Mendekati Produksi, Intip Detail Brixton 1.200 cc Pesaing Triumph Bonneville

Mendekati Produksi, Intip Detail Brixton 1.200 cc Pesaing Triumph Bonneville

Banyak yang belum familiar dengan Brixton Motorcycles. Ia merupakan perusahaan roda dua asal Austria, tapi dengan nama yang terdengar seperti Inggris. Walau demikian seluruh lini produknya dibuat di Cina. Model yang menjadi kebanggaanya berkapasitas 125 cc dan 250 cc. Saat ini mereka dipasarkan di Eropa dan Asia.

Kembali pada 2019, Brixton mulai berinovasi dan mengembangkan ke sepeda motor dengan kubikasi lebih besar. Saat itu mereka mengenalkan model 500 cc dan motor konsep 1.200 cc, yang dikategorikan menjadi pesaing Triumph Bonneville. Pada saat itu, perusahaan induk Brixton, KSR Group mengatakan kalau mereka bermaksud untuk memasukkan model purwarupa ke dalam produksi. Tetapi belum ada kejelasan mengenai kapan mulai dibuat. Pihaknya menyebut masih butuh waktu untuk menciptakan kendaraan yang matang secara teknis, dan mampu melebihi kelas standar dengan kualitas tinggi.

Brixton 1200

Pindah ke 2021, Brixton mulai mengincar pasar Amerika dengan unit roadster Paralel-Twin 1.200 cc. Meski belum terdengar info resmi apa pun dari Brixton, KSR akhirnya mengajukan desain ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa. Paten yang didaftarkan merupakan model produksi.

Baca juga: Triumph Scrambler 1200 Steve McQueen Edition Dirilis, Cuma 1.000 Unit di Dunia

Pengarsipan desain terlihat cukup mirip dengan konsepnya, tetapi dengan beberapa perubahan nyata, mengisyaratkan kesiapan produksinya. Dudukan plat nomor adalah petunjuk yang jelas, dengan desain yang menunjukkan sinyal belok belakang sekarang terintegrasi ke dalam spatbor. Kursinya sekarang terlihat lebih realistis ketimbang model konsepnya. Knalpot kembar model peashooter lebih panjang, terihat pada sketsa desain. Ukurannya memanjang hingga melewati swing arm. Kemungkinan untuk patuh terhadap emisi ramah lingkungan. Setidaknya sudah lolos regulasi Euro 5.

Brixton 1200

Ubahan lain termasuk frame tengah, dudukan lampu depan, kaliper rem Nissin dan desain disk cakram. Buat penyangga footpeg penumpang tampak lebih gemuk. Tak lagi dilas melainkan memakai komponen baut, jadi bisa dilepas.

Detail halus seperti tulisan tampak jelas di sekitar rumah kunci kontak, termasuk kunci sebenarnya. Ditambah tanda posisi stang yang tidak hanya menunjukkan bahwa desain siap produksi, tetapi juga menggambarkan ilustrasi fisik sebenarnya. Bukan sekadar dilukis oleh komputer.

Brixton 1200

Terlepas dari tingkat detail pada gambar, tak ada petunjuk lain lagi untuk menyebut dirinya model diproduksi. Brixton tidak memberi nama konsep itu, bahkan ilustrasinya juga tidak mengasih petunjuk apa pun. Tapi sebagian besar model Brixton selalu dinamai dengan nama-nama jalan di London. Macam Cromwell, Sunray, Rayburn, dan Felsberg. Hanya Crossfire saja yang tidak meminjam merek dari nama daerah Ibukota Inggris.

Berkaitan dengan nama, KSR memang mengajukan merek dagang Lexington. Sebutan itu besar kemungkinan menjadi moniker potensial. Untuk diketahui, Lexington St. berada di Soho, daerah yang tidak jauh dari London. Walau belum ada keterangan resmi dari pabrikan, label itu cukup menarik bila dikatikan dengan jajaran produk Brixton yang sudah dijual.

Brixton 1200

Untuk mesinnya dirancang mirip unit dari Triumph. Menggendong mesin dua silinder tegak berkubikasi sekitar 1.200 cc. Boleh dibilang mirip Bonneville. Namun Brixton Twin ditata agar terlihat seperti berpendingin udara meskipun radiator membuktikan sebaliknya.

Dari sudut pandang styling, Brixton jelas terlihat sebagai bagian dari pesaing Triumph Bonneville T120. Tapi apakah dirinya dapat bertahan melawan Bonneville, tentu kita harus melihat jauh ke depan. Di lain sisi, menambahkan model 1.200 cc ke jajaran sepeda kelas 125, 250 dan 500 adalah langkah ambisius perusahaan seperti Brixton. Tentu itu sangat diperlukan jika pihaknya ingin berekspansi ke pasar AS.

Brixton 1200

Sebagai informasi, Brixton Motorcycles berkantor pusat di Krems, Austria. Ia merupakan bagian dari KSR Group, sebuah perusahaan global yang mengimpor sepeda motor dari banyak pabrikan Cina, termasuk CFMoto. Brixton sendiri telah mengekspor unitnya ke 40 negara di seluruh dunia, mulai dari Eropa, Asia hingga Amerika utara dan selatan. Unit yang ditawarkan mulai dari Conwell series, Sunray 125, Felsberg series, Rayburn, Crossfire series hingga minibike Crossfire 125 XS. (Bgx/Tom)

Sumber: Motorcycle

Baca juga: Intip 5 Kustomisasi Keren Royal Enfield 2021

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor