jakarta-selatan

Mengenal SM Sport RX3S, Motor Adventure Harga Terjangkau

  • 14 Jun, 2019
  • 849 Kali Dilihat

SM Sport membawa sebuah motor adventure baru di Jakarta fair 2019. Kabar kemunculannya memang agak sunyi, padahal kuda besi ini menarik untuk diulas. Mereka menamakannya RX3S. Tapi itu baru nama depannya. Layaknya manusia, ia pun punya nama belakang, ZS400GY-2. Kalau digabungkan, sudah seperti nomor kop surat. Sepakati saja memanggilnya SM Sport RX3S.



Motor seharga Rp 88,6 juta OTR Jakarta ini, menawarkan berbagai fitur menarik. Dari mulai mesin 400cc, panel instrumen digital dan tampang keren. Kami yakin saat melihatnya, Anda bakal terkesima. Sekujur tubuhnya dipahat hingga menciptakan sudut-sudut tegas pada setiap sisi. Kesan kekar dan gagah terpancar jelas ala motor adventure.


Tapi satu hal juga yang kami pastikan, setiap orang bakal merasa ia mirip BMW R 1200 GS. Satu sisi, kemiripan ini bisa berdampak buruk. Entah karena diolok-olok barang tiruan dan lain sebagainya. Tapi di sisi lain, Anda bisa berbangga hati memiliki motor keren dengan harga yang cukup murah.


Dari depan ke belakang, tak ada proporsi yang buruk. Headlampnya dikelilingi cover hitam yang menyambung dengan windshield tinggi. Dibarengi rangkaian tulang besi di kanan-kiri fairing. Fungsinya untuk melindungi bodi hingga bagian mesin jika terbentur. Lalu buntutnya juga dipasangkan tulang besi untuk dijadikan bracket box tambahan.


Ia berdimensi bongsor. Total (P x L x T) 2.156 x 900 x 1.380mm, dan wheelbase 1.420mm. Alhasil kaki agak sulit menapak sempurna, karena jarak jok ke tanah menyentuh angka 820mm. Untungnya, mereka menyediakan opsi jok 790mm untuk yang berpostur tak terlalu tinggi. Tapi bobotnya lumayan berat. Menahan beban 200kg agak melelahkan, apalagi saat berada di kemacetan.


Urusan teknis mesin bisa dibilang lumayan baik. Kalau berdasar catatan pabrik, mesin dua silinder segarisnya bisa memacu tenaga 36,7PS di 9.000rpm. Sementara torsi puncaknya di angka 35Nm pada putaran 6.500rpm. Ini berkat kubikasi mesin 378cc dengan ukuran per silinder (Diameter x Langkah) 66x55.2mm. Juga rasio kompresi 10:1. Karakter mesin overbore inilah yang membuat pencapaian torsinya baru mulai di putaran menengah.


Saat memacunya, kecepatan maksimal usai di angka 139kpj. Tak begitu kencang. Tapi klaim konsumsi bahan bakarnya terbilang irit. Satu liter bensin bisa membawa motor hingga 29km. Makanya dalam keadaan tangki penuh (18 liter), motor mestinya sanggup menjelajah sejauh 522km. Tentu efisiensi ini tak lepas dari peran injeksi bensin elektronik.


Menariknya lagi, fiturnya cukup lengkap. Di balik windshield tertanam slot USB dan soket power output 12V. Keduanya memiliki tutup karet agar tak kebasahan saat hujan. Terkait sajian informasi, semuanya sudah digital. Layarnya sangat besar dan canggih untuk ukuran motor seharga ini. Speedometer, takometer, tripmeter, fuel gauge dan suhu tertera. Bahkan layarnya sanggup menampilkan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) secara real time. Tampilan warnanya juga cukup menarik.


Beranjak pada kaki-kaki, RX3S dibekali garpu upside-down dan monoshock di belakang. Sedangkan rodanya memiliki dua opsi. Pertama dengan pelek palang dan balutan ban 110/80 19 inci (depan) dan 130/70 17 inci (belakang). Dan unit yang dipajang menggunakan pelek jari-jari alumunium berbalut ban 110/80 19 inci (depan) dan 130/90 15 inci (belakang). Di setiap peleknya sudah menempel disc brake berukuran besar yang dilengkapi sensor ABS (opsional). (Hlm/Van)


Baca Juga: Suzuki Burgman Street 125 Muncul di GIIAS, Dijual?

Galeri

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi