MotoGP: Lorenzo Resmi Gantikan Pedrosa di Honda, Petrucci Ke Ducati!

MotoGP: Lorenzo Resmi Gantikan Pedrosa di Honda, Petrucci Ke Ducati!

Baru saja Dani Pedrosa keluar, Repsol Honda sudah punya pengganti. Ternyata pilihan mereka jatuh ke darah Spanyol lagi, Jorge Lorenzo. Pembalap berjuluk X-Fuera itu didapuk sebagai penunggang baru RC213V.

"Honda Racing Corporation (HRC) sangat senang bisa merekrut tiga kali juara MotoGP, Jorge Lorenzo. Pembalap Spanyol itu berada di tim Repsol Honda selama dua tahun," seperti dikutip dari laman balap resmi Honda, hari ini.

"Lorenzo menjadi rekan dari empat kali juara MotoGP, Marc Marquez. Dengan dua talenta terbaik dan harapan besar, itulah yang membuat kami jadi tim lebih kuat dan berkontribusi pada pengembangan HRC," tambah pernyataan itu.

Meski begitu, Lorenzo belum bisa mengenakan seragam Honda di GP Catalunya yang berlangsung dua minggu lagi. Dia harus menunggu sampai musim depan untuk benar-benar kembali ke tim masa lalunya. Ya, Honda merupakan tunggangannya pada 2005 di kelas 250 cc. Sayangnya, tidak lama dan tanpa prestasi. Cuma satu tahun kemudian pindah ke Aprilia. Bersama pabrikan Italia, kesuksesan baru diraihnya dan juara dua musim berturut-turut.

"Pertama-tama saya ingin berterimakasih pada Jorge Lorenzo untuk semua yang telah dilakukannya sebagai pembalap Ducati dan terutama kemenangan hebatnya di Mugello, tentu jadi sejarah tersendiri untuk kami," jelas Ducati Motor Holding CEO, Claudio Domenicali seperti dikutip dari laman resmi MotoGP.

Sementara siapa pengganti Lorenzo di Ducati? Tidak lain, Danillo Petrucci. Dia naik kelas dari hanya pembalap tim satelit, kini ada di tim pabrikan. Petrux akan jadi teman satu tim Andrea Dovizioso dimulai musim depan.

"Menjadi pembalap pabrikan adalah mimpi yang terwujud. Sangat membanggakan jadi pembalap resmi Ducati. Sekarang saya berusaha menyelesaikan musim ini di posisi lima besar, kemudian baru memulai musim baru bersama tim Ducati," papar pembalap Alma Pramac.

Karir Petrucci terbilang unik. Dia pernah menunggangi Ducati lewat tim Barni Racing Team sejak 2011 di ajang Superstock 1000. Satu tahun kemudian, pembalap Italia itu berpisah lagi dengan Ducati dan melenggang ke MotoGP bersama Came IodaRacing Project. Kembali lagi ke Ducati pada 2015, bersama Pramac Racing.

Sebenarnya tidak salah bila tim pabrikan Ducati merekrutnya. Petrucci cukup menanjak dua tahun terakhir. Posisi delapan pada akhir musim 2017 dan musim ini ada di enam besar klasemen sementara.

"Bersama dengan Andrea (Dovizioso), kami yakin bisa melanjutkan kebangkitan ini menuju sukses," ujar Domenicali. (Lod/Odi)

Baca Juga: Lorenzo Juara Mugello, Rossi Ukir Sejarah! 

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor