• Wishlist

Honda CB-F Concept, Calon Pesaing Yamaha XSR Series

Honda CB-F Concept, Calon Pesaing Yamaha XSR Series

Honda Global meluncurkan CB-F Concept melalui Honda Virtual Motorcycle Show di laman resminya (27/3). Motor purwarupa ini selanjutnya dipamerkan di ajang Osaka Motorcycle Show ke-36 2020 dan Tokyo Motorcycle Show ke-47. Meski masih berupa konsep, digadang menjadi pesaing berat Yamaha XSR series.


Menurut website resmi Honda, ia merupakan turunan dari CB Series yang sudah ada sejak enam dekade lalu. Desainnya mengingatkan motor ikonik Honda, CB900F atau CB750F. Bodi serbakotak dengan batok lampu bulat menjadi ciri khasnya. Keduanya pernah diproduksi di 1981 sampai 1983, lalu dilanjutkan pada 2004 sampai 2007. CB empat silinder itu juga pernah sukses dikancah balap terkemuka di Amerika Utara.


Sejarah panjangnya menjadi latar belakang perancangan CB-F Concept. Pihak pabrikan ingin motor legendaris itu tetap ada, namun dengan mengusung teknologi lebih modern. Ia merupakan kombinasi ambisius dan teknologi terdepan. Dari situ terlihat, kalau Honda ingin kembali menuai kesuksesan dari model CB.


Honda CB-F konsep


Meski bertampang klasik, tersemat teknologi modern. Cover lampu yang bulat itu tidak lagi mengandalkan bohlam biasa, melainkan LED. Selaras kemajuan teknologi saat ini. Tangki besar nan kaku yang menyatu dengan bodi tetap dipertahankan, demi gaya sesuai dengan model legendaris. Model joknya yang rata juga tidak mendapat modernisasi. Serta bentuk knalpot berbahan full stainless konstan digunakan, untuk menunjang CB masa lalu.


Baca Juga: Mending Yamaha XSR155 Dibandingkan MT-15? Coba Cek Alasan Ini


Panel instrumen kemungkinan besar model full digital. Tidak lagi pakai desain bulat, melainkan bentuk kotak nan tipis. Di bawah lampu utama terdapat dua klakson, sama seperti pendahulunya. Dari data Honda Global, tercatat dimensi 2.120 × 790 × 1.070 mm (PxLxT). Rangkanya menggunakan struktur mono-backbone berbahan baja, memberikan kekakuan yang dapat menunjang stabilitas.


Untuk menunjang tampilan yang berotot, bagian kaki-kaki dibuat selaras. Suspensi depan tidak lagi mengandalkan teleskopik konvensional, ditukar ke upside down. Agar kesan modern makin kental dan bisa mengimbangi bodi kokoh. Peredam kejut belakang sudah pakai monoshock, meninggalkan shock ganda. Dari gambar beredar, terlihat model single arm alumunium yang ringan dan kuat. Serta pengereman memanfaatkan double cakram dengan tipe radial di depan.


Soal dapur pacu, CB-F Concept bakal menggendong mesin 998 cc DOHC 4-silinder segaris, 4-tak, 4-katup, berpendingin cairan. Sayang belum ada angka yang pasti mengenai daya dan torsi. Namun di dalam siaran resminya tertulis, kuda besi ini memiliki torsi awal yang baik dan tenaga maksimal kuat. Sama seperti model lawas yang pernah dirilis.


Meski masih berupa konsep, tentu banyak yang menilai kalau kehadirannya untuk menyaingi salah satu produk dari Yamaha. Tertuju pada model Heritage, XSR Series. Namun motor klasik modern dari pabrikan’garpu tala’ sudah lebih dulu penetrasi ke pasar.


Di lain sisi, kuda besi bergaya sport retro ataupun neo retro turunan dari CB series telah ditunggu penggemar setianya di seluruh dunia. Modal itu yang membuat mereka percaya diri. Jadi kita tunggu saja bagaimana langkah pabrikan ‘sayap kepak’ selanjutnya! (Bgx/Odi)


Sumber: Honda Global, Honda Jepang


Baca Juga: Modifikasi Honda ADV150 Gaya Adventure, Mudah dengan Produk PnP