Akibat Konflik dengan Rusia, MotoGP Finlandia Terpaksa Ditunda hingga 2023

Akibat Konflik dengan Rusia, MotoGP Finlandia Terpaksa Ditunda hingga 2023

Gelaran MotoGP seri ke-12 di Finlandia tahun ini terpaksa harus ditunda hingga 2023. Permasalahannya dipicu beberapa hal, mulai dari proses homologasi lintasan sirkuit yang belum selesai hingga tensi geopolitik yang memanas antara Finlandia dan Rusia.

KEY TAKEAWAYS

  • FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) memutuskan untuk menunda seri balapan MotoGP Finlandia pada tahun ini

    semua pihak telah sepakat bahwa debut trek harus ditunda hingga 2023
  • Ketegangan Rusia dengan Ukraina memang memutus rantai pasokan global karena sederet sanksi terhadap Rusia. Beberapa negara pun mengambil kebijakan, termasuk Finlandia yang berencana bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), hal inilah yang ditentang oleh Rusia hingga mengambil langkah tegas memutus pasokan gas ke Finlandia.

    Dengan berbagai pertimbangan, badan pengatur balap sepeda motor atau FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) memutuskan untuk menunda seri balapan MotoGP Finlandia pada tahun ini.

    "Pekerjaan homologasi di KymiRing, bersama dengan risiko yang disebabkan oleh situasi geopolitik yang sedang berlangsung di kawasan itu, dengan berat hati mewajibkan pembatalan Grand Prix Finlandia pada 2022," tulis MotoGP di laman resminya, Rabu (25/5).

    GP FInlandia

    Tahun ini sebenarnya adalah momen comeback untuk Finlandia kembali menggelar balap elite MotoGP setelah vakum selama 40 tahun lamanya. Negara ini terakhir menjadi tuan rumah MotoGP pada 1984, tapi dengan invasi Rusia ke Ukraina dan langkah Finlandia yang menutup jalur kereta ke St Petersburg, hingga rencana bergabung dengan NATO rasanya akan sulit terwujud.

    "Oleh karena itu, semua pihak telah sepakat bahwa debut trek harus ditunda hingga 2023, ketika MotoGP berharap untuk kembali ke Finlandia untuk pertama kalinya dalam 4 dekade," terang MotoGP lagi.

    Sebagai informasi, penundaan seri GP Finlandia adalah hasil dari pertimbangan dari FIM, IRTA, dan Dorna Sport. Maka dari itu dengan absennya Finlandia dari kalender balap MotoGP 2022 seri balapan akan menjadi 20 dari semula berjumlah 21 seri.

    Alhasil setelah seri MotoGP Jerman di Sirkuit Assen pada 26 Juni mendatang akan langsung bertolak ke GP Inggris di Sirkuit Silverstone pada 10 Juli 2022 menggantikan Sirkuit KymiRing di Finlandia.

    GP FInlandia

    Finlandia Dicoret Juga Tahun Lalu

    Tahun lalu seri balapan Finlandia juga dicoret dari daftar kalender MotoGP. Pertimbangannya saat itu karena rumitnya melakukan perjalanan ke negara tersebut di tengah pandemi COVID-19.

    Nah meski sudah 2 kali batal menggelar balap MotoGP tak mengurangi jatah Finlandia sebagai tuan rumah hingga 2026 mendatang. Semoga saja musim 2023 nanti negara ini bisa kembali menggelar MotoGP tanpa adanya konflik, permasalahan teknis, dan tensi geopolitik yang memanas. (KIT/RS)

    Baca juga: Shoei Rilis Helm Grafis Retro Bertemakan Marc Marquez

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature