• Wishlist

MotoGP: Penyelenggaraan Mundur Akibat Virus Corona, Ini Jadwal Lengkapnya

MotoGP: Penyelenggaraan Mundur Akibat Virus Corona, Ini Jadwal Lengkapnya

Pembatalan MXGP berdampak pada penyelenggaraan Grand Prix di Argentina. Sempat digadang jadi laga pembuka rider MotoGP, helatan 19 April mendatang itupun akhirnya juga diundur. Agenda terbaru Dorna Sports menuliskan, putaran final di Termas de Rio Hondo berlangsung 22 November mendatang.


MotoGP Qatar Batal Digelar Virus Corona 2020


Status pandemi global virus corona (Covid-19) yang baru saja diumumkan, membuat setiap negara reaktif. Tak hanya membatasi kunjungan, helatan besar yang melibatkan banyak orang pun terpaksa dibatalkan. Pun halnya dengan ajang balap seperti MotoGP. Buktinya sudah terlihat dari pembatalan jadwal balap di Qatar, Thailand dan Amerika Serikat.


Usai putusan terakhir, Argentina ditunjuk sebagai lokasi putaran pertama kelas para raja. Kali itu Dorna masih optimis di mana tak ada perubahan waktu untuk balap di negeri Tango. Padahal, di sana sudah ada beberapa kasus COVID-19. Kecemasan muncul kala pemerintah setempat melarang event balap motocross, MXGP. Dan, benar saja berujung pada penangguhan GP Argentina. Penyelenggara mengubah jadwal helatannya ke 22 November, sepekan setelah GP Amerika (15 November) dan seminggu sebelum balapan terakhir di Valencia (29 November).


Alhasil, GP Jerez didaulat sebagai seri lanjutan setelah Qatar. Belum ada perubahan jadwal, masih tetap di 3 Mei. Begitu pula dengan balapan berikutnya. Ini jadwal baru GP 2020:


1. GP Qatar: 8 Maret


2. GP Spanyol (Jerez): 3 Mei


3. GP Italia (Mugello): 17 Mei


4. GP Catalan (Catalunya): 7 Juni


5. GP Jerman (Sachsenring): 21 Juni


6. GP Belanda (Assen): 28 Juni


7. GP Finlandia (Kymi Ring): 12 Juli


8. GP Ceko (Brno): 9 Agustus


9. GP Austria (Red Bull Ring): 16 Agustus


10. GP Inggris (Silverstone): 30 Agustus


11. GP San Marino (Misano): 13 September


12. GP Spanyol (Aragon): 27 September


13. GP Thailand (Buriram): 4 Oktober


14. GP Jepang (Motegi): 18 Oktober


15. GP Australia (Phillip Island): 25 oktober


16. GP Malaysia (Sepang): 1 November


17. GP Texas (Austin): 15 November


18. GP Argentina (Termas de Rio Hondo): 22 November


19. GP Spanyol (Valencia): 29 November


MotoGP Amerika Serikat Diundur


Kendati begitu, tim maupun pembalap mesti menerima jika rencana yang dimulai di Jerez ini bakal berubah lagi. Dalam beberapa hari terakhir, situasi di Spanyol tak kalah mengkhawatirkan. Speedweek menyebut ada 483 kasus baru di sana, dan sampai kemarin (12/3), sudah 869 orang terjangkit corona. Hingga sekarang sudah ada 86 korban virus corona di negeri Matador.


Hal ini pula yang membuat tim pabrikan KTM membatalkan aktivitas tes privatnya di Sirkuit Jerez, 18-20 Maret nanti. "Melihat kondisi saat ini, tidak masuk akal untuk mengirim karyawan karena di sini kami bertanggung jawab terhadap seluruh staf. Kami juga harus bereaksi fleksibel terhadap situasi sekarang," tulis pernyatan KTM.


Langkah sama diambil pula oleh Aprilia. Tim asal Italia tak dapat bepergian karena ketatnya pembatasan perjalanan. Apalagi pabrik mereka di Noale, terletak di provinsi Veneto yang terkena dampak parah virus corona. Membuat mereka tidak dapat melakukan perjalanan ke Spanyol.


Namun, tidak demikian dengan Honda dan Suzuki. Kedua pabrikan sepertinya bakal tetap menjalankan tes tertutup itu pekan depan. "Sejauh ini saya tidak tahu apa-apa tentang pembatalan," ucap Stefan Bradl, test rider HRC kepada Speedweek. Besar kemungkinan keduanya tetap menjalankan kegiatan itu. Apalagi HRC harus menguji beberapa perangkat yang batal diuji ketika di Qatar. (Ano/Van)


Sumber: Speedweek


Baca Juga: Lorenzo Balapan Lagi di Musim 2020?

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store