• Wishlist

Pesona Ather 450X, Skutik Elektrik Kompak dengan Segudang Fitur

Pesona Ather 450X, Skutik Elektrik Kompak dengan Segudang Fitur

Bukan hanya soal niremisi, Ather Energy merancang skutik dengan kelengkapan modern. Segudang fitur ditanam agar relevan untuk mobilitas harian. Tak semata-mata fokus mengganti teknologi mesin bakar menjadi bersih saja. Penyesuaian perilaku pengendara yang ketergantungan gadget ikut dipikirkan. Sosok kompak bernama 450X ini bahkan dibanderol tak terlalu mahal, kurang dari Rp 30 juta untuk pasar India.


Layar digital di dashboard-lah yang menarik perhatian. Sifatnya bukan sekadar menjadi penerjemah data fundamental. Perangkat ini berbasis Android, memberikan pengalaman bak ponsel pintar. Semua yang bisa dioperasikan gawai, bisa dilakukan di sini.


Spesifikasinya tentu menyerupai telepon genggam. Processor Snapdragon 212 Quad Core menjadi pusat kendali dari display 7 inci. Lengkap dengan memori RAM sebesar 1 GB dan kapasitas penyimpanan 8 GB. Lumayan. Ia juga sanggup menangkap konektivitas 4G LTE dan Wi-Fi.


Ather Energy


Karena menggunakan SIM card sendiri, otomatis sistem kerjanya tak terpengaruh dari gadget pengendara. Lokasi real time motor dapat terus terpantau, meminimalisir risiko motor hilang. Atau paling tidak memudahkan jika sewaktu-waktu terlanjur kecurian. Hal yang jarang ditemukan pada motor premium sekalipun.


Fitur navigasi bawaan juga mengandalkan Google Maps, yang rasanya familiar di semua kalangan. Kita tahu, data mereka begitu lengkap. Tak perlu ragu soal akurasi penunjuk arah. Terjemahan gambarnya pun persis handphone, bukan berupa pictogram. Sistem open source ini juga mempersilakan Anda mengunduh aplikasi sejenis dari Playstore.


Baca juga: Ambil Basis dari Selis E-Max, Universitas Budi Luhur Bikin Motor Listrik


Memutar musik, melakukan panggilan telepon, serta mengirim dan membaca pesan, jelas bisa dilakukan. Lengkap dengan segala jenis platform jejaring sosial. Inilah yang dibutuhkan. Kadang fitur sejenis di merek motor lain, masih terbatas berbagi pesan via SMS. Medium yang mulai jarang digunakan orang.


Ather


Dan bukan cuma soal entertainment, rekaman data kendaraan juga lengkap. Penghitung kecepatan rata-rata, sisa jarak tempuh, waktu dan berbagai hal penting ditunjukkan. Bahkan tertera informasi terkait kondisi tekanan ban, atau jamak disebut Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Semua laporan itu nantinya dapat diakses gadget pengendara melalui koneksi Bluetooth.


Mengenai ruang akomodasi, ternyata tak mengecewakan pula. Volume bersih bagasi mencapai 22-liter, atau hampir menyetarai kapasitas Yamaha Nmax. Cukup besar. Sebab peletakkan baterai ada di bawah dek, jadi tak mengganggu area di balik jok. Super fungsional.


Spesifikasi Teknis


Sumber tenaga 450X berasal dari baterai Lithium-ion 21.700 cell berdaya 2,9 kWh. Sementara motor elektriknya sanggup menerjemahkan tenaga maksimal sampai 6 kW, plus torsi puncak 26 Nm. Sudah lebih dari cukup untuk sekadar motor harian.


Ather 450x


Layaknya skutik elektrik, karakter tenaga bisa disesuaikan, yang terbagi jadi tiga mode berkendara: ECO, Ride dan Warp. Masing-masing tentu berpengaruh pada jarak tempuh. Makin halus respons, makin jauh lajunya. Tapi yang unik, Ather menyiapkan reverse gear. Putaran motor elektrik bisa diset melawan arah. Blusukan atau keluar parkir di tempat sempit kini bukan lagi perkara sulit.


Catatan akselerasinya pun tak mengecewakan. Dari posisi diam ke 40 kpj diklaim tuntas dalam 3,3 detik. Lantas kecepatan puncak berada di angka 80 kpj, serta jarak tempuh maksimal sejauh 85 km.


Sementara proses isi baterai tersedia dalam dua opsi. Jika melalui fasilitas fast charging, tiap satu menit baterai bakal memiliki cukup tenaga untuk jarak 1,5 km. Singkat dan praktis. Tapi kalau menggunakan daya listrik rumahan, sampai terisi penuh memakan waktu hampir enam jam. Standar kebanyakan motor listrik saat ini. (Hlm/Tom)


Sumber: Ather Energy, Ride Apart


Baca juga: Dua Brand Sepeda Motor Listrik Singapura Serbu Indonesia

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store