• Wishlist

Gajah Tunggal Luncurkan IRC Ecotrax, Ban Baru untuk Honda Beat dan Sejenisnya

Gajah Tunggal melalui merek ban motornya, IRC Tire, menghadirkan pilihan baru buat pengguna skutik di Indonesia. IRC Ecotrax dengan diameter 14 inci ini, tipe ini cocok untuk pengguna Honda Beat dan sekelasnya. Dikembangkan dari lini terdahulu, yaitu IRC Enviro yang sudah terkenal ramah lingkungan. Namun, Ecotrax diklaim punya durabilitas lebih unggul. Serta nilai ekonomisnya lebih baik.

IRC Ecotrax

Tak dipungkiri, pasar skutik entry level masih mendominasi jalanan Tanah Air. Apalagi segmen skutik juga berkontribusi sebanyak 70% dari penjualan ban IRC di Indonesia. Hal inilah yang mendasari mereka untuk terus berkembang. Termasuk keputusan merilis ban baru, Ecotrax.

Ban peruntukkan harian ini menggunakan compound khusus. "Berdasarkan hasil riset yang kami lakukan, IRC Ecotrax memiliki hambatan gulir lebih rendah sehingga dapat mengurangi beban kerja mesin dan berimbas pada penggunaan bahan bakar yang lebih efisien,” kata Leonard Gozali, Head of Marketing Division PT. Gajah Tunggal Tbk (produsen ban IRC Tire).

Saat peluncuran di Proving Ground Gajah Tunggal, Karawang, Jawa Barat (14/11), dia menjelaskan Ecotrax didesain sesuai kebutuhan, karakteristik dan kondisi jalan yang ada di Indonesia. Dibuat dengan tipe tubeless sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Hal yang tak kalah penting adalah soal durabilitas atau umur pakai.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development menyebut ban ini sudah dites dengan jarak tempuh cukup jauh. "Ban ini sudah dites sejauh 17.000 km dan tidak jebol atau pun bermasalah. Bahkan di belakang (jok penumpang) sudah ditambahkan beban tambahan. Kami menggunakan pemberat dua kali lipat dari beban standar ban. Sebagai antisipasi kalau pemilik motor itu over weight plus membawa barang. Terbukti aman menempuh rute Tanggerang-Cianjur-Tanggerang," papar Dodi kepada Oto.com

Menyoal performa itu juga tak lepas dari peracikan ban itu sendiri. Faktor kenyamanan ditawarkan lantaran memiliki patern lebih halus dari Enviro. Efeknya, hambatan menjadi lebih rendah. Otomatis pula meningkatkan kenyamanan. Terutama mengurangi vibrasi bagi pengendara. Selain itu, Ecotrax memiliki lapisan untuk mengurangi transfer panas dan mencegah kebocoran angin saat ban tertusuk paku.

IRC Ecotrax

Ecotrax sendiri tersedia dalam beberapa ukuran. Mulai dari 70/90-14, 80/90-14 dan 90/90-14. Berarti ini bisa menjadi opsi skutik seperti Honda Beat, Yamaha Mio J, Mio M3 125, Fino, Suzuki Nex, Address hingga Honda Vario 125 maupun Vario 150. Bahkan untuk harga pun terbilang bersahabat. Ban Ecotrax untuk skutik dijual Rp 210 ribu (depan) dan Rp 240 ribu untuk ban belakang (HET).

Ban IRC Ecotrax juga tersedia untuk motor bebek. Disediakan dalam tiga ukuran yaitu 70:90-17, 80/90-17 dan 90/90-17. Untuk harga ada sedikit perbedaan, tapi tidak signifikan. Dodi menyebut hanya sekitar Rp 5-10 ribu. Jadi secara keseluruhan, IRC Ecotrax menyediakan 6 ukuran untuk skutik dan motor bebek. Kabar gembiranya adalah konsumen sudah bisa membelinya toko-toko ban di Jakarta dan Jawa Barat. "Kalau mau lebih pasti, konsumen bisa mencarinya di jaringan toko resmi milik IRC yaitu Motoxpress," tutup Dodi. (Ano/Van)

Baca Juga: Ban Radial Baru IRC Diuji di Balap Endurance, Bagaimana Impresinya?

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store