• Wishlist

NIU NQi GTS Sport Dibanderol Rp 50 jutaan di Amerika, Masuk Sini?

NIU NQi GTS Sport Dibanderol Rp 50 jutaan di Amerika, Masuk Sini?

Dua bulan lalu NIU meluncurkan NQi GTS Sport di Eropa. Skuter listrik canggih asal Cina yang dikenalkan pertama kali di EICMA pada November 2019. Dalam waktu dekat, ia siap dilepas ke pasar Amerika Serikat. Kendaraan niremisi itu kabarnya dibanderol $3.299 atau setara Rp 50 jutaan (kurs $1 = 15,158). Lalu, berapa harganya jika dijual di Indonesia?

Seperti diketahui, NQi GTS adalah skuter listrik pintar yang dibuat oleh perusahaan inovatif asal Cina. Didirikan oleh mantan CTO Baidu (Google Cina) dan mantan karyawan Microsoft. Tujuan mereka adalah untuk menciptakan kendaraan ramah lingkungan berkualitas tinggi dengan teknologi dan desain terbaru.

NIU NQi GTS sejatinya terdiri dari tipe Sport dan Pro. Keduanya sama-sama menggunakan platform NQi-series yang telah diperbarui. Perbedaan paling mencolok dengan versi reguler yakni pada penggunaan pelek 14 inci, mirip skutik konvensional pada umumnya. Suspensi pun dirancang khusus untuk memberikan kinerja yang baik, bahkan di jalan bergelombang dan dalam kondisi berkendara kurang optimal.

Baca Juga: NIU RQi-GT, Naked Bike Elektrik Murah Meriah

Skuter ini ditenagai motor hub lansiran Bosch GmbH dengan daya 3.000 Watt. Masing-masing tipe dibekali baterai 26 Ah (Sport) dan 35 Ah (Pro). Untuk versi sport dapat mencapai kecepatan hingga 70 km/jam dan memiliki jangkauan 80 sampai 100 km dalam sekali pengisian penuh. Sementara varian Pro bisa menempuh jarak sampai 125 km.

NIU NQi GTS detail

Masing-masing disematkan dua baterai lithium yang dapat dilepas dan dibuat oleh Panasonic. Jenis ini serupa dengan Tesla Model S. Ia mampu diisi ulang dengan daya 4 A sedangkan maksimalnya mencapai 40 A. Sepasang komponen itu hanya punya bobot 10 kg dan terdapat fitur fast charging. Hanya butuh waktu 3-4 jam untuk mengisi penuh. NIU juga menawarkan garansi 2 tahun untuk peranti itu.

Pabrikan memberikan perhatian ekstra terhadap keselamatan. Ia dilengkapi dengan sistem pengereman EBS yang menyediakan jarak pengereman 50 persen lebih pendek dari kebanyakan skuter. Sistem ini juga menyediakan Kinetic Energy Recovery System (KERS) atau pengereman regeneratif, energi dari pengereman yang dikembalikan ke baterai.

Headlamp NQi GTS menggunakan LED silikon. Menghasilkan luminositas yang lebih besar sekaligus mengurangi penggunaan energi. Lampu memberikan jarak pandang sekitar 270 derajat, cukup terang dan memberikan efek cahaya melebar.

Versi GTS juga dapat terhubung ke ponsel pintar. Mulai dari pemantauan baterai, GPS hingga riwayat perjalanan. Aplikasi NIU juga membuat pengemudi tetap terhubung dan dapat memberikan informasi mengenai kondisi skuter. Di dalamnya juga menyediakan sistem anti-pencurian (anti theft) yang memperingatkan pengemudi ketika skuter dipindahkan. Dengan GPS, pengguna dapat melacak posisi skuter dalam waktu nyata.

Electric sqooter NIU NQi GTS

Tidak sampai situ saja, banyak fitur canggih dibenamkan. Memiliki cruise control, parking assistant, sistem peringatan keselamatan berbasis sensor, USB charger dan fitur-fitur yang jauh lebih cerdas. Skuter ini juga punya remote control untuk menemukan skuter dalam gelap. Saat ditekan, lampu skuter menyala dan mengeluarkan suara.

Kemudian panel dasbor model digital multi-warna. Sudah berteknologi teknologi IP65 waterproof atau tahan air. Ia juga diklaim dapat kendarai pada saat melewati banjir, namun belum diketahui batas ketinggiannya.

Unit ini tersedia dalam 3 pilihan mode berkendara: E-save, Dynamic dan Sport. Meski terdapat perbedaan, ketiganya menawarkan pengalaman berkendara menyenangkan. E-save untuk yang senang menggunakan dalam konsumsi hemat, Dynamic buat pemakaian sehari-hari, sementara sisanya buat penyuka akselerasi dan kecepatan.

Desain bodi cukup kompak untuk ukuran skuter listrik. Bagian tameng depan tak banyak lekukan, polos dan hanya diisi lampu utama. Area dek juga luas untuk ukuran kaki dewasa. Tepong belakang sedikit mengembung, karena ruang untuk baterai lumayan memakan tempat. Terdapat pegangan untuk pembonceng di tiap sisi. Sementara setangnya pakai model tanpa cover yang ditengahnya ada panel instrumen digital canggih berbentuk pipih.

Untuk pasar Amerika Serikat, NQi GTS Sport mulai tersedia pada 16 Mei. Calon konsumen dapat langsung memesan dengan menyetor deposit sebesar $100. Bagi yang sudah melakukan pre order, ada keuntungan berupa potongan harga sebesar $500. Skuter listrik canggih ini tersedia dalam berbagai warna. Ada putih list merah dan hitam dengan motif garis lurus berkelir putih dan merah.

Seperti diketahui, untuk pemasaran di Indonesia NIU dipegang oleh PT Moove Motors Asia (MMA). Rencananya mereka bakal memboyong varian NIU N-Series termasuk NQi GT. Namun hingga saat ini belum ada informasi lebih mengenai kapan kedatangannya. Bicara harga, untuk N-Series saja dipatok $3.140 atau Rp 44 juta. Tentu untuk versi GTS Sport dan Pro bisa lebih mahal. Bahkan mungkin melampaui yang dilego di Amerika Serikat. (Bgx/Odi)

Sumber: Electrek, e scooter, NIU

Baca Juga: Motor Listrik Energica Siap Dijual di Indonesia