Ini Harga dan Spesifikasi Lengkap Lambretta V200 Special

Pabrikan skuter matik asal Italia melantai di Indonesia. Lambretta bergerak di tanah air di bawah naungan PT Skuter Motor Indonesia (SMI). Mereka memegang lisensi penuh atas distribusi skutik-skutik merek Italia itu. Lambretta V200 Special adalah salah satu model yang patut ditelisik. Pecinta skutik yang rindu kedatangannya, bisa melakukan pre-order. Harganya Rp 52,5 (OTR Jakarta). Seperti apa spesifikasinya?

“Seperti pendahulunya, Lambretta V-Special memiliki desain frame tubular. Kemudian posisi engine selaras dengan sasis. Mesin diletakkan di bagian tengah untuk menjaga kestabilan skuter. Lambretta seri V200 memiliki desain bodi yang khas. Bentuknya sedikit mengotak dan didukung lampu LED heksagonal. Lambretta V200 juga mempertahankan desain pelek yang ikonik khas skuter Italia. Unit tersedia terbatas dan kami tidak mematok target,” papar Adrianus Donny, Marketing Manager PT SMI di Jakarta Selatan, kemarin (24/4).

Ia memiliki dimensi (PxLxT) 1.890 mm X 695 mm X 1.115 mm dan wheelbase 1.340 mm. Perawakannya agak bongsor. Ketinggian jok motor 800 mm. Di bawahnya terdapat tangki yang sanggup memuat bensin 6,2 liter (termasuk cadangan). Lalu redaman depan pakai suspensi teleskopik atas dan dua suspensi di belakang. Terpasang pula rem cakram 226 mm (depan) dan 220 mm (belakang) pada pelek 12 inci. Bahkan ia menggunakan teknologi ABS yang lebih aman.

Lambretta V200 Special dilengkapi sepasang indikator LED, glove box dengan fitur pengisian daya 12 V, dan desain unik lampu belakang berbasis LED. Tersedia kompartemen bagasi di bawah jok. Namun agak sempit dan hanya bisa memuat satu helm standar.

Bicara soal panel meter, V200 menggunakan perpaduan digital dan analog. Alasannya, speedometer analog untuk memperkuat kesan klasik. Sedangkan layar digital berisi informasi putaran mesin, voltmeter dan penunjuk waktu. Ini yang bikin motor terasa klasik tapi tetap punya kesan moder. Jika Anda ingin membeli, V200 Special punya tiga warna pilihan: black high gloss, white high gloss dan red high gloss.

Jantung pacu yang dipakai berkubikasi 169 cc satu-silinder, 4-tak dan pendingin udara. Mesin memiliki kompresi rasio 10,2:1. Lantaran sudah mengantongi sertifikasi Euro 4, minimal oktan bensin yang diminum RON 95. Dengan sistem penyaluran BBM model injeksi, tenaga yang dilecutkan 12 PS pada 8.000 rpm. Dan torsi puncak yang dihasilkan sampai 12,2 Nm pada 5.500 rpm.

Tenaga itu kemudian disalurkan melalui transmisi CVT dengan tipe final drive belt. Hasilnya, kecepatan maksimal yang diraih hanya sampai 100 km/jam. Lalu apakah Lambretta V200 irit? Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 34,4 km/liter. Dan emisi gas buang CO2 mencapai 68 g/km. (Alx/Van)

Baca Juga: Autovision Siap Luncurkan LED Baru di IIMS 2019, Tahan Lebih dari 10 Ribu Jam!