• Wishlist

Moto Guzzi Bocorkan Spesifikasi V85 TT, Motor Adventure Bergaya Klasik!

Sebelum meluncur di EICMA 2018, spesifikasi Moto Guzzi V85 TT dibocorkan melalui laman resminya. Motor adventure bergaya klasik ini istimewa lantaran punya desain unik. Sekilas desainnya mirip Triumph Tiger, namun punya aura motor jadul yang lebih kuat.



Unsur klasik tampak melalui penggunaan lampu depan ganda berbentuk bulat. Sosok Moto Guzzi V85 TT juga tidak terlalu banyak sudut, persis motor era 80an. Yang membuatnya semakin retro, penggunaan warna-warna mentereng. Contoh sektor rangka dicat merah. Sementara bodinya mendapat kelir kuning kombinasi putih.


Moto Guzzi juga tidak menghilangkan ciri khasnya untuk mesin. Konfigurasi V melintang masih dipertahankan. Pabrikan asal Italia ini mengklaim, jantung mekanis V85 TT bisa memuntahkan tenaga hingga 81 PS. "Sumber tenaganya mesin dua silinder 90 derajat melintang 850 cc berpendingin udara," seperti dikutip dari laman resmi Moto Guzzi.


Layaknya motor adventure, V85 TT dibekali berbagai pelindung untuk menerjang medan beragam. Sebut saja hand guard, engine guard, kover suspensi dan windshield. Pelek jari-jari pun di kedua rodanya disertai penggunaan ban semi offroad. Tidak ketinggalan suspensi jenjang berjenis upside down tampil di depan, khusus yang belakang monoshock tabung.


Meski bergaya adventure klasik, bukan berarti kehilangan fitur-fitur modern. Kuda besi ini justru dapat pencahayaan full LED hemat daya yang membantu visibilitas berkendara di malam hari. Soal keselamatan, rem cakram ganda tersemat di roda depan dan cakram tunggal di belakang untuk menghentikan laju kendaraan secara optimal. Sistem anti-lock braking system (ABS) juga ikut menyertainya. Guna ABS mencegah roda terkunci ketika pengendara melakukan pengereman mendadak.


Panel instrumen V85 TT sudah mengadopsi layar TFT, sehingga tampilannya warna-warni. Informasi yang bisa diberikan oleh komponen ini sangat banyak, mulai dari posisi gigi transmisi, kecepatan, putaran mesin, konsumsi bahan bakar, suhu, jam, jarak tempuh dan lain-lain. Menariknya lagi, dari gambar sepertinya panel instrumennya terintegrasi smartphone untuk mengaktifkan fitur khas petualang seperti navigasi.


"Moto Guzzi berusaha menerjemahkan arti sebenarnya dari petualangan, di mana manusia dan motor saling kerja sama, pergi menemukan tempat-tempat unik dan tidak terduga. V85 TT didedikasikan untuk semua bikers yang senang menaruh telunjuknya di peta, kemudian pergi hingga bertemu aspal terakhir," ujar laman resmi pabrikan yang bermarkas di Mandello del Larion itu.


Apakah motor ini dijual di Indonesia? Entahlah, belakangan ini PT Piaggio Indonsia Distribution (PID) selaku pemegang merek Moto Guzzi tak pernah melakukan aktivitas peluncuran kendaraan baru. Mereka bisa dikatakan setengah-setengah dalam melakukan aktivitasnya sebagai pemegang merek. Sampai sekarang diler Moto Guzzi di tanah air juga cuma satu, lokasinya di bilangan Bintaro, Tangerang Selatan. (Lod/Van)


Baca Juga: Moto Guzzi V9 Bobber Sport Meluncur!