelasan berapa bobotnya, namun dipastikan bisa dengan mudah diletakan di mana saja. Sesuai geometri kendaraan. Mereka menyebutnya Interior Permanent Magnet Synchronous Motor (IPMSM). Selain ringkas, peranti yang dirancang di Iwata, Jepang juga memiliki pilihan output (tenaga).


Baca juga: Italjet Dragster Bakal Muncul di IIMS 2020!


Diduga paket motor listriknya mampu menghasilkan tenaga mulai dari 35 hingga 200 kW atau sekitar 46 hingga 272 Hp. Variasi dayanya itu memudahkan pelanggan menyesuaikan kebutuhan kendaraan yang dirancang. Kelebihan lainnya yakni berkaitan harga dan seputar durability. Ada kemungkinan banderolnya jauh lebih terjangkau ketimbang produk OEM.


Walau masih sebatas produk purwarupa, tidak menutup kemungkinan teknologinya ini dituangkan ke sepeda motor. Seperti kita tahu, di ajang EICMA 2019, Yamaha memamerkan proyek sepeda motor listrik yaitu skuter listrik E01 dan E02.


Motor Listrik Yamaha


Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi bisnis Yamaha "Mentransformasi Mobilitas" yang mewakili visi perusahaan Jepang hingga 2030 mendatang. Mulai berlaku sejak Desember 2018 di bawah panji “ART for Human Possibilities.” Sebuah kampanye dan visi jangka panjang Yamaha secara global.


Untuk diketahui, ini bukan pertama kalinya Yamaha bekerja sama dengan pabrikan mobil. Sebelumnya mereka sudah berkolaborasi dengan produsen otomotif asal Jepang lain, yakni Toyota. Jadi, Yamaha yang kita kenal tidak hanya memproduksi sepeda motor, alat musik serta robot saja. Pabrikan ini juga dianggap sukses membuat mesin-mesin hebat untuk mobil dengan bobot ringan, namun bertenaga besar.


Sejak 1967, Yamaha sudah dipercaya Toyota untuk merancang mesin. Dibuktikan dengan Toyota 2000GT yang menggendong mesin 4A-GE. Mesin serupa dengan Sprinter Trueno AE86. Kolaborasi dua pabrikan Jepang itu juga membuat mesin untuk Celica GT-Four atau dikenal 3S-GTE. Lainnya ada mesin 2ZZ-GE yang dipakai Toyota Celica GT-S dan Lotus Elise. (Bgx/Ano)


Sumber: Ride Apart, Yamaha, Speedhunters


Baca juga: Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Honda Rebel 2020