Hadirnya Yamaha E01 Tak Buat AHM Ubah Strategi untuk Honda PCX Listrik, Masih Terus Disewakan

Hadirnya Yamaha E01 Tak Buat AHM Ubah Strategi untuk Honda PCX Listrik, Masih Terus Disewakan

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menginformasikan langkah pengembangan motor listriknya, Yamaha E01 di Tanah Air. Sebelum benar-benar menjualnya, mereka akan melakukan uji coba sebanyak 20 unit E01 di semester ke-2 2022 dengan pemakaian minimal selama 1 tahun.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa kabar PCX Electric?

    Masih ada. Masih tetap dijajakan dengan skema sewa.
  • Ada di mana sewa PCX Electric?

    Di beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, sampai Bali
  • Jadi tidak akan dijual bebas?

    Belum. AHM masih mempelajari berbagai aspek.
  • Kedatangan Yamaha E01 tentu jadi lawan imbang dari Honda PCX Electric yang lebih dulu diperkenalkan pada 2019 lalu. Kendati demikian, PT Astra Honda Motor (AHM) belum berniat menjual secara ritel PCX electric ke publik, hampir 4 tahun motor ini masih diniagakan dengan sistem sewa atau B2B.

    Yamaha E01

    Direktur Marketing PT AHM Thomas Wijaya mengatakan pandemi COVID-19 yang menggempur Indonesia jadi salah satu penyebab studi untuk menjual secara ritel PCX Electric di Indonesia terhambat.

    "Memang di awal sampai dengan hari ini kita masih skema B2B rental. Dua tahun terakhir setelah kita launching PCX Electric, pandemi COVID-19 melanda. Studi dan semuanya menjadi mengalami kemunduran," kata Thomas dalam sesi konferensi pers virtual, Senin (25/4).

    Honda PCX Electric

    Dia menambahkan, saat ini Honda terus mempelajari berbagai aspek terkait kendaraan listrik dan perkembangannya, mulai dari performa, safety, dan kebiasaan masyarakat terhadap motor listrik. Saat ini, PCX listrik direntalkan di beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, sampai Bali dan hasil dari itu akan dikumpulkan untuk dipelajari peluangnya dijual secara resmi.

    "Kami masih melanjutkan untuk melakukan studi itu yang harapannya kita bisa mempelajari banyak hal di sisi konsumen untuk melakukan swapping atau charging baterainya. Termasuk bagaimana behavior dari sisi jarak tempuh kemudian cara kecepatan, dan apakah penggunaannya untuk single atau tandem riding," jelasnya.

    Janjikan Ada Motor Listrik ‘Baru’ di 2024

    baterai Honda PCX electric

    Masih mengacu penjelasan Thomas, sejalan dengan strategi pabrikan dan beberapa rencana dengan partner di 2024 AHM akan akan meluncurkan satu motor listrik yang statusnya bisa dimiliki secara pribadi oleh konsumen.

    "Tentu inline dengan apa yang sudah disampaikan juga oleh partner kami, kita harapkan di 2024 sudah bisa menemukan suatu model yang memang cocok dengan masyarakat Indonesia. Dari sisi penggunaan, infrastruktur, safety, kenyamanan, termasuk performanya. Kita harapkan bisa dapat itu," masih kata dia.

    "Kita terus lihat kondisinya bagaimana dengan kebutuhan konsumen. Kita akan sesuaikan untuk nanti bisa launching atau hadirkan model baru yang sesuai dengan kondisi masyarakat," katanya. (KIT/RS/IND)

    Baca juga: 5 Alasan Mengapa Honda Vario 150 Bekas Cocok untuk Tunggangan Lebaran

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature