Kymco Ajukan Hak Paten RevoNex Untuk Produksi Massal

Kymco Ajukan Hak Paten RevoNex Untuk Produksi Massal

Kymco RevoNex yang melantai di EICMA 2019, Milan, Italia kabarnya sudah masuk jalur produksi. Pasalnya perusahaan asal Taiwan itu berjanji, motor listrik model E-Roadster miliknya dijual tahun depan. Sekarang mereka telah mengajukan hak paten, namun ada sedikit perbedaan dari model konsep.

Pertama kali muncul memang masih berupa purwarupa. Wujudnya persis naked sport bike pada umumnya. Tapi mereka lebih senang menyebutnya dengan E-Roadster. ‘E’ menandakan kalau dirinya bersumber dari jantung elektrik, dan bodi gambotnya mencirikan motor tipe roadster.

Dalam paten desain yang baru diajukan, ada perbedaaan sedikit di bagain kursi pembonceng. Diwujudkan dengan model jok tipis yang memberikan ilusi seperti menjadi single seat. Kemudian pada suspensi belakangnya juga berbeda tinggi. Selanjutnya desain kaliper dan master rem wujudnya berbeda, namun tetap menggunakan merek Brembo.

Kymco RevoNex

Sepatbor depan juga dibuat berbeda. Untuk produk massal, komponen itu dirancang ulang dan dibuat lebih kecil dengan lubang yang disederhanakan. Terakhir bisa dilihat di bagian roda. Kalau sebelumnya menggunakan lima palang, kini diubah menjadi tujuh dengan model yang berbeda.

Untuk teknologi lainnya sepertinya masih sama. Ada lima keunggulan yang ditawarkan yaitu Gears, Performance, Control, Sound, dan Mode. Paling menonjol hadirnya teknologi yang menggabungkan perpindahan gigi manual dengan penggerak motor listrik. Tidak seperti kuda besi niremisi lain, RevoNex mempunyai 6 gigi transmisi manual dan menggunakan rantai untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang. Ia diklaim mempunyai sensasi yang sama seperti motor bensin berkopling pada umumnya. Dan tampaknya Kymco telah mengajukan hak paten untuk teknologinya ini.

Baca juga: Cicilan Kymco Like 150i Setara Skutik Entry Level

Fitur yang tak kalah penting ada EFA atau Electric Full-range Acceleration. Keberadaan teknologi itu membuat motor mendapatkan akselerasi terbaik, memastikan respons throttle instan dan pengiriman daya seperti tak ada habisnya. RevoNEX diklaim dapat melaju secepat kilat. Untuk mencapai kecepatan 100 kpj hanya membutuhkan waktu 3,9 detik saja. Dan 11,8 detik buat menembus 205 kpj. Sebagai gamabran, gigi keduanya dapat memberikan akselerasi tinggi yang mampu menghasilkan kecepatan hingga 115 kpj. Fantastis!

RevoNex versi produksi

Lebih lanjut, ia dibekali teknologi Full Engagement Performance (FEP) atau lebih mirip dengan Traction Control. Karena memang memiliki fungsi yang sama, mencegah ban selip saat melibas jalan berair atau licin. Dengan kata lain, tenaga yang disalurkan ke roda belakang diatur secara otomatis. Bahkan berkat fitur itu, dapat mencegah ban belakang terangkat saat terjadi hard braking. Fitur ini tentunya memudahkan dan memberi rasa aman kepada pengendaranya.

Untuk memberikan sensasi yang berbeda dengan motor listrik kebanyakan, ia disematkan Active Acoustic Motor (AAM). Saat melaju, motor listrik ini tidak senyap atau silent, melainkan terdengar suara lengkingan layaknya motor konvensional. Itu dihasilkan dari suara getaran generator multi-frekuensi. Jadi suara dapat meningkat, selaras dengan kecepatan dan bunyi perpindahan transmisi juga bisa ditemui pada motor ini.

Seperti motor listrik pada umunya, ia bekali dengan AMP (Adaptive Machine Personality) atau biasa disebut dengan mode berkendara. Dimaksudkan agar pemiliknya bisa mengendarai RevoNex sesuai situasi, tujuan, dan kepribadian berkendara. Terdapat 4 mode; Poised untuk Anda yang ingin berkendara tanpa suara bising di lingkungan pemukiman, Assertive buat pengendara berkarater agresif, lalu ada Bold buat pengendara aktif dan Extreme yang membantu pengendaranya menyalurkan hobi di lintasan sirkuit. Mode tertinggi tentunya paling banyak mengkonsumsi daya baterai.

Seperti kita tahu, Kymco RevoNex merupakan kendaraan yang luar biasa di atas platform listrik. Tampilannya benar-benar gagah, mencerminkan sebuah moge berkapasitas 650 cc sampai 1.000 cc. Tangki kekar dibungkus cover, stang lebar, memiliki desain step-through, roda besar, dan jok bergaya sportbike.

Kymco RevoNex

Headlight dibuat terpisah, sekilas mirip punya MT Series dari Yamaha. Di dalamnya dibenamkan LED Projector lengkap dengan DRL. Bagian belakang dibuat senada, terdapat dua stoplamp garis vertikal memancar cahaya dramatis. Ia tidak memiliki sepatbor di buntut, melainkan menggunakan mud guard yang menyatu dengan lampu sein dan dudukan pelat nomor.

Merujuk pada potongan gambar yang tersebar, terlihat motor ini menggunakan panel instrumen serbadigital. Sekujur tubuhnya mengadopsi lekukan garis tajam, jadi menciptakan kesan agresif. Apalagi dipadu dengan kombinasi kelir putih-hitam serta aksen biru, menunjukkan dirinya ramah lingkungan. Keseluruhan arsitekturnya revolusioner.

Sementara untuk variabel harga sejauh ini belum penjelasan lebih dari Kymco. Dengan segudang fitur canggih yang dimilikinya, setidaknya RevoNex bisa bersaing dengan pabrikan Amerika Seriakat seperti Zero Motorcycle dan Harley-Davidson serta Energica dari Italia. (Bgx/Tom)

Sumber: Cycleworld

Baca juga: Tahukah Anda Banyak Hal Unik dari Kymco Downtown250i

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store