Kenalkan Honda Navi, Bodi Mirip Grom Tapi Mesin Pakai Punya Beat

Kenalkan Honda Navi, Bodi Mirip Grom Tapi Mesin Pakai Punya Beat

Honda Amerika mengenalkan produk baru di jajaran miniMOTO (motor mini) untuk 2022. Adalah Honda Navi, yang ditujukan untuk pengendara yang baru belajar mengendarai sepeda motor. Wujudnya kecil, mudah diakses, menyenangkan dan terjangkau. Bodinya tampak seperti perpaduan Ruckus dengan Grom. Dirinya mengusung mesin serupa dengan Honda Beat yang ada di Indonesia, yakni satu silinder 109.2cc berpendingin udara dan bertransmisi otomatis.

Untuk inspirasi gaya, kita setuju kalau di kelas mini moto tidak ada yang lebih baik dari pada Honda Grom. Tapi Navi menawarkan tampilan dan nuansa sepeda motor kecil nan sporty. Tangki bahan bakar kecil. Setang model medium-rise, jok empuk, dan pijakan kaki bukan papan lantai step-through. Rem belakang digerakkan oleh tuas kaki di sebelah kanan, berlawanan dengan tuas tangan kiri seperti pada skuter.

Honda Navi 110

Paket instrumentasi dengan tampilan sederhana namun fungsional, mencakup speedometer analog dan mudah dibaca serta pengukur bahan bakar yang cukup berguna. Mesinnya terletak di bagian belakang seperti skuter, mengosongkan ruang di depan untuk tempat penyimpanan dan dapat dikunci. Cocok untuk menyimpan buku pelajaran, jaket, atau botol air.

Baca juga: Honda CRF150L Hadir dengan Warna dan Grafis Baru, Aura Adventure Makin Kuat

Sementara rangka, roda, suspensi, mesin, dan knalpot semuanya berwarna hitam. Semuanya diimbangi oleh panel samping berwarna berani, dan bentuknya mirip keluarga motor trail legendaris Honda CRF. Lampu utama yang menonjol memiliki bentuk heksagonal.

Honda Navi 110

Desain rangka dirancang dengan cermat untuk menawarkan penanganan dengan stabilitas yang baik. Berkat sumbu roda yang relatif panjang (1.285 mm), kenyamanan berkendara jgua dapat terjaga. Garpu upside down 26,8 mm dengan peredam kejut belakang tunggal yang dipasang di samping berikan pengendaraan mulus.

Ketinggian kursi cuma 746 mm dan kursi menyempit ke arah depan, sehingga memudahkan pengendara untuk menginjakkan kedua kaki di tanah saat berhenti. Rel pegangan di bagian belakang kursi juga berikan estika rapi.

Honda Navi 110

Rodanya pakai ukuran kombinasi, 12 inci di depan dan 10 inci di belakang. Sementara tugas penghenti laju dilakukan oleh rem depan dan belakang tipe tromol 130 mm, dan rem parkir digerakkan oleh tuas di sebelah kiri stang.

Buat mesinnya, tentu masyarakat Indonesia mengetahui dengan jelas. Ya, ia gunakan jantung mekanis serupa dengan Honda Beat. Bekapasitas 109,2cc, silinder tunggal, dua katup, empat langkah berpendingin udara. Dan tak lupa bersematkan teknologi eSP yang dikenal efisien dalam penghematan bahan bakar. Bore dan stroke masing-masing adalah 55,0 mm dan 55,6 mm, dan rasio kompresinya adalah 9,5:1. Hal ini jelas membuat biaya pengoperasian menjadi sangat terjangkau, terutama jika mempertimbangkan ketahanan dan keandalan yang sudah terjamin.

Honda Navi 110

Seperti Grom, desain Navi menjadikannya kanvas kosong untuk kustomisasi, pemilik bisa mengubah sesuai kebutuhan pribadi. Terdapat dua pilihan dari Honda Signature Accessories. Seperti kit grafis khusus yang berkolaborasi dengan edgy Ikon. Dan lainnya versi Viper Urban Camo yang dirancang oleh pabrikan pakaian berburu dari South Carolina TrueTimber.

Semuanya terbungkus dalam paket miniMOTO menarik dan menyenangkan. Honda Navi 2022 dijadwalkan rilis pada Januari 2022 (Februari di California) dan bakal tersedia dalam warna Red, Grasshopper Green, Nut Brown dan Ranger Green. Kabarnya cuma dijual $ 1.807 atau Rp 25 jutaan. (Bgx/Tom)

Sumber: Cycleworld, Honda News

Baca juga: Resmi Dirilis, Intip Spesifikasi Sport Tourer Honda NT1100

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor