Kazakhstan Menjadi Tuan Rumah Balap MotoGP 2023

Kazakhstan Menjadi Tuan Rumah Balap MotoGP 2023

Dorna Sports resmi mengumumkan Sokol International Racetrack masuk dalam kalender MotoGP 2023. Ya, Kazakhstan menjadi tuan rumah sekaligus negara baru jadwal MotoGP musim depan. Hal ini mereka nyatakan lewat situs resmi kejuaraan pada Selasa (27/9), menjelang digelarnya Seri Thailand di Sirkuit Buriram pada 30 September - 2 Oktober 2022.

KEY TAKEAWAYS

  • Kazakhstan kebagian jadi tuan rumah MotoGP 2023

    Dengan begitu, musim depan bakal lebih padat jadwal dengan berambahnya sirkuit
  • Setelah mengumumkan ekspansi ke India, Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP terus melebarkan sayap, sekaligus mengokohkan posisinya dalam kawasan Asia. Terkini adalah Kazakhstan. Tidak-tanggung, melalui rilis resmi MotoGP menyatakan Kazakhstan menandatangani kesepakatan selama lima tahun ke depan untuk menjadi tuan rumah balap motor paling bergengsi.

    “Kejuaraan Dunia FIM MotoGP akan datang ke Kazakhstan. 2023 menandai dimulainya kontrak lima tahun yang melihat MotoGP mendarat di wilayah baru dunia, saat Sokol International Racetrack yang menakjubkan bergabung dalam kalender. Wilayah ini akan menjadi pit stop baru untuk MotoGP, karena olahraga ini terus berkembang di seluruh dunia, terlibat dengan pasar dan basis penggemar baru,” bunyi pernyataan resmi Dorna Sports, Selasa (27/9/2022).

    Kazakhstan sirkuit

    Negara Asia Tengah dan bekas republik Soviet itu menjadi negara ke-30 yang menggelar balap motor Grand Prix sejak kejuaraan mulai bergulir pada 1949. Dan Sokol International Racetrack bakal jadi venue ke-74 dari tuan rumah MotoGP.

    Baca juga: Dorna Sports Ingin MotoGP Digelar di India, Pakai Sirkuit Bekas Formula1

    Lokasinya terletak 60 km dari kota terpadat di Kazakhstan, Almaty, Sokol International Racetrack memiliki lintasan sepanjang 2,8 mil (4,5 km) dan lebar 15 meter. Sirkuit yang terdiri dari 13 tikungan ini dirancang oleh desainer kenamaan Hermann Tilke. Trek dimungkinkan untuk menyelenggarakan balap, seperti World Superbike, DTM, WTCC, dan kejuaraan lainnya.

    Sirkuit bakal didukung dengan sistem elektronik canggih. Dipasok dari Al Kamel Systems, agar Sokol dapat menyelenggarakan event motorsport dengan dukungan infrastruktur teknologi yang mumpuni.

    “Kami sangat bangga memiliki Al Kamel Systems sebagai mitra baru di bidang utama seperti elektronik khusus,” kata Direktur Sokol International Racetrack, Rahimjan Talipov.

    Kazakhstan sirkuit

    Lima kali juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo, pernah mengunjungi Sokol pada 2016. Kala itu, X-Fuera mengaku terkesan dengan proses konstruksi sirkuit. “Saya sangat menantikan untuk menguji trek dengan mengendarai motor,” ucapnya secara singkat.

    Hadirnya MotoGP Kazakhstan membuat jadwal MotoGP 2023 makin padat dibandingkan musim 2022. Tahun ini terdapat 20 seri balapan, dengan masuknya Kazakhstan, mulai musim depan berarti akan menggelar 21 seri.

    Jumlah 21 seri pada MotoGP 2023 itu tidak termasuk dengan MotoGP Finlandia yang harus dibatalkan karena sirkuit belum selesai tepat waktu. Sedang MotoGP 2023 dibuka di Sirkuit Algarve, Portugal karena Sirkuit Losail, Qatar masih dalam tahap renovasi.

    Sumber: MotoGP, Ride Apart

    Baca juga: MotoGP 2022: Banyak Drama, Jack Miller Raih Kemenangan Pertama di GP Jepang

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature