Harley-Davidson 350 cc Pakai Basis Motor Cina QJ350?

Harley-Davidson 350 cc Pakai Basis Motor Cina QJ350?

Proyek Harley-Davidson bermesin kecil 350 cc dikabarkan menggunakan basis QJ350. Informasi itu terkuak dari gambar paten yang bocor. Menurut dokumen tersebut, tenaga yang disalurkan dari mesin pararel twinnya itu sebesar 36 Hp. Dijadwalkan bakal muncul di tahun ini.


Awalnya pada 2018 Harley-Davidson mengatakan bakal meluncurkan sepeda motor berkapasitas 250 sampai 500 cc dalam dua tahun ke depan. Pada Juni 2019, perusahaan mengumumkan kolaborasinya dengan Qianjiang dan berjanji untuk mengembangkan sepeda motor Harley-Davidson secara bersama-sama. Secara spesifik target mereka yaitu memasarkan produk premium kelas menengah di Cina dan Asia.


QJ350


Kemudian pada medio 2019, beredar rumor HD menggarap motor berkapastias 350 cc turunan dari Benelli 302S buatan Qianjiang. Bahkan gambar yang tersebar menampilkan sasis dan swingarm identik dengan desain Harley. Ciri khas paling mencolok ada pada tangki berwarna jingga lengkap dengan logo kebanggaan motor asal Amerika Serikat.


Namun isu yang beredar sekarang berubah. Justru dokumen yang bocor saat ini memberi sedikit kejelasan tentang produk barunya itu. Terungkap kalau HD berkapasitas kecil memakai produk berlabel QJMotor. Ialah merek "high-end" Qianjiang yang baru diluncurkan untuk pasar Cina, dibangun dan didesain ulang serta punya spesifikasi lebih tinggi dari Benelli. Produk pertamanya ada SRK600 empat silinder roadster, dan segera meluncur SRG600 bermesin sportbike serta SRB750 model adventure.


Karena didasari sebagai motor premium, maka menggunakan basis mesin dari QJ350 lebih layak. Dari situ bisa terlihat kalau dirinya nanti pakai mesin dua silinder 353 cc yang baru dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 36 Hp. Angka itu sebenarnya 2 hp lebih kecil dari yang dicapai Benelli 302S. Alasan paling utama yaitu karena ada pembatasan emisi. Namun yang pasti, motor makin ringan dan lebih mengandalkan torsi ketimbang power.


Rangka dan swingarm yang nantinya digunakan masih sama dengan gambar yang beredar sebelumnya. Sementara bagian lainnya juga serupa, yang terinspirasi dari motor flat track Harley-Davidson. Tapi jangan berharap banyak soal mesin konfigurasi V-Twin khas mereka.


HD 350 Image Maxabout


Sementara dari gambar yang menunjukkan sebagai QJ350, ada beberapa elemen yang dipastikan nempel di Harley Davidson 350 cc. Seperti cluster instrumen TFT full colour, keyless, penggunaan rem ABS Bosch 9.1MB, ada pula suspensi upside down dengan cakram ganda di depan. Jika benar, motor asal Milawaukee itu dandani layaknya HD350 dengan bodywork yang sesuai dengan jajaran modelnya saat ini.


Namun beberapa minggu yang lalu, pabrikan dari negeri Paman Sam mengumumkan akan mengurangi produksi dan membatalkan rencana ekspansi “More Roads to Harley”. Ambisi mereka saat ini yaitu melakukan strategi baru yang jauh lebih konservatif. Salah satu fokus utamanya adalah mengatur ulang jadwal peluncuran model baru dan berpotensi memangkas beberapa proyek yang tidak sesuai dengan ruang lingkup perusahaan. Tapi peluncuran Harley-Davidson HD350 untuk negara-negara Asia diharapkan sebelum akhir tahun. Semoga terlaksana. (Bgx/Tom)


Sumber: Cycle World, Ride Apart, Maxabout


Baca juga: Kustom Harley-Davidson Heritage Softail Classic, dari Touring Jadi Bobber Harian

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store