Gresini Racing Luncurkan Tim, Sekaligus Debut Indonesian Racing di Ajang Moto2 dan Moto3

Gresini Racing Luncurkan Tim, Sekaligus Debut Indonesian Racing di Ajang Moto2 dan Moto3

Gresini Racing luncurkan tim yang pentas di Moto2 dan Moto3 musim 2021 secara virtual. Peluncuran ini sekaligus menjadi debut Indonesian Racing berkancah di kejuaraan balap motor kelas dunia. Selama satu musim, brand asal Tanah Air terpampang di Federal Oil Gresini Moto2 dan membentuk nama tim Indonesian Racing Gresini Moto3.

Indonesian Racing (IR) adalah merek tim balap motor Indonesia yang digagas oleh MP1, perusahaan manajemen olahraga asal sini. Mereka juga merupakan strategic partner Gresini Racing. Misinya yaitu mengibarkan bendera Merah Putih di ajang kejuaraan dunia MotoGP. Khusus untuk kelas Moto3, IR menyandang titel sponsor utama. Alhasil tim turun dengan nama Indonesian Racing Team Gresini Moto3.

Gresini Racing - Indonesian Racing Moto3 & Moto2

"Bersama Gresini Racing sebagai mitra strategis, kami menciptakan Indonesian Racing. Ini adalah langkah pertama kami untuk ke MotoGP dan mempersembahkan kemenangan bagi Indonesia," ungkap CEO MP1 Racing, Rocky Soerapoetra dalam jumpa pers virtual, Rabu (17/2).

Gelaran daring ini juga dihadiri oleh dua rider Moto3, Gabriel Rodrigo dan Jeremy Alcoba, serta dua rider Moto2, Nicolo Bulega dan Fabio di Giannantonio. Sayang, acara ini tak dihadiri oleh sang pemilik sekaligus Manajer Tim, Fausto Gresini. Dia masih bergelut untuk sembuh dari virus Covid-19 yang sudah menyerangnya cukup lama. Hingga saat ini masih terbaring di rumah sakit.

Gresini Racing - Indonesian Racing Moto3 & Moto2

Baca juga: Berharap Indonesia Bisa Ikut MotoGP, MP1 Gandeng Gresini Racing

“Mungkin semua orang tahu, bahwa kami memiliki hubungan khusus dengan Indonesia. Dan ini bukan hanya karena banyaknya sponsor Indonesia, tapi yang terpenting, kami tahu bahwa Indonesia tergila-gila dengan MotoGP. Dan kami menyukainya,” ucap Communication & Marketing Manager Gresini, Carlo Merlini, melalui video conference.

Seperti kita tahu, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, memang telah banyak produk-produk asal Indonesia yang bekerja sama dengan skuad balap Italia tersebut. Mulai dari Federal Oil, Aspira, Astra Otoparts, Antangin dan Bold Xperience.

Gresini Racing - Indonesian Racing Moto3 & Moto2

Livery dan Logo Indonesia Racing

Selain mengenalkan tim yang berlaga di Moto2 dan Moto3, Gresini Racing juga merilis livery anyar untuk musim 2021. Untuk Federal Oil Gresini, corak motor mereka tak banyak berubah dari musim-musim sebelumnya. Masih didominasi oleh warna merah dan putih seperti bendera Indonesia, sekaligus warna khas Federal Oil selaku sponsor utama. Motif dan grafis yang menempel pun tak beda jauh dari model sebelumnya.

Paling menarik justru datang dari Indonesian Racing Team Gresini Moto3. Mengalami perubahan besar setelah brand Indonesia datang. Jika pada tahun-tahun sebelumnya memakai warna biru, kini mengenakan warna merah dan hitam. Pada bagian fairing terdapat motif batik khas Indonesia. Logo Indonesian Racing dengan warna putih dengan ukuran besar pun ikut menghiasi di kanan dan kiri motor Honda NSF250RW.

Gresini Racing - Indonesian Racing Moto3 & Moto2

“Batik yang ada di levery itu berasal dari keraton di Jawa Tengah dan dimodikasi oleh desainer dari Italia. Kami sengaja melakukan untuk membawa budaya Indonesia ke kancah Internasional,” ungkap Chief Operating Officer (COO) MP1 Indonesian Racing, Ance Dewianti.

Sementara Alcoba mengatakan, warna tungganannya cukup menarik. “Ini membuat saya tak bisa berkata-kata. Saya sangat suka dengan warna klasik, tapi saya harus bilang tampilan baru ini sangat menawan," katanya, dikutip situs resmi MotoGP.

Musim ini, Indonesian Racing Team Gresini Moto3 kembali menduetkan Gabriel Rodrigo dan Jeremy Alcoba. Rodrigo, yang berasal dari Argentina didapuk menjadi andalan tim untuk memperebutkan podium dan kemenangan, dan bahkan gelar dunia.

Alcoba, yang musim lalu merebut gelar debutan terbaik Moto2, dan meraih podium perdananya dengan finis ketiga di Portimao, Portugal, diharapkan bisa tampil jauh lebih kompetitif tahun ini. Setidaknya bisa konsisten bertarung di papan atas. (Bgx/Tom)

Baca juga: Satu Dekade Bersama Gresini Racing, Federal Oil Konsisten Bawa Indonesia di Ajang Moto2