• Wishlist

IRC RMC830 Cuma Punya Dua Ukuran, Ini Alasannya

Setelah banyak jadi perbincangan, IRC Tire akhirnya merilis harga resmi RMC830. Ban radial terbaru mereka ini sudah bisa dibeli pengguna motor sport. Harganya dipatok Rp 2.670.000 (HET). Banderol itu diklaim lebih murah dari produk kepunyaan kompetitor. Saat ini, mereka menyediakan dua ukuran saja untuk ban tersebut. Apa alasannya?


IRC RM830


Ajang balap Yamaha Endurance Festival 2019 lalu, menjadi pembuktian awal bagi produk anyarnya ini. Tak disangka, IRC RMC830 sukses unjuk gigi. Melalui pembalap Rey Ratukore dan M Faerozi sukses menjadi juara di balap ketahanan itu. Setelah itu, sontaklah ban ini diburu pelaku balap khususnya komunitas.


"Kami adalah satu-satunya tim yang menggunakan ban baru. Tapi setelah berhasil menang, banyak yang bertanya soal ban ini. Beberapa pembalap komunitas sudah pakai dan terbukti best time mereka naik (lebih cepat), sekitar 1-2 detik," kata Rey di Proving Ground GT Radial, Karawang (14/11).


IRC memasangkan ukuran 110/70-17 untuk bagian depan dan 140/70-17 di belakang. Rupanya ini pula yang menjadi pilihan terbaik untuk Yamaha R25, tunggangan duet tim Yamaha Yamalube Cargloss Racetech RRS IRC Mandiri. Meski sebenarnya, pihak IRC menyiapkan satu ukuran lagi dengan lebar 150 untuk ban belakang. Tapi performa tipe ini ternyata tak sebaik yang 140.


"Saat tes kami juga punya ukuran itu (150 belakang). Tapi, hasilnya lebih optimal untuk yang ukuran 140. Rey bisa mendapatkan top speed dan racing line juga rapih. Makanya best time-nya juga dapat. Ini masih menjadi evaluasi buat kami karena kompetitor juga bisa cepat dengan size 150," papar Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development IRC Tire.


Hal ini pula yang akhirnya menjadi patokan untuk konsumen. Makanya, untuk sekarang ban IRC RMC830 hanya menyediakan dua ukuran saja. Padahal, banyak yang berharap mereka menyediakan ukuran lebih variatif. Meski tak menutup kemungkinan, variasi ini terwujudkan.


Termasuk posibilitasnya diproduksi melalui fasilitas GT Radial. "Itu bisa saja terjadi. Apalagi kalau komponen seperti karet ada di sini. Pasti harganya lebih murah lagi. Karena sekarang ini IRC RMC830 masih diimport langsung dari Jepang. Mungkin saja 1-2 tahun lagi. Tapi kami belum bisa memastikannya," lanjut Dodi lagi.


IRC RM830


Hadirnya IRC RMC830 juga bisa jadi opsi bagi penggemar motor sport. Khususnya untuk segmen 250 cc sampai 300 cc. Bahkan, IRC berani berucap ban radial itu tak hanya untuk penggunaan lintasan balap semata. Tapi juga cukup layak untuk penggunaan harian. Meski harus menerima konsekuensi soal durabilitasnya. Mengingat ban ini menggunakan soft compound.


Tapi, rasanya pun para pemilik motor sport hal tadi bisa dikesampingkan. Toh, ban radial ini cukup punya nilai gengsi. Terlebih dengan harga yang tak mencapai 4 jutaan, seperti kompetitor. Makanya IRC juga yakin produknya ini bisa jadi pilihan buat pemilik motor-motor seperti Honda CBR250RR, Yamaha R25 atau Kawasaki Ninja 250RR. Bahkan tak hanya untuk pasar Indonesia saja. "Teknisi kami mengembangkan RMC830 untuk pasar Asia Tenggara yang penggunanya juga terus meningkat," pungkas Takenori Nakamoto, Head of Global Sales IRC Tire. (Ano/Van)


Baca Juga: Ini Ban Baru dari IRC untuk Honda Beat dan Sekelasnya

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store