• Wishlist

Begini Cara Modif Jok Motor Penuh Kreasi ala MBtech

Begini Cara Modif Jok Motor Penuh Kreasi ala MBtech

Lewat ajang MBtech Online Design Riding with Style 2019, memberi kesadaran jok motor bisa dimodifikasi dengan penuh kreativitas. Tak ubahnya interior mobil, beragam konsep bisa dituangkan pada bidang yang terbatas itu. Bahkan rasanya, Anda tak menyangka jika melihat kreasi jok berikut.



Kreativitas memang tak mengenal batas. Itu ditunjukkan para peserta gelaran milik MBtech ini. Dalam 4 tahun penyelenggaraannya, mereka menilai karya yang ditampilkan selalu variatif. Pun begitu dengan pesertanya. G Setianto, Director PT Polystar Indonesia (produsen MBtech) menyebut, kini finalisnya tak hanya dari Jakarta.


"Riding with Style (RWS) bertujuan memacu dan meningkatkan kreativitas para pelaku seat maker di Indonesia. Selain tren modifikasi terus meningkat, tahun ini peserta juga tidak hanya datang dari Jakarta. Tapi ada dari beberapa daerah juga. Artinya, RWS sudah menyebar. Tahun ini saja nominatornya dari 6 daerah berbeda," ucapnya di Senayan, Jakarta Selatan (15/8).


Untuk mendapatkan juga bukan hal mudah. Tercatat ada 83 desain jok yang didaftarkan ke fanpage MBtech Riders, selama Februari-Agustus 2019. Selanjutnya, tim juri menyeleksi untuk mencari 15 finalis hingga 10 besar. Barulah pada acara puncak pemenang utamanya diumumkan. Setianto melanjutkan, penilaian berlangsung ketat dan dilihat berdasarkan beberapa aspek.


"Untuk menjaring 10 besar, kami meminta peserta mengirimkan karyanya agar bisa dinilai langsung. Penilaian dilihat dari segi desain, kelaikan, kualitas pengerjaan sampai finishing. Tapi poin besarnya ada pada konsep yang orisinal," papar Setianto.


Benar saja, kebanyakan konsepnya out of the box. Hal itu diakui Edi Pamungkas, Digital Creative Division Manager MBtech. "Selama 4 tahun RWS termasuk sekarang, kami sering mendapatkan karya kreatif yang mencengangkan. Kami bakal terus memfasilitasi para kreator custom jok motor di Indonesia. Sehingga lebih banyak lagi memunculkan hasil karya yang beragam," kata Edi.


Garapan juara 1 RWS 2019, salah satu karya paling out standing. Derrya Khansa mengusung konsep desain Generation Bionic. Sementara bidang yang dipilih, jok Yamaha NMax. Untuk menerapkannya, dia menggunakan lima produk MBtech. Mulai dari MBtech Premium Carrera, MBtech Rider Cruiser, MBtech New Superior, MBtech Camaro dan MBtech Picasso. Hal yang membuat juri kaget, Derry menyisipkan suspensi pada joknya itu.


"Iya, saya pakai 10 suspensi di beberapa tempat. Inspirasinya dari shock motor. Ini juga jadi bagian paling sulit karena harus pas dudukannya supaya tetap berfungsi. Pengerjaannya dari mulai konsep sekitar 3 bulan. Untuk harganya kira-kira Rp 3 jutaan," papar Derry.


Bisa dilihat sendiri hasil dari juara 1 itu. Jelas paling menonjol, apalagi dengan adanya shock. Semuanya juga selaras dan nilai plus dari kami, dia benar-benar memerhatikan fungsi dari shock tadi. Butuh perhitungan dan imajinasi lebih," ungkap Setianto lagi kepada Oto.com.



Selain Derry, desain jok racikan A Faisal Saputra juga tak kalah keren. Usungan Megatron terhadap jok Honda PCX, tampak begitu presisi dan rapi jali. Sama halnya dengan peraih juara 3 yakni Ahmad Syarifuddin. Jok Yamaha Aerox bertema Robo Racing-nya begitu agresif dengan paduan material terbaik MBtech. Berkat kemenangannya, tiga juara ini berhak mendapatkan hadiah jutaan rupiah.



Daftar Juara MBtech Online Design Riding with Style 2019:


JUARA 1



  • Derrya Khansa (hadiah uang tunai Rp 25 juta)

  • Konsep: Generation Bionic/Yamaha NMax


JUARA 2



  • A Faisal Saputra (uang tunai Rp 5 juta)

  • Konsep: Megatron/ Honda New PCX


JUARA 3



  • Ahmad Syarifuddin (uang tunai Rp 3 juta)

  • Konsep: Aerox Robo Racing/Yamaha Aerox 155


Baca Juga: Kawasaki KZ200 Chopperio, Juara Suryanation Palembang