Harus Kembali Operasi Lengan, Marc Marquez Mundur dari MotoGP 2022

Harus Kembali Operasi Lengan, Marc Marquez Mundur dari MotoGP 2022

Juara Dunia Grand Prix delapan kali, Marc Marquez memutuskan mundur dari musim MotoGP 2022 setelah Grand Prix Italia. Keputusan tersebut diumumkan oleh Repsol Honda. Alhasil dirinya bakal absen panjang lantaran mau menjalani operasi keempat di Amerika Serikat.

KEY TAKEAWAYS

  • Marc Marquez mundur dari MotoGP 2022

    Setelah GP Italia, Marquez memutuskan kembali melakukan operasi pada lengan
  • Marquez yang berada di posisi ke-12 pada Grand Prix Italia besok, mengatakan dalam konferensi pers luar biasa yang diadakan setelah kualifikasi di Mugello (28 Mei 2022) bahwa dia ingin pergi ke Minnesota untuk operasi. Dan dirinya tidak yakin kapan akan kembali. Semua ini merupakan buntut dari masalah berkelanjutan dengan lengannya yang patah di Jerez pada 2020.

    Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig mengatakan, 18 bulan lalu Marc menjalani operasi terakhir pada lengan kanannya, dan saat itu telah melalui proses rehabilitasi yang panjang, kerja keras dengan kru medisnya di Madrid.

    Marquez

    “Tentu saja kami telah membuat cukup banyak kemajuan, tetapi sayangnya posisinya di atas motor bukanlah apa yang dia butuhkan untuk balapan, karena dia ingin balapan dan memenuhi harapannya di akhir pekan,” kata Puig.

    Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Italia 2022: Fabio Di Giannantonio Rebut Pole Position Perdana

    “Setelah menganalisia situasi akhirnya kemarin, kami mendapat kabar bahwa operasi (lain) dapat dilakukan. Itu harus dilakukan sekarang. Untuk alasan itu Marc akan berhenti setelah Grand Prix ini dan menjalani operasi ini di AS. Sudah lama dengan banyak penderitaan dan kami ingin berterima kasih padanya atas usahanya,” tambah Puig.

    Kini juara dunia delapan kali itu berjuang untuk pulih dari cedera patah tulang kanannya. Setelah menjalani operasi tiga kali, ternyata tidak membuatnya sembuh. Pemasangan pelat baru hingga pencakokan tulang pun sudah dilakukan. Infeksi menjadi penyebab utama, sehingga membutuhkan pengobatan antibiotik yang lama.

    Marc Marquez kecelakaan

    “Sejak saya mengalami cedera pertama (lengan kanan) semuanya menjadi rumit dan infeksi adalah yang terburuk. Para dokter melakukan pekerjaan luar biasa untuk merawat dan memulihkan tulang saya,” kata Marquez.

    “Saya tidak lagi menikmati balapan. Sekarang memiliki banyak rasa sakit dan kehilangan tenaga, jadi tidak bisa berkendara seperti yang saya inginkan. Saya juga mulai cedera bahu karena terlalu banyak mendorong lengan kiri untuk mengimbangi,” tambahnya dalam konferensi pers luar biasa setelah sesi kualifikasi MotoGP Italia.

    Saat ini tidak ada timeline tentang kembalinya Marquez. Dia berkata akan segera kembali setelah operasi ini, namun dirinya tidak bisa memastikan kapan bakal kembali. “Saya tidak tahu persis kapan, tapi sekarang saatnya untuk operasi, karena dokter mengatakan ada masalah lain dan juga operasi harus dilakukan secepatnya.”

    Ketika Marquez pertama kali patah lengan, butuh delapan bulan baginya untuk kembali ke balapan. Dan ketika dia melakukannya, butuh beberapa bulan lagi sampai dia kembali ke performa terbaiknya. Tercatat pada 21 Juli 2021 dirinya melakukan operasi pemasangan pelat. Namun usaha itu gagal lantaran akumulasi stres yang disebabkan oleh upaya untuk kembali beraksi pada akhir pekan berikutnya.

    Pelat baru kemudian dipasang pada 3 Agustus di tahun yang sama, tetapi karena pemulihan berlangsung lama, semuanya tidak berjalan sesuai rencana. Operasi ketiga ini berlangsung selama 8 jam termasuk pencangkokan tulang dan pelat baru. Kemudian diperlukan penanganan lebih lanjut pada 4 Desember 2021. Sembilan bulan absen, Marquez akhirnya dinyatakan fit untuk kembali menjalani MotoGP di Portimao pada April 2022. (Bgx/Tom)

    Sumber: Crash, Visordown

    Baca juga: Akibat Konflik dengan Rusia, MotoGP Finlandia Terpaksa Ditunda hingga 2023

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature