Satu Dekade Bersama Gresini Racing, Federal Oil Konsisten Bawa Indonesia di Ajang Moto2

Satu Dekade Bersama Gresini Racing, Federal Oil Konsisten Bawa Indonesia di Ajang Moto2

Federal Oil kembali menjadi sponsor utama Gresini Racing. Ini merupakan tahun ke-10 brand asal Tanah Air bermitra dengan tim Italia. Selama satu dekade, mereka konsisten bawa nama Indonesia di ajang balap berskala internasional, salah satunya Moto2. Pada musim balap 2021, tim yang didukung oleh perusahaan pelumas kebanggaan Indonesia diperkuat oleh Nicolo Bulega dan Fabio Di Giannantonio.

Kemitraan dan hubungan harmonis antara Federal Oil dan tim Gresini Racing dimulai sejak 2012. Kerja sama keduanya ditandai dengan resminya penandatanganan kontrak sebagai sponsor utama di tim Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2). Itu juga menjadi tahun pertama bagi FOGM2 berkompetisi di ajang balap internasional kelas Moto2.

Patrick Adhiatmadja selaku Head of Indonesia Lubricants Market ExxonMobil menyampaikan, pihaknya senang bisa memperpanjang kemitraan untuk musim 2021 dengan tim Gresini Racing. Tak lupa ia berterima kasih dan mengapresiasi Fausto Gresini serta seluruh keluarga Gresini Racing, karena Federal Oil dapat melanjutkan perjalanan ini bersama.

Federal Oil Gresini Racing Moto2

"Kami berdua (Federal Oil dan Gresini Racing) ingin kembali menjadi sorotan. Kami ingin bersaing di puncak klasemen. Selamat datang di tim FOGM2, Diggia! Menantikan musim 2021 yang lebih baik dan mari kita buat pengendara motor Indonesia bangga melihat merek Federal Oil memberikan performa terbaik di sirkuit terbaik di seluruh dunia, termasuk GP Mandalika pertama kami," terang Patrick dalam keterangan resminya, Kamis (17/12).

Baca juga: Berharap Indonesia Bisa Ikut MotoGP, MP1 Gandeng Gresini Racing

Senada dengan Patrick, Fausto Gresini, Federal Oil Gresini Moto2 Team Manager juga antusias menatap musim balap tahun depan. "Tujuan kami adalah untuk kembali menjadi salah satu protagonis dalam kategori yang sangat penting dan kompetitif ini," katanya.

"Untuk melakukannya, kami membutuhkan tambahan yang kuat dan segar seperti Di Giannantonio dan terutama konfirmasi penting oleh Federal Oil untuk musim kesepuluh bersama kami. Ini adalah perjalanan yang dimulai pada tahun 2012 yang kami jalankan dengan tingkat sinergi yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Terima kasih saya kepada Federal Oil, kami siap untuk tahun 2021 yang benar-benar penting,” tambah Fausto Gresini.

Untuk diketahui, sejarah panjang Federal Oil dengan tim Gresini Racing telah dilalui dengan berbagai prestasi. Para pembalap yang pernah membela, ada Gino Rea, Xavier Simeon, dan Sam Lowes. Meski didominasi oleh pembalap asing, namun Federal Oil Gresini Moto2 pernah memberikan kesempatan bagi rider. Itu terjadi pada tahun kedua FOGM2 berkompetisi di ajang balap internasional.

Kala itu nama Federal Oil Gresini Moto2 semakin diperhatikan oleh publik di Indonesia, apalagi Doni Tata yang menjadi pembalap andalannya. Meski Doni pernah mencicipi GP250, namun bersama Federal Oil, ia menjadi rider Tanah Air pertama yang tampil diajang Moto2, karena regulasi Moto2 memang baru dimulai sejak 2013.

Terbukti pembalap asal Yogyakarta itu pernah meraih satu poin selama satu musim kompetisi di Moto2 musim 2013. Tentu hal yang tidak mudah bagi Federal Oil dan Doni Tata yang masih menjadi 'anak baru' di Moto2. Tak hanya rider kelahiran Sleman, Federal Oil Gresini Moto2 juga pernah memberi kesempatan bagi Dimas Ekky untuk merasakan ketatnya persaingan di ajang Moto2. Dimas dapat wild card di seri Sepang, Malaysia bersama Federal Oil di 2017.

Perjalanan Federal Oil Gresini Moto2 juga pernah merasakan sebagai tim yang diperhitungkan, pada musim 2016. Sam Lowes pembalap yang diandalkan mampu meraih posisi kelima di klasemen akhir. Peringkat lima adalah posisi terbaik pembalap yang pernah dikontrak oleh FOGM2. (Bgx/Tom)

Baca juga: Bantu Kembangkan Ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik, Grab Siapkan KBL dan SPBKLU di Bali