Benelli Punya Dua Produk Anyar, Meluncur Tahun Ini?

Benelli Punya Dua Produk Anyar, Meluncur Tahun Ini?

Benelli berencana meluncurkan beberapa sepeda motor baru tahun ini. Kabarnya Imperiale 530 dan 600N. Gambar reka masing-masing produk baru itu pun sudah mulai tersebar. Kuat dugaan bakal melantai di Cina pada Juli 2020.


Imperiale 530 digadang menjadi model unggulan di keluarga motor bergaya klasik Benelli. Besar kemungkinan ia menggunakan mesin baru, dan bukan pengembagan dari sang adik. Sebagai perbandingan, versi lebih kecil menggendong mesin satu silinder berpendingin udara 373,5 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 21 Hp 5.500 rpm dengan torsi maksimum 29 Nm di putaran 4.500 rpm. Untuk sang kakak diperkirakan dapat memuntahkan daya sekitar 30 Hp.


Imperialle 530


Jika masuk Indonesia, segmen 500 cc saat ini ada Honda Rebel. Namun sebetulnya mereka dua jenis yang berbeda. Si Jepang mengadopsi tampilan cruiser, sementara sang penantang retro modern. Keluaran tenaganya pun terpaut jauh. Moge Honda paling laris itu tercatat punya daya sebesar 46 hp pada 8.500 rpm dengan torsi 43,2 Nm pada 5.000 rpm. Masing-masing ditempatkan sesuai porsinya.


Untuk tampilan, Imperiale 530 serupa dengan yang berkapasitas 400 cc. Pakai bahasa desain serbabulat, dapat dilihat dari pemakaian lampu utama bundar, panel indikator dan kaca spion berlapis krom bergaya retro. Tangki pun dipahat layaknya motor zaman dulu. Sepatbor depan panjang dengan bahan besi yang nyaris menempel ban. Setangnya ditata dengan gaya klasik untuk memberikan posisi berkendara yang tegak dan santai.


Baca juga: Tak Terlalu Menguras Kantong, Simak Tiga Pilihan Motor Tualang Kelas Tengah Ini


Sama seperti sang adik, memakai suspensi teleskopik biasa untuk depan dan peredam kejut ganda buat belakang. Dari gambar yang beredar, menggunakan sistem pengereman serupa. Tetap pakai tipe cakram depan belakang, masing-masing berdiameter 300 mm dan 240 mm. Lengkap dengan ABS dua kanal.


Beda dengan versi kecil ada pada kursi dan knalpot serta pegangan belakang. Sang kakak menggunakan model menyatu, sedang si 400 cc pakai jenis kursi split. Untuk knalpotnya, 530 dibalut krom lengkap dengan cover pelindung di bagian header dan tengah. Agar pengendara tidak terkena dampak dari panasnya sistem gas buang. Sisanya semua mirip.


Benelli 600N


Di lain sisi, Benelli juga punya kejutan lain tahun ini. Selain Imperiale 530, produsen asal Cina itu juga ingin menelurkan naked bike baru, 600N. Gambar render pun sudah tersebar sejak tahun lalu. Dikabarkan bakal menggantikan posisi TNT600i. Motor ‘telanjang’ yang baru punya tampang jauh lebih modern.


Parasnya benar-benar mencerminkan motor masa depan. Dari depan hingga belakang mengadopsi bodi serbalancip nan kaku. Headlampnya dirancang seperti kepala alien, menghasilkan tampang yang agresif. Jok model terpisah, bukan tandem seperti versi lawas. Namun masih mengandalkan sasis teralis yang sama dengan model sebelumnya. Suspensi upside down dan monoshock belakang eksentrik juga dipertahankan.


Kabarnya bakal menggendong mesin baru berkapasitas 600 cc 4 silinder sejajar berpendingin cairan dengan pembaruan Euro5. Menurut data yang tersebar, ia mampu menghasilkan tenaga 87 hp pada 11.500 rpm dan torsi puncak 54,6 Nm pada 10.500 rpm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan.


Belum ada informasi lebih mengenai harga dari masing-masing produk baru Benelli. Namun keduanya diharapkan bakal resmi diluncurkan setelah masa pendemi corona (COVID-19) ini berakhir. (Bgx/Tom)


Sumber: Bennetts, Bikedekho, Zigwheels


Baca juga: Benelli Berencana Lahirkan Motor Tourer Pesaing Triumph Tiger 1200

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store